Wajib Dihindari: Ragam Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Hamster


foto oleh unsplash


Hamster merupakan salah satu hewan peliharaan yang menjadi favorit masyarakat. Hamster saat ini mudah untuk didapat dan segala kebutuhannya (pakan, aksesoris dan lain-lain) juga mudah diperoleh baik di petshop terdekat maupun secara online. Meskipun begitu pemilik hamster tetap harus memperhatikan tentang makanan apa saja yang dikonsumsi hewan imut berbulu ini.

Makanan yang tidak boleh dimakan hamster ada banyak. Itulah kenapa, seorang pemilik harus mengetahui dengan jelas agar kesehatan dari hamster tidak mengalami penurunan. Apalagi sampai mengalami mencret dan akhirnya mati mendadak.


Makanan yang wajib diwaspadai

Untuk mencegah hal yang seperti itu terjadi, Pawrent perlu memperhatikan beberapa hal di bawah ini. Hindari makanan berikut dan hanya berikan makanan yang sesuai dengan standar atau anjuran dari dokter.


Biji apel

Apel memang bisa diberikan pada hamster. Sayangnya, saat memberikan apel Anda disarankan untuk membuang seluruh bijinya. Jika sampai termakan bisa berbahaya.

Biji pada apel mengandung senyawa berbahaya. Apabila ikut terbawa bersama makanan ke dalam perut, bisa menyebabkan hamster mengalami keracunan.


Kacang almond mentah

Pemberian kacang almond sebenarnya bisa dilakukan asal kacang tersebut sudah diolah dahulu seperti dipanggang. Apabila sudah dipanggang masih bisa ditoleransi dan diberikan dengan jumlah sedikit.

Sebaliknya jika kacang almond tersebut belum diolah sama sekali atau masih mentah kemungkinan besar akan menimbulkan rasa pahit. Rasa pahit tersebut berasal dari asam sianida yang bisa menjadi racun jika konsentrasinya tinggi dalam tubuh hamster.


Kacang tanah

Kacang jenis ini dilarang untuk diberikan. Meski beberapa orang menganggapnya sebagai makanan hamster agar cepat besar. Kandungan lemak dan garam yang tinggi pada kacang justru berbahaya.

Hamster bisa mengalami gangguan pencernaan hingga kegemukan. Kondisi ini bisa semakin parah dan memicu terjadinya kematian.


Aneka jenis bawang

Jadwal makan hamster cukup padat. Itulah kenapa beberapa orang sering sekali memberikan makanan secara sembarangan bahkan ada yang memberikan beberapa jenis bawang. Apa yang dilakukan ini sangat salah.

Daun bawang ataupun bawang merah atau bawang putih bisa sangat berbahaya pada hamster. Apabila hal ini dibiarkan, kemungkinan besar bisa memicu masalah pada pencernaan dan juga gangguan pada darah.


Aneka buah jeruk

Berbagai jenis buah jeruk yang memiliki rasa asam ataupun ada rasa manisnya tidak bisa dikonsumsi oleh hamster. Meski hanya sedikit sekali pun harus dihindari karena bisa memicu terjadinya masalah pencernaan ringan hingga parah.

Inilah makanan yang tidak boleh dimakan oleh hamster. Dengan mengamati dan mengetahui apa saja yang tidak boleh diberikan, Anda bisa dengan mudah mencegah adanya penyakit atau gangguan pencernaan pada hewan mungil yang rawan mati ini.


Jika anda merasa bingung jenis makanan apa yang bisa diberikan dan makanan yang tidak boleh dimakan oleh hamster, bisa datang ke Kawan Hewan yang ada di kawasan Gresik. Di sana tersedia dokter hewan dan juga petshop yang lengkap yang siap memenuhi berbagai kebutuhan hamster Pawrent sekalian. Semoga bermanfaat.


Baca juga: Jenis-Jenis Hamster yang Mudah Ditemui di Indonesia
17 views0 comments