9 Jenis Makanan Hamster Dari Bahan Alami Untuk Tumbuh Kembang Yang Lebih Optimal


foto oleh unsplash


Hamster adalah salah satu hewan bertubuh mungil yang kerap dijadikan hewan peliharaan di rumah. Hamster termasuk hewan pengerat (rodentia) yang memiliki bulu lembut. Tampilannya yang menggemaskan kian menarik perhatian seseorang untuk memeliharanya. Meskipun tergolong hewan pemakan segala (omnivora), Anda tetap harus memperhatikan jenis makanan hamster.

Makanan yang diberikan tidak boleh sembarangan. Pasalnya hewan lucu satu ini mempunyai sistem pencernaan yang tidak begitu kuat. Sehingga Anda harus lebih selektif dalam memilih makanannya. Kesalahan pemberian jenis makanan untuk hamster bisa saja berdampak negatif dan tentunya hal ini harus dihindari.


Pilih Makanan Hamster Yang Cocok Dengan Sistem Pencernaannya

Memiliki sistem pencernaan yang tidak kuat seperti hewan peliharaan lain, membuat Anda harus pintar memilih makanan hamster. Makanan yang cocok adalah jenis makanan yang mudah dicerna di dalam perut hewan mungil ini. Tidak sulit untuk mendapatkannya, karena Anda bisa memilih jenis makanan untuk hamster dari bahan alami.

Selain mudah didapatkan, pemilihan bahan alami untuk makanannya tidak akan menimbulkan efek samping yang begitu besar. Beda halnya dengan jenis makanan khusus yang sudah diolah sedemikian rupa dengan bahan tambahan lain. Makanan untuk hamster dari bahan alami jauh lebih menyehatkan. Apalagi jika Anda bisa membuatkannya langsung dari bahan-bahan alami yang sudah ada.


Rekomendasi Makanan Hamster Yang Terbuat Dari Bahan Alami

Sebagai pecinta hamster, tentunya Anda tidak mau kan hewan kesayangan ini mengalami hal-hal yang tidak diinginkan. Agar tidak salah pilih, yuk simak rekomendasi terbaik makanan hamster dari bahan alami yang menyehatkan berikut ini!

1. Beras Merah

Beras merah mengandung karbohidrat tinggi dimana zat nutrisi ini sangat bagus untuk mencukupi kebutuhan energi hamster. Kandungan nutrisi lain dalam beras merah yang tidak kalah penting untuk membantu tumbuh kembang hamster diantaranya vitamin E, magnesium, zat besi dan vitamin B.

2. Jagung

Jagung merupakan jenis makanan untuk hamster yang tinggi akan kandungan karbohidrat. Jagung sangat baik jika diberikan untuk hamster yang tengah hamil karena mampu mencukupi kebutuhan energi dan nutrisi induk dan anaknya.

3. Kacang Kedelai

Kacang kedelai bisa diberikan langsung tanpa harus diolah terlebih dahulu. Kandungan proteinnya yang tinggi sangat efektif untuk membantu pertumbuhan hamster. Pastikan Anda tidak memberikannya dalam jumlah banyak. Cukup berikan beberapa butir kacang kedelai saja untuk hewan ini.

4. Gabah

Gabah dipercaya bisa membantu pertumbuhan hamster dengan baik. Gabah kaya akan karbohidrat yang bermanfaat untuk menambah energi. Selain itu, kandungan vitamin D dalam gabah bisa memberikan nutrisi yang baik untuk tumbuh kembang hamster.

5. Kacang Hijau

Kacang hijau cocok dijadikan makanan hamster di pagi hari. Bijinya yang kecil akan lebih mudah dicerna dan membantu kesehatan giginya. Tanpa harus melewati proses pengolahan lebih dulu, Anda bisa memberikan langsung biji kacang hijau yang utuh.

6. Kacang Tanah

Kacang tanah berfungsi sebagai sumber energi yang baik untuk hamster. Rasanya yang gurih sangat disukai oleh hewan pengerat satu ini. Tapi pastikan Anda tidak terlalu sering memberikannya. Karena kandungan lemaknya yang cukup tinggi bisa berakibat kurang baik pada kesehatan hamster.

7. Wortel

Wortel bisa dijadikan makanan untuk hamster sekaligus alternatif minumannya. Cara pemberiannya, Anda hanya perlu memotong wortel kecil-kecil dan memanjang kemudian langsung diberikan pada hamster.

8. Biji Bunga Matahari

Biji bunga matahari termasuk makanan kesukaan hamster dan yang paling populer. Di dalamnya banyak terkandung nutrisi baik untuk membantu tumbuh kembangnya. Meskipun begitu, pastikan Anda tidak memberikannya terlalu sering. Karena kandungan lemak tinggi dalam biji bunga matahari ini bisa membuat hamster mengalami obesitas.

9. Biji Kenari

Makanan hamster yang bisa Anda dapatkan dengan mudah yang terakhir yaitu biji kenari. Pastikan biji kenari yang diberikan ini sudah bersih, kering dan tidak berwarna kuning. Sehingga manfaat di dalamnya tetap terjaga untuk membantu tumbuh kembang hamster.


Nah, itulah beberapa jenis makanan hamster yang disarankan. Bagi Anda pecinta hewan mungil ini tentu saja harus paham mengenai pemberian jenis makanan yang tepat. Share artikel ini agar lebih banyak yang tahu tentang makanan hamster ya!


Baca juga : Jenis-jenis Hamster yang Mudah Ditemui di Indonesia
19 views0 comments