Makanan Untuk Kucing Kecil yang Tepat Untuk Diberikan dan Cara Merawatnya


foto oleh unsplash


Makanan untuk kucing kecil sangat penting untuk diberikan yang sesuai. Kucing kecil masih belum bisa makan semua jenis makanan sehingga memerlukan makanan yang khusus. Ada berbagai jenis makanan khusus yang bisa diberikan kepada kucing kecil. Selain itu, perawatan kucing kecil juga sangat penting untuk dilakukan.


Makanan Untuk Kucing Kecil yang Tepat

Dalam memberikan makanan untuk kucing kecil tidak boleh sembarangan. Pasalnya, kucing kecil belum mempunyai sistem pencernaan yang sempurna seperti pada kucing dewasa. Oleh sebab itu, sangat penting sekali mengetahui jenis makanan apa yang sebaiknya diberikan pada kucing kecil.

Berikut ini adalah jenis makanan yang tepat untuk kucing kecil :

1. Air Susu Ibu

Sama seperti halnya manusia, kucing kecil juga masih membutuhkan ASI kucing atau Air Susu Ibu. Di dalam Air Susu Ibu terkandung banyak sekali kandungan zat gizi yang bermanfaat untuk pertumbuhan kucing kecil. Jika kucing kecil tidak bisa mendapatkan Air Susu Ibu dari induknya maka Anda bisa mempertimbangkan untuk mencari induk pengganti.

Tidak perlu khawatir karena umumnya kucing betina mempunyai naluri keibuan. Kucing betina bisa dijadikan sebagai induk pengganti dengan syarat masih bisa mengeluarkan ASI. Kebutuhan nutrisi kucing kecil akan terpenuhi dengan konsumsi makanan untuk kucing kecil berupa Air Susu Ibu atau ASI.

2. Kitten Milk Replacer

Jika tidak bisa mendapatkan Air Susu Ibu dari induk kucing, maka bisa memberikan Kitten Milk Replacer atau KMR. Kitten Milk Replacer ini seperti susu formula yang diperuntukkan untuk kucing kecil yang tidak bisa mendapatkan ASI dari induknya.

Di dalam Kitten Milk Replacer sudah diatur sedemikian rupa nutrisinya agar bisa sesuai dengan kebutuhan kucing kecil. Nutrisi yang ada di dalamnya sudah diformulasikan untuk mirip dengan ASI yang didapatkan dari induk kucing. Anda bisa mendapatkan Kitten Milk Replacer dengan mudah kini di pasaran. Harganya pun ada yang tidak terlalu mahal.

Baca juga : Penyebab Induk Kucing Tidak Mau Menyusui dan Cara Mengatasinya

3. Air Tajin

Ternyata air tajin juga bisa bermanfaat untuk kucing kecil. Untuk kucing kecil, air tajin bisa dijadikan sebagai sumber makanan. Cara membuatnya pun mudah, Anda hanya perlu merebus beras dengan sejumlah air. Jika sudah mendapatkan air yang berwarna putih kemudian disaring.

Di dalam air tajin terkandung karbohidrat yang bisa menjadi sumber nutrisi untuk energi kucing kecil. Selain itu, air tajin juga aman dikonsumsi karena tidak mengganggu sistem pencernaan kucing kecil.

4. Teh Glukosa Bubuk

Teh glukosa bubuk juga menjadi salah satu makanan kucing yang bagus. Namun, teh glukosa bubuk tidak bisa diberikan terlalu sering pada kucing kecil dan biasanya hanya sekali saja. Cara membuatnya pun mudah. Anda hanya perlu mencampurkan teh glukosa bubuk dengan air hangat.


Cara Merawat Kucing Kecil

Dalam merawat kucing kecil harus memperhatikan pemberian makanan yang sesuai. Selain itu, sebaiknya kucing dijaga agar tetap hangat seperti sedang berada pada dekapan sang induk. Makanan untuk kucing kecil harus diberikan yang tepat agar kucing kecil tidak diare. Semoga bermanfaat.