Beginilah Cara Mengenalkan Kucing Baru Ke Kucing Lama Yang Sebaiknya Diketahui!


foto oleh unsplash


Mengenalkan kucing baru ke kucing lama menjadi salah hal yang cukup rumit. Kucing merupakan hewan yang menjaga wilayahnya masing-masing. Walaupun hewan peliharaan Anda akan menentukan sendiri hierarki-nya (akan tetap ada kucing alfa), namun Anda tidak boleh membiarkan mereka bersikap agresif satu sama lain. Ada beberapa cara mengenalkan kucing baru dengan kucing lama, bagaimana cara-cara tepatnya? Simak berikut ulasannya!


Berikut Cara Mengenalkan Kucing Baru Ke Kucing Lama Yang Sebaiknya Diketahui!

Kehadiran kucing baru terkadang lebih sulit diterima dibandingkan kehadiran seekor anjing. Terlebih lagi jika kucing yang sebelumnya Anda miliki sudah dewasa, mereka tidak terlalu senang melihat kucing lain memasuki wilayahnya karena sifatnya yang suka menyendiri. Dan berikut ini cara mengenalkan kucing baru ke kucing lama yang sebaiknya diketahui:


Dekatkan Secara Perlahan, Tanpa Ada Pemaksaan

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengenalkan kucing baru ke kucing lama yaitu cobalah untuk dekatkan kucing baru secara perlahan tanpa ada pemaksaan. Kunci utama agar cara ini berhasil yaitu Anda harus menjadi pemilik yang sabar.

Jika salah satu ataupun keduanya menunjukkan sikap ingin saling menyerang, maka sebaiknya pisahkan terlebih dahulu untuk beberapa saat. Memperkenalkan kucing baru ke kucing lama memang membutuhkan proses dimana Anda tidak boleh gegabah dalam melakukannya.


Tempatkan Kucing Di Ruangan Yang Sama

Langkah kedua yang bisa Anda lakukan yaitu cobalah untuk menempatkan kucing lama dengan kucing baru dalam satu ruangan yang luas. Biarkan mereka saling mengenal satu sama lain dimana biasanya mereka akan saling mengendus bau masing-masing.

Namun cara ini bisa dilakukan dengan pengawasan yang ketat. Anda harus tetap mengawasi mereka dalam ruangan. Segeralah pisahkan jika keduanya mulai berkelahi. Namun jauh lebih baik jika hal ini dilakukan setelah cara pertama sukses. Cara satu ini sebagai pelengkap agar kucing Anda semakin mengenal satu sama lain.


Kandangi Salah Satu Kucing

Jika di rumah Anda memiliki kandang kucing, maka sebaiknya kandangilah salah satu kucing, baik itu kucing baru ataupun kucing lama. Biarkan salah satu dari kucing yang tidak dikurung berjalan-jalan di ruangan. Selain itu, biarkan juga kucing tersebut mendekati kucing yang ada didalam kandang. Biasanya dia akan mengendus ataupun mengeong keras yang menjadi pertanda bahwa dia tidak suka.


Dekatkan Kucing Ketika Sedang Makan

Apabila kucing baru dan kucing lama Anda masih saja belum akur walaupun sudah menggunakan cara-cara di atas, maka Anda bisa mencoba cara yang satu ini. Banyak sekali dokter hewan yang menyarankan untuk mendekatkan kucing baru dengan kucing lama ketika waktu makan.

Cobalah untuk memberikan makan di tempat makan yang berbeda namun tetap dalam jumlah yang sama. Pertama-tama, berilah sedikit jarak antara tempat makan kucing lama dengan kucing baru. Seiring berjalannya waktu, Anda bisa perlahan mendekatkan tempat makannya. Secara tidak sadar, kucing-kucing Anda pasti akan saling mendekat dan melakukan kontak sehingga bisa lebih akur.


Berikanlah Perlakuan Yang Sama

Cara mengenalkan kucing baru ke kucing lama terakhir yaitu pastikan Anda selalu memberikan perlakuan yang sama kepada kucing lama ataupun kucing baru. Misalnya dalam hal memberikan porsi makan pastikan jika berilah porsi makan dan jenis yang sama. Namun jika ada kebutuhan khusus, misal masa penyembuhan, Anda bisa memberikan makanan yang sesuai dengan kebutuhannya (sebaiknya salah satu dikandangkan)

Hal ini juga berlaku untuk waktu dan kasih sayang yang diberikan. Pastikan jika Anda benar-benar memberikan perlakuan yang sama. Jangan sampai Anda membeda-bedakannya karena jika hal ini terjadi maka akan membuat salah satu dari kucing Anda merasa diabaikan. Akibatnya mereka bisa stres dan terganggu kesehatannya.


Nah itulah sekilas tentang meperkenalkan kucing baru. Kucing memang terkenal sebagai hewan yang mandiri sehingga inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa mereka sangat cocok menjadi hewan peliharaan. Namun disisi lain, kepribadiannya ini memiliki pengaruh lain yang berpotensi membuat mereka menjadi sedikit anti-sosial karena naluri mereka dalam menjaga wilayah masing-masing. Inilah sebabnya mengapa mengenalkan kucing baru ke kucing lama menjadi hal yang cukup sulit dilakukan sehingga dibutuhkan kesabaran extra. Selamat mencoba!


Baca juga : Berniat Untuk Mengadopsi Kitten? Simak Berikut Persiapan Adopsi Kitten Yang Perlu Diketahui
6 views0 comments