Diklaim Bisa Menyembuhkan Pasien COVID-19, Inilah Manfaat Ikan Gabus Yang Tidak Banyak Orang tahu!

Updated: Jan 26


foto oleh tribunnews


Di Indonesia kaya akan berbagai macam jenis satwa. Diantaranya adalah ikan. Terdapat ribuan jenis ikan yang bisa kita temukan baik di laut maupun di air tawar. Berbicara tentang ikan, hewan satu ini memang kaya akan manfaat. Salah satu ikan yang memiliki segudang manfaat adalah ikan gabus.

Ya, ikan gabus merupakan jenis ikan air tawar yang bisa anda temukan diperairan Indonesia. Ikan dengan nama latin Channa striata tersebut dikenal sebagai salah satu ikan yang kaya akan khasiat terutama bagi kesehatan tubuh. Lalu, apa sebenarnya manfaat ikan gabus? Berikut ulasannya!


Inilah Segudang Manfaat Ikan Gabus Yang Tidak Banyak Diketahui!

Ikan gabus merupakan sumber protein serta vitamin A yang baik untuk kesehatan. Selain itu, ikan jenis ini juga mengandung asam amino yang bermanfaat bagi tubuh dalam kadar yang cukup tinggi. Tentu kandungan nutrisi yang terdapat pada ikan gabus tidak hanya itu saja, terdapat beberapa kandungan lainnya seperti fosfolipid, trigliserida, ester kolesterol serta masih banyak lagi.

Sebelum adanya berita mengenai ikan gabus diklaim bisa menyembuhkan pasien COVID-19, ternyata perlu anda tahu bahwa lebih jauh dari itu, ikan gabus memang memiliki segudang khasiat lain juga. Berikut beberapa diantaranya:


1. Mengatasi Penyakit Kulit

Ikan gabus memang telah terbukti secara ilmiah bisa mengatasi berbagai penyakit kulit seperti halnya jerawat, sklerosis, alergi hinga infeksi. Kandungan DHA yang terdapat dalam ikan gabus mampu menutrisi kulit serta dapat mengurangi berbagai gejala penyakit kulit.


2. Mempercepat Penyembuhan Luka

Ikan gabus mengandung asam amino serta asam lemak yang membantu dalam memulihkan penyembuhan luka. Sehingga itulah sebabnya mengapa ekstrak ikan gabus seringkali diberikan untuk pasien yang telah melakukan operasi atau pada wanita yang baru melahirkan.


3. Membantu Mengatasi Radang Sendi

Manfaat ikan gabus berikutnya yaitu membantu dalam mengatasi radang sendi. Hal ini tentu saja dikarenakan ikan gabus mengandung antiinflamasi yang bisa membantu dalam mengatasi penyakit radang sendi atau yang kita kenal dengan osteoarthritis.


4. Membantu Mengurangi Resiko Penyakit Kanker

Hasil penelitian mengungkapkan bahwa ikan gabus mengandung zat Allisin, furostanol glicosida serta allil sulfida yang membantu mengurangi resiko penyakit kanker. Kandungan allil sulfida yang ada pada ikan gabus berperan sebagai penghambat hormon-hormon yang memicu tumbuhnya sel kanker dalam tubuh.


5. Membantu Mengobati Penyakit Stroke Dan Jantung

Selanjutnya, manfaat ikan gabus yaitu membantu mengobati penyakit stroke serta jantung. Kandungan albumin pada ikan gabus mengandung asam amin lysin serta prolin yang sangat berguna untuk jantung. Dengan mengokonsumsi secara rutin albumin yang mengandung prolin serta lysin pastinya bisa membantu melindungi tubuh dari penyakit jantung. Selain itu, kandungan albumin pada ikan gabus juga mampu menurunkan kadar lemak dalam darah sehingga bisa mengurangi resiko stroke.


6. Membantu Meningkatkan Kecerdasan Anak

Manfaat ikan gabus berikutnya yaitu membantu meningkatkan kecerdasan pada anak. Hal ini tentu saja dikarenakan ikan gabus mengandung albumin yang membantu meningkatkan pertumbuhan otak. Selain itu, kandungan albumin yang terdapat dalam ikan gabus juga membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak sehingga pastinya sangat pas dikonsumsi di masa pandemi sekarang ini.


Nah itulah beberapa manfaat ikan gabus untuk kesehatan yang tak banyak orang tahu. Di samping adanya klaim bahwa ikan gabus bisa menyembuhkan pasien COVID-19, lebih jauh dari itu ikan gabus memang telah diyakini memiliki banyak sekali manfaat khususnya untuk kesehatan tubuh.

6 views0 comments