Inilah Cara Merawat Kucing Yang Lebih Ramah Lingkungan “Zero Waste”


foto oleh unsplash


Kucing menjadi salah satu hewan peliharaan yang sangat menggemaskan, lucu dan pastinya banyak tingkah. Tingkahnya yang unik ini tentu saja menjadi salah satu alasan mengapa banyak orang yang menjadikan kucing sebagai hewan peliharaan. Namun tahukah Anda? Ternyata hewan peliharaan termasuk kucing, dapat menjadi salah satu sumber masalah sampah di rumah, baik dari makanannya ataupun kotorannya.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk meminimalisir jumlah sampah yang dihasilkan dari memelihara hewan peliharaan yaitu dengan menerapkan gaya hidup zero waste. Hal ini merupakan salah satu cara merawat kucing yang lebih ramah lingkungan. Konsep ini tentu memberikan banyak manfaat dimana salah satunya yaitu bisa membuat kucing lebih sehat serta bisa meminimalisir biaya pengeluaran untuk memenuhi kebutuhan kucing. Tujuan dari metode ini juga menjaga lingkungan agar lebih terawat dan berkelanjutan.


Lalu, Bagaimana Cara Merawat Kucing Yang Lebih Ramah Lingkungan?

Untuk menerapkan konsep zero waste atau merawat kucing lebih ramah lingkungan memang terbilang gampang-gampang susah. Ada beberapa hal penting yang sebaiknya menjadi perhatian semua pemilik terutama dalam pemilihan makanan, pemanfaatan bahan yang tersedia dan lainnya. Nah, berikut ini cara merawat kucing yang lebih ramah lingkungan:


1. Belilah Makanan Kucing Yang Menggunakan Kemasan Ramah Lingkungan

Perlu Anda ketahui jika makanan kucing menjadi salah satu sumber sampah cukup banyak terutama dari kemasannya. Nah, untuk menghindari sampah dari bekas makanan kucing ini, maka Anda perlu meminimalisir pembelian makanan kucing kemasan.

Belilah makanan kucing yang menggunakan kemasan lebih ramah lingkungan yang tidak dikemas menggunakan kemasan plastik. Tak hanya memperhatikan kemasan saja, pastikan juga anda memilih produk makanan yang mengandung bahan alami sesuai dengan kebutuhan. Biasanya produk tersebut akan anda dapatkan di toko makanan kucing yang sudah menerapkan konsep zero waste atau Anda juga dapat membeli makanan kucing secara curah.


2. Manfaatkan Limbah Sisa Makanan

Limbah sisa makanan juga ternyata bisa menjadi salah satu sumber makanan untuk kucing kesayangan anda. Limbah sisa makanan ini bisa seperti daging ayam, ikan ataupun sisa daging. Sisa makanan ini bisa dengan mudah didapatkan tanpa kemasan plastik, tanpa biaya serta bisa mengurangi sampah di rumah anda. Namun pastikan pilihlah sisa makanan yang memang layak saja jangan yang sudah kotor ataupun busuk. Pastikan kucing tidak terkena tulang/duri dan berilah mereka makanan yang matang.


3. Mengajarkan Kucing Pee Dan Poop Di Toilet

Kotoran kucing memang menjadi salah satu permasalahan cukup besar ketika memelihara hewan bulu ini. Karena tidak ingin ribet, banyak diantaranya yang memutuskan untuk membeli kotak pasir khusus untuk pee ataupun poop kucing. Namun untuk membeli kotak pasir beserta dengan pasirnya tentu perlu mengeluarkan biaya dan akan menghasilkan sampah dari kotoran dan pasir.

Nah, agar lebih hemat biaya dan pastinya ramah lingkungan, tak ada salahnya jika Anda mengajarkan kucing Anda untuk pee serta poop di kloset. Sejauh ini, cara tersebut bisa menjadi solusi paling efektif untuk menghindari sampah pasir kucing.

Walaupun tidak mudah dan butuh waktu serta kesabaran, namun tidak sedikit kucing yang mengerti serta terbiasa untuk melakukan pee ataupun poop di toilet. Berikut cara untuk mengajarkan kucing pee dan poop di toilet:

  • Saat pertama kali kucing datang ke rumah, perhatikanlah dimana kucing tersebut buang air kecil pertama kali, setelah itu lap bekas air kencingnya dan simpan lap di kamar mandi dekat dengan kloset.

  • Jika anda melihat kucing mau buang air kecil, maka segeralah bawa kucing ke kamar mandi agar dia semakin terbiasa.

  • Lakukan dua hal diatas secara rutin, latih sampai kucing kesayangan anda terbiasa dengan sendirinya dan pergi ke toilet setiap kali akan pee atau poop.


4. Pemilihan Pasir Kucing yang ramah lingkungan

Cat litter merupakan salah satu kebutuhan dasar kucing (jika Anda tidak dapat melakukan yang no. 3). Untuk mengurangi sampah yang dapat mencemari lingkungan, Anda dapat menggunakan pasir zeolite yang dapat dicuci ulang sebagai cat litter. Alternatif lainnya adalah menggunakan cat litter yang berasal dari bahan organic jadi ketika dibuang ke lingkungan, tidak mencemari lingkungan. Saat ini pasir jenis ini yang terbuat dari tofu atau wood pallet sudah mudah ditemukan di petshop terdekat.


5. Buat Mainan Kucing Sendiri

Kucing menjadi salah satu hewan yang senang bermain dengan berbagai macam mainan yang membuatnya semakin aktif dan menggemaskan. Sebagai pemilik, pastinya Anda tidak akan tega melihat kucing Anda bermain tanpa mainan bukan? Anda bisa membeli mainan tersebut namun bisa lebih ramah lingkungan jika Anda membuatnya sendiri dengan memanfaatkan barang-barang bekas yang sudah ada.


Itulah beberapa cara merawat kucing yang lebih ramah lingkungan yang sebaiknya Anda ketahui. Cara-cara diatas sangat efektif untuk meminimalisir sampah yang dihasilkan dari hewan peliharaan. Menerapkan konsep zero waste ini sama dengan mendukung kampanye go green yang sudah mulai diadopsi oleh masyarakat Indonesia. Selamat mencoba!


Baca juga : Membasmi Serangga di Rumah Tanpa Insektisida
5 views0 comments