Tips Umum Pelihara Anjing Dan Kucing Dirumah Yang Harus Diperhatikan


foto oleh unsplash


Bagi sebagian orang, memiliki hewan peliharaan dirumah adalah salah satu hal yang menyenangkan. Terlebih lagi bagi para pecinta hewan tentu saja hal ini bukan hanya sekedar hobi semata. Namun juga sebagai salah satu bentuk untuk menyayangi hewan dan merawatnya. Salah satu jenis hewan yang umum banyak dipelihara dirumah adalah kucing dan anjing.

Memelihara kucing dan anjing dirumah juga tentu bisa menjadi salah satu penghilang stress. Hal ini karena tingkah lucu dan menggemaskan hewan peliharaan kadang membawa suasana riang. Tidak heran jika kini kedua jenis hewan tersebut memang banyak dipelihara. Selain perawatan yang mudah, kucing dan anjing juga merupakan hewan yang bisa dijinakkan.


Berikut Ini Tips Menciptakan Suasana Rumah Yang Nyaman Untuk Pelihara Anjing dan Kucing

Jika ingin memiliki hewan peliharaan dirumah seperti anjing dan kucing tentu saja Anda harus bisa menciptakan suasana yang nyaman. Hal ini supaya hewan peliharaan tidak stress dan bisa tinggal dengan nyaman dirumah. Nah, maka dari itu perhatikan beberapa tips penting berikut ini!

1. Sediakan Pintu Kecil

Salah satu tips untuk membuat suasana rumah yang nyaman bagi hewan peliharaan tentu saja harus menyediakan pintu kecil. Pintu khusus ini bertujuan untuk memudahkan anjing atau kucing peliharaan keluar masuk. Dengan adanya pintu kecil tentu saja tidak akan merepotkan Anda.

Pintu kecil bisa Anda buat di bagian belakang rumah dengan ukuran yang sesuai dengan postur anjing atau kucing peliharaan. Akan tetapi hal ini berlaku untuk rumah yang memiliki pagar halaman sehingga anjing dan kucing tidak berkeliaran ke luar halaman rumah.

2. Buat Ruang Khusus Hewan Peliharaan

Apabila rumah Anda cukup luas maka Anda sebaiknya menyediakan ruang khusus untuk hewan tersebut. Tidak perlu terlalu luas dan terlalu besar karena yang penting nyaman untuk hewan peliharaan. Anda bisa menyediakan kardus, kain dan lainnya sehingga bisa lebih nyaman untuk hewan untuk tidur. Termasuk juga bisa menyediakan beberapa mainan khusus anjing dan kucing.

3. Pastikan Hiasan dan Pajangan Dinding Aman Dari Hewan Peliharaan

Kadang tingkah kucing ataupun anjing memang aktif. Untuk menghindari kerusakan pada perabotan atau pajangan dinding, maka pastikan meletakkanya di tempat khusus yang aman. Dengan kata lain bebas dari jangkauan hewan peliharaan tersebut.

4. Rutin Bersihkan Rumah Dengan Vakum Cleaner

Hewan seperti anjing dan kucing memang memiliki bulu yang mudah menempel di karpet, kursi atau lainnya. Nah, sebaiknya Anda rutin membersihkannya dengan menggunakan vakum cleaner. Hal ini supaya bulu-bulu hewan yang menempel di perabotan bisa dibersihkan secara tuntas. Dengan begitu maka kondisi rumah akan tetap sehat meskipun ada hewan peliharaan.

5. Batasi Dengan Pagar Khusus

Supaya hewan peliharaan tidak berlarian dan menjamah tempat tertentu maka batasi dengan pagar khusus. Misalnya bagian yang tidak boleh di jamah kucing untuk ruang tidur, dapur ataupun ruang kerja. Bahkan jika rumah Anda bertingkat sebaiknya pagari tangga dengan pagar khusus tersebut agar meminimalisir cedera pada hewan peliharaan.


foto oleh wix


Inilah Tips Memelihara Anjing dan Kucing Dirumah

Memelihara anjing dan kucing dirumah memang harus dilakukan dengan baik dan benar. Kedua jenis hewan ini memang tidak terlalu rumit untuk dipelihara. Namun tetap saja ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Simak berikut ini tips untuk memelihara anjing dan kucing dirumah!

· Sediakan Kandang Yang Nyaman

Jika anjing dan kucing masih sedikit liar maka pastinya harus ditempatkan di kandang terlebih dahulu. Namun jika memang keduanya memang spesies hewan yang jinak tentu sesekali bisa dibiarkan berkeliaran di rumah. Untuk membuat kandang yang nyaman maka perhatikan ukuran luas dan material yang digunakan.

· Perhatikan Kebutuhan Makan

Anda harus paham kebutuhan makan kucing dan anjing yang sejatinya berbeda. Selain harus membuat keduanya kenyang, tentu saja harus bisa mencukupi kebutuhan nutrisinya. Porsi dan jadwal makan juga perlu diperhatikan dengan baik. Jangan sampai tidak teratur karena biasanya jika anjing dan kucing kelaparan akan bertindak lebih beringas.

Baca juga : Tips Memilih Pakan Kucing

· Mandikan Secara Rutin

Hewan peliharaan sebaiknya dimandikan secara rutin. Hal ini supaya kesehatan dan kebersihan tubuhnya terjaga dengan baik. Terutama untuk menghindari perkembangbiakan kutu yang umum terjadi pada kucing dan anjing.

· Berikan Vaksin Khusus

Untuk menghindari masalah kesehatan dan penyakit menular dari hewan peliharaan maka berikan vaksin khusus secara rutin. Anda bisa membawanya ke dokter hewan secara berkala untuk memastikan bahwa hewan peliharaan tersebut dalam kondisi sehat.

Baca juga : Kenali Penyakit Rabies

Dalam memelihara hewan seperti Anjing dan Kucing memang membutuhkan langkah-langkah yang tepat. Jika dibiarkan begitu saja kadang hewan peliharaan lebih mudah sakit dan kurus. Pastikan memberikan yang terbaik untuk hewan peliharaan Anda dirumah.

21 views0 comments