Mengenal Fakta Kneading Pada Kucing: Inilah Alasan Mengapa Kucing Senang Melakukan Gerakan Memijat


foto oleh unsplash


Siapa sih yang tidak mengenal hewan berbulu satu ini? Semua orang sudah pasti mengenal dan bahkan banyak diantaranya yang memelihara kucing. Diantara banyaknya hewan yang saat ini bisa dipelihara, kucing memang menjadi hewan yang banyak dipelihara. Ya, banyak sekali yang menyukai anabul satu ini karena selain bisa ramah dengan manusia, kucing juga sangat menggemaskan.

Banyak sekali kebiasaannya yang terkadang membuat kita sebagai pemilik merasa gemas dan ingin terus berada di dekatnya. Salah satu kebiasaan unik sekaligus menggemaskan yang sering dilakukan yaitu kebiasaan memijat bagian permukaan seperti bantal, tumpukan selimut dan bahkan tubuh kita. Gerakan ini disebut juga dengan kneading, hal ini karena mirip dengan Gerakan tangan yang sedang menguleni adonan kue (knead). Gerakan memijat atau kneading pada kucing ini memang menjadi hal yang wajar. Tentu ada banyak alasan mengapa hewan satu ini melakukan hal ini. Penasaran apa saja alasannya? Simak berikut ulasannya!



video oleh pinterest


Fakta Dan Alasan Senang Memijat Atau Kneading Pada Kucing

Walaupun tidak semua kucing melakukan kebiasaan ini, namun kneading pada kucing kerap kita lihat entah itu dilakukan oleh kucing kesayangan anda atau kucing lain. Saat melihat hal tersebut, pastinya akan timbul pertanyaan di benak anda mengapa kucing suka melakukan gerakan tersebut, terlebih semenjak adanya video viral yang memperlihatkan kucing sedang memijat adonan kue.

Nah untuk anda yang penasaran mengapa kucing sangat senang memijat, simak berikut ini fakta menarik dan alasan kucing senang memijat atau kneading pada kucing:


Merupakan Sifat Alamiah Kucing

Kneading ternyata merupakan sifat alamiah yang dimiliki oleh kucing. Mengutip dari American Animal Hospital Association (AAHA), kucing memang sering terlihat memijat ataupun menguleni permukaan yang lembut. Ketika melakukannya, kucing akan terlihat lebih santai namun fokus sehingga akan terlihat sangat menggemaskan. Bahkan banyak juga kucing yang langsung mendengkur dan tertidur pulas setelah melakukan kebiasaan tersebut.


Kebiasaan Saat Kecil Yang Terbawa Hingga Dewasa

Fakta lain juga menyebutkan juga ternyata usut punya usut, kneading pada kucing cukup merupakan kebiasaan saat kecil yang terbawa sampai dewasa. Umumnya anak kucing memiliki kebiasaan memijat perut induknya selama menyusu.

Kebiasaan ini dilakukan tentu karena kenyamanan dan untuk mengingatkannya dengan induk. Karena kebiasaan ini kerap dilakukan saat masih kecil, maka tak heran jika kneading terbawa hingga dewasa. Terlebih lagi saat kucing tersebut dipisahkan dengan induknya terlalu dini.


Salah Satu Cara Untuk Menyiapkan Tempat Istirahat Yang Nyaman

Sebelum berbaring, kucing biasanya akan melakukan gerakan memijat tempat tidurnya. Hal ini dilakukan agar tempat istirahatnya nanti lebih nyaman. Kebiasaan ini ternyata sudah terjadi sejak zaman nenek moyang kucing liar dimana mereka akan selalu menekan rumput tinggi untuk dijadikan tumpukan yang nyaman untuk istirahat. Jadi, secara naluriah, kebiaan ini terbawa oleh kucing peliharaan kita.


Untuk Menandai Teritori Atau Wilayahnya

Kucing juga melakukan kneading yaitu untuk menandari teritori atau wilayahnya. Kucing jantan dewasa biasanya akan melakukan spraying atau menyemprotkan urin. Kucing akan meninggalkan aroma untuk mengklaim wilayahnya atau memberikan pesan untuk kucing lain setelah melakukan kneading ini.


Menyampaikan Rasa Nyaman Dan Sayang

Kneading pada kucing juga ternyata sebagau bentuk ekspresi untuk menyampaikan rasa nyaman dan sayang kepada majikannya. Selain untuk menunjukkan rasa nyaman dan sayang, kebiasaan ini juga disinyalir merupakan salah satu cara untuk melepaskan rasa stresnya.


Nah itulah beberapa fakta dan alasan mengapa kucing senang melakukan gerakan memijat. Kneading pada kucing merupakan kebiasaan yang normal selama tidak berbahaya dan merusak barang tertentu. Semoga bermanfaat!


Baca juga : Cara Menghitung Umur Kucing dan Perbandingan Umur Kucing dengan Manusia
12 views0 comments