Inilah Manfaat Memelihara Kucing Yang Tidak Disadari Banyak Orang


foto oleh unsplash


Memelihara hewan saat ini memang bukanlah hal yang asing untuk dilakukan. Ya, banyak sekali orang yang kini memutuskan untuk memelihara hewan peliharaan sebagai teman di rumah. Saat ini terdapat berbagai jenis hewan peliharaan yang bisa diperoleh dengan mudah.

Diantara banyaknya hewan yang kini dipelihara, kucing memang selalu menjadi urutan pertama. Ya, banyak yang menyukai hewan bulu ini karena selain menggemaskan, kucing juga menjadi salah satu hewan yang mudah akrab dengan manusia.

Namun terlepas dari banyaknya orang yang menyukainya, ternyata tidak sedikit yang tidak ingin dekat dengan hewan satu ini. Hal ini karena banyaknya yang percaya jika bulu kucing berbahaya ketika terhisap. Hanya saja, belum ada penelitian lebih lanjut tentang hal ini. Selain itu juga ternyata banyak sekali manfaat memelihara kucing terutama untuk kesehatan mental. Apa saja itu?


Berikut Ini Manfaat Memelihara Kucing Yang Tidak Disadari Banyak Orang

Kucing merupakan hewan mamalia yang umumnya hidup berdampingan dengan manusia. Konon kabarnya dahulu kucing mengalami domestifikasi saat manusia membutuhkanya untuk menjaga hasil panen. Hal ini ditemui diperadaban mesir kuno dimana kucing menjadi hewan yang sakral saat itu. Dimasa sekarang pun hewan ini banyak dipelihara. Dan berikut ini beberapa manfaat memelihara kucing yang tidak disadari banyak orang:


1. Membantu Melepaskan Oksitosin Dalam Tubuh

Meluangkan waktu bersama dengan kucing kesayangan anda setelah lelah bekerja memang menjadi solusi paling tepat. Melihat tingkah menggemaskannya, tentu saja ini bisa membuat anda bahagia. Namun tahukah anda? Tanpa disadari ternyata ketika hal tersebut terjadi, otak anda akan melepaskan hormon oksitosin.

Nah hormon ini sendiri dipercaya bisa menciptakan rasa tenang dan rileks. Jadi, dipastikan memelihara hewan menggemaskan ini membantu anda untuk menstabilkan kondisi kesehatan mental. Jadi, anda tidak akan mudah stress dan gelisah. Luar biasa bukan?


2. Mengatasi Kesepian

Tak hanya bisa meredakan stress saja, manfaat memelihara kucing selanjutnya yaitu mengatasi rasa kesepian. Kesepian memang menjadi hal umum yang bisa dirasakan oleh semua manusia. Namun rasa kesepian ini tentu tidak boleh dibiarkan karena bisa mengganggu kesehatan mental anda.

Untuk mengatasi rasa kesepian ini, anda bisa memelihara hewan peliharaan seperti kucing. Kucing merupakan salah satu hewan yang sangat aktif dan lincah. Tingkah inilah yang bisa membuat anda merasa terhibur dan mengatasi rasa kesepian yang kerap dirasakan. Berbagai penelitian juga telah membuktikan bahwa kucing dipilih untuk mendampingi manusia dan mengatasi rasa kesepian. Hal ini makin meningkat di era pandemic COVID-19.


3. Meredakan Rasa Gelisah

Memelihara kucing juga tentu saja bisa meredakan rasa gelisah. Ternyata suara dengkuran (purring) dari kucing bisa memberikan efek positif yaitu membuat anda lebih rileks. Ketika sudah rileks, maka otomatis rasa gelisah akan mereda sedikit demi sedikit terlebih lagi jika anda melihat tingkahnya yang sangat menggemaskan. Perlu dicatat, kucing melakukan purring hanya pada manusia yang dipercayainya!

Memelihara kucing memang memiliki banyak sekali manfaat terutama untuk kesehatan mental anda. Selain itu, memelihara kucing juga bisa dikatakan cukup mudah terlebih lagi kini ada banyak sekali petshop yang menyediakan berbagai kebutuhan untuk hewan. Nah, bagi anda yang tinggal di Kota Gresik tentu bisa langsung mengunjungi Kawan Hewan Petshop untuk membeli segala keperluan kucing kesayangan anda.


Itulah sekilas tentang berbagai manfaat memelihara kucing yang sebaiknya diketahui. Kucing menjadi salah satu hewan peliharaan yang ideal untuk semua kalangan baik perempuan maupun laki-laki. Jadi, berapa kucing yang sudah anda pelihara sampai saat ini? Tentu berapapun kucing yang anda miliki saat ini, jangan lupa untuk selalu merawatnya dengan baik agar mereka tetap sehat agar terus menemani anda dikala sedih ataupun senang. Semoga bermanfaat!


Baca juga : Sejarah Kucing Menjadi Hewan Peliharaan Sudah Dimulai dari Zaman Mesir Kuno
10 views0 comments