Makanan yang Bagus untuk diberikan pada Kucing usia 1 Bulan


foto oleh unsplash


Makanan kucing 1 bulan tidak boleh diberikan sembarangan. Hal ini disebabkan karena kucing usia 1 bulan belum mempunyai sistem pencernaan yang bagus seperti pada kucing dewasa. Maka, diperlukan pengetahuan tentang jenis makanan apa yang sebaiknya diberikan kepada kucing usia 1 bulan.


Mengapa Tidak Boleh Sembarangan Memberikan Makanan Pada Kucing 1 Bulan?

Kucing merupakan salah satu jenis hewan yang banyak dipelihara oleh orang-orang. Hewan menggemaskan ini biasanya dipelihara dari mulai usianya masih kecil hingga dewasa. Jika Anda menyukai anak kucing, maka tidak ada salahnya untuk mencoba memelihara anak kucing.

Dalam perawatannya, anak kucing tentunya berbeda dengan kucing dewasa. Terutama pada hal pemberian makan untuk anak kucing. Anak kucing belum mempunyai sistem pencernaan yang sempurna seperti pada halnya di kucing dewasa.

Oleh sebab itu, dalam memberikan makanan kucing 1 bulan tidak boleh sembarangan. Ada berbagai hal yang perlu diperhatikan seperti misalnya faktor nutrisi, tekstur, banyaknya makanan yang diberikan dan lain sebagainya. Tujuannya adalah pemberian makan menjadi tepat dan anak kucing bisa tumbuh dengan sempurna.


Makanan Kucing 1 Bulan yang Tepat dan Bagus Untuk Diberikan

Ada berbagai jenis makanan kucing yang bisa untuk Anda berikan pada kucing usia 1 bulan. Biasanya, makanannya belum terlalu bervariasi dan masih harus diperhatikan pemberiannya. Kucing usia 1 bulan belum mempunyai sistem pencernaan yang bagus sehingga harus diperhatikan pemberian makanannya.

Berikut ini adalah makanan kucing 1 bulan yang bagus untuk diberikan :

1. ASI

Makanan kucing yang bagus pertama adalah ASI atau Air Susu Ibu. Di dalam ASI terkandung banyak sekali zat gizi yang dibutuhkan oleh kucing 1 bulan untuk bisa tumbuh. Tak heran jika selama kucing masih bayi akan terus menginginkan dekat dengan induknya. Jika induk kucing tidak bisa memproduksi ASI maka bisa mencari induk pengganti agar kebutuhan ASI anak kucing tercukupi.

2. Kitten Milk Replacer

Jika tidak bisa mendapatkan ASI baik itu dari induk kucing maupun dari induk pengganti maka bisa menggunakan opsi untuk memberikan Kitten Milk Replacer. Kitten Milk Replacer merupakan susu formula yang sudah dirancang sedemikian rupa agar mempunyai nutrisi yang hampir mirip seperti ASI.

Biasanya, Kitten Milk Replacer dikonsumsi oleh anak kucing yang tidak bisa mendapatkan ASI. Selain itu, cocok juga untuk anak kucing yang mengalami alergi pada ASI. Ada berbagai jenis Kitten Milk Replacer yang bisa Anda temukan di pasaran.

3. Makanan Basah atau Wet Food

Selain ASI dan Kitten Milk Replacer, kucing 1 bulan juga sudah diperbolehkan untuk konsumsi makanan. Salah satu jenis makanan yang diperbolehkan adalah makanan basah atau wet food. Makanan kucing 1 bulan ini biasanya diproduksi dari ikan yang dihaluskan dan ditambahkan zat-zat gizi lainnya agar kucing bisa mendapatkan zat gizi optimal.


Nah itulah beberapa jenis makanan kucing yang dapat diberikan pada anak kucing usia 1 bulan. Perlu diketahui, pada fase ini kucing sangat rentan terhadap penyakit sehingga perlu perhatian lebih dari Anda. Semoga bermanfaat.