4 Cara Membuat Kucing Jantan Birahi agar Cepat Kawin


foto oleh unsplash


Jika anda ingin kucing jantan tidak birahi, prosesnya sangat mudah, tinggal di kastrasi saja. Namun proses sebaliknya tidak semudah itu. Terlebih bagi yang ingin memiliki kitten. Sebelum kawin, kucing harus bisa birahi terlebih dahulu. Nah, bagaimana cara membuat kucing jantan birahi? Beberapa cara berikut ini bisa Anda ikuti.


Kapan kah kucing jantan bisa birahi?

Pawrent pastinya sangat menanti momen kucing kesayangan melahirkan anak kucing yang lucu-lucu. Sebelum kawin dengan pasangannya, kucing tentu harus bisa birahi. Namun, kucing memiliki siklus sendiri untuk birahi. Karena mengawinkan kucing ternyata tidak semudah itu, terutama kucing jantan.

Kucing betina biasanya birahi sekitar 5-7 minggu sekali. Kucing jantan lebih sering untuk birahi daripada kucing betina. Periode birahi kucing akan terjadi selama dua minggu yang terbagi menjadi beberapa fase.

Fase pertama yakni fase proestrus, kucing dalam keadaan belum siap untuk kawin dan umumnya terjadi selama dua hari. Sedangkan fase kedua yakni estrus (hari ketujuh), kucing sudah siap untuk dikawinkan.

Namun, terkadang Pawrent tak sabar ingin segera mempunyai anak-anak kucing yang menggemaskan. Sehingga ingin membuat si kucing jantan birahi untuk bisa cepat dikawinkan. Berbagai cara bisa Pawrent lakukan agar kucing jantan cepat untuk birahi.


Cara Membuat Kucing Jantan Birahi


1. Memberikan Asupan Vitamin E

Pemberian vitamin E pada kucing jantan dapat membuat staminanya bertambah. Tubuh kucing menjadi lebih kuat dan kekar. Hal ini akan mempengaruhi birahi pada kucing. Semakin tubuh kucing sehat, maka akan mudah birahi.

Saat ini sudah banyak obat birahi kucing jantan yang dijual di pasaran. Suplemen ini dapat meningkatkan stamina kucing jantan. Biasanya obat ini diteteskan pada pakan kucing.


2. Mencermati Nutrisi Makanan

Nutrisi pada makanan kucing penting untuk diperhatikan. Makanan kucing harus mengandung protein tinggi, rendah lemak, dan rendah magnesium. Nutrisi terpenting untuk kucing adalah taurin. Taurin ini jika tidak dikonsumsi oleh kucing dapat menyebabkan kerusakan pada retina, kebutaan, hingga jantung.


3. Mengajak kucing jantan keluar untuk bertemu kucing betina

Hal ini akan membantu kucing jantan birahi. Anda juga bisa membiarkan kucing jantan anda keluar rumah dan mencari pasangannya sendiri. Tidak perlu khawatir apabila si jantan kembali pulang dengan luka bekas perkelahian. Karena biasanya kucing jantan akan berkelahi dengan kucing lain untuk memperebutkan betina.


4. Menempatkan kucing jantan dan betina berdampingan

Menempatkan kucing jantan dan betina secara berdampingan akan sangat membantu mempercepat birahinya, terutama jika satu kandang. Hal ini juga salah satu cara membuat kucing jantan dan betina akur.

Jika anda menempatkan kucing jantan satu kandang dengan kucing betina yang sedang dalam masa birahinya, maka si jantan tidak akan menunggu terlalu lama untuk mengawini si betina.


Ciri-ciri Kucing Jantan Birahi

Keinginan anda untuk memiliki anak kucing lucu dapat terwujud dengan cara mengkawinkan kucing yang belum pernah kawin. Namun, sebelum itu Anda harus mengenali ciri-ciri kucing jantan birahi terlebih dahulu, antara lain:

  • Mengeluarkan suara berbeda seperti mengeong dengan keras.

  • Sering keluyuran keluar rumah.

  • Kencing di sembarang tempat. (spraying)

  • Lebih agresif daripada biasanya.

Itulah beberapa cara membuat kucing jantan birahi. Kucing merupakan hewan yang memiliki banyak peminat. Tak heran bila para pecinta kucing ingin mempunyai banyak anak kucing. Tenang saja, Pawrent tidak akan kesulitan karena kucing termasuk hewan yang mudah diatur dan dirawat.

Jika ingin mengetahui info-info seputar kucing atau membeli keperluan kucing, Anda dapat mengikuti akun instagram Kawan Hewan (@kawan.hewan). Anda yang berada di Gresik juga bisa langsung mengunjungi petshop Kawan Hewan untuk berkonsultasi dengan dokter hewan terpercaya.

Selamat mencoba, Pawrent!


Baca juga : Penyebab dan Cara Mencegah Kucing Spraying pada Usia Kawin
21 views0 comments