Inilah Manfaat Dan Bahaya Lidah Buaya Buat Kucing Yang Wajib Cat Lovers Tahu!


foto oleh unsplash


Seperti yang kita ketahui bahwa setiap tanaman hias memiliki bentuk serta warna yang indah. Selain bisa membantu membersihkan udara, tanaman hias memang telah terbukti membantu mengurangi kecemasan serta depresi.

Karena hal tersebut, belakangan ini tentu kita tahu trend menanam tanaman hias banyak sekali dipilih oleh berbagai kalangan. Ada banyak sekali jenis tanaman hias yang bisa anda pilih, salah satunya adalah lidah buaya.

Lidah buaya merupakan salah satu tanaman hias yang memiliki banyak sekali manfaat. Umumnya bagian tanaman lidah buaya yang dimanfaatkan yaitu pada bagian daun, getah daun serta gel-nya. Gel lidah buaya mengandung karbohidrat sehingga bisa dimanfaatkan sebagai minuman diet oleh manusia.

Pemanfaatan lidah buaya juga dari waktu ke waktu semakin berkembang. Awal mulanya tanaman ini hanya digunakan untuk obat luar saja dan kecantikan. Namun kini banyak yang menjadikan tanaman ini sebagai makanan dan minuman yang diolah terlebih dahulu.

Namun walaupun bermanfaat untuk manusia, tanaman ini ternyata berbahaya untuk kucing. Banyak sekali situs yang mengklaim bahwa lidah buaya berbahaya dan bisa mengancam kesehatan kucing. Lalu, Apa benar bahaya lidah buaya buat kucing? Simak ulasannya berikut ini!


Bahaya Lidah Buaya Buat Kucing

Tanaman lidah buaya memang bisa menjadi tanaman penghias didalam rumah. Namun sayang, tanaman ini berbahaya untuk kucing apalagi jika sampai kucing anda mengigit bagian batangnya dan memakan gelnya.

Bagian dari lidah buaya yang berbahaya bagi kucing adalah lateks. Lateks ini merupakan getah yang ada diantara kulit lidah buaya dan gel-nya yang berwarna bening.

Jika kucing anda tidak sengaja memakan lidah buaya dan menunjukkan gejala keracunan maka sangat disarankan agar anda langsung membawanya ke dokter hewan terdekat. Dokter akan langsung melihat berapa banyak lidah buaya yang dimakan dan segara dilakukan penanganan.



foto oleh bacaterus.com


Manfaat Lidah Buaya Buat Kucing

Walaupun sebenarnya lidah buaya berbahaya untuk kucing, namun ternyata dibalik hal tersebut lidah buaya juga memiliki manfaat untuk kucing terutama untuk perawatan bulunya. Kandungan yang terdapat dalam lidah buaya memiliki beberapa manfaat untuk perawatan bulu kucing. Namun dengan catatan lidah buaya tersebut harus melalui proses pengolahan terlebih dahulu.

Lidah buaya bisa dimanfaatkan sebagai shampo kucing yang memang sudah diolah dengan bahan lain seperti vitamin, asam salisilat, gliserin dan belerang. Manfaat-manfaat yang akan didapat mulai dari mengurangi gatal, melembutkan bulu, mencegah kebotakan, mengatas iritasi dan mengurangi bulu rontok. Ada juga fungsi lain dari gel lidah buaya yaitu untuk mengatasi masalah perncernaan, namun perlu diolah dengan baik dan dipastikan tidak mengandung senyawa yang berbahaya ya!

Dengan kata lain walaupun berbahaya jika dimakan secara tak sengaja, namun lidah buaya juga memiliki manfaat namun dengan catatan telah melalui proses pengolahan menjadi shampo. Namun untuk kebaikan hewan kesayangan anda, sebaiknya hindarkan lidah buaya dari jangkauan si mpus. Karena kadang kucing penasaran dengan tanaman hias satu ini dan bisa saja memakannya.

Nah itulah sekilas ulasan tentang manfaat dan bahaya lidah buaya buat kucing yang sebaiknya anda ketahui. Dari ulasan diatas, sedikit banyaknya tentu anda sudah tahu bahwa yang baik untuk manusia belum tentu baik untuk kucing. Misalnya seperti lidah buaya yang kita tahu memiliki segudang manfaat untuk manusia namun ternyata cukup berbahaya untuk kucing walaupun ada sedikit manfaatnya.

Semoga bermanfaat!

11 views0 comments