Inilah Tips Aman Mudik Bersama Hewan Peliharaan Yang Sebaiknya Diketahui!


foto oleh maxpixel.net


Beberapa hari menjelang lebaran, biasanya masyarakat mulai meninggalkan rumah untuk mudik ke kampung halaman. Semua anggota keluarga pastinya akan ikut serta dalam mudik tersebut tak terkecuali hewan peliharaan. Banyak orang yang memilih untuk membawa hewan peliharaannya namun tak sedikit juga yang memutuskan untuk meninggalkannya di tempat penitipan hewan. Lantas, bagaimana tips aman mudik bersama hewan peliharaan? Simak berikut ulasannya!

Berikut Ini Tips Aman Mudik Bersama Hewan Peliharaan

Hal yang paling menyenangkan memang jika bisa pulang kampung. Melepas rindu dengan sanak saudara dan keluarga menjadi moment yang paling ditunggu-tunggu apalagi setelah 2x Idul Fitri tidak bisa mudik karena pandemi. Namun bagaimana bagi para pemilik hewan? Pastinya mereka tidak akan semudah itu bisa meninggalkan hewan peliharaan sampai akhirnya mereka memutuskan untuk membawanya.

Membawa mudik hewan peliharaan pastinya bukan hal yang mudah apalagi jika jarak ke kampung halaman membutuhkan waktu perjalanan lama. Sebagai solusi terbaik sebenarnya anda bisa memilih jasa penitipan hewan peliharaan yang kini sudah banyak ditemukan. Namun jika memang anda bersikukuh untuk membawa hewan peliharaan anda, simak berikut tips aman mudik bersama hewan peliharaan:


Memilih Moda Transportasi Yang Tepat

Tips aman mudik bersama hewan peliharaan yang pertama yaitu pastikan anda memilih moda transportasi yang tepat. Dalam hal ini disaranakan agar anda membawa kendaraan roda empat pribadi. Bawalah Pet carrier yang sesuai walau anda mudik memakai mobil.

Jika memang anda tidak bisa mudik menggunakan mobil, maka bisa memilih moda transportasi pesawat udara. Biasanya pesawat memiliki waktu perjalanan yang tidak lama. Namun Anda perlu memperhatikan peraturan dari setiap penerbangan tentang hewan peliharaan.

Selain itu, terdapat juga jasa cargo untuk membawa hewan peliharaan dengan menggunakan pesawat sehingga bisa lebih aman. Alternatif lain selain pesawat yaitu kereta api dimana transportasi ini juga memiliki jasa cargo sendiri untuk melayani pengiriman hewan peliharaan. Yang terpenting dalam pemilihan moda transportasi ini yaitu tidak menggunakan kendaraan umum apalagi roda dua.


Sebaiknya Bawa Selimut Untuk Tempat Tidur Sementara

Selimut sangat diperlukan untuk dijadikan sebagai tempat tidur hewan peliharaan anda. Biasanya jika disiapkan tempat yang nyaman, hewan pasti tidak akan rewel dan anteng. Hewan kesayangan anda bisa tidur dengan nyaman selama perjalanan yang panjang. Namun jika peliharaan anda sudah terbiasa tidur di tempat tidur di rumah, maka anda perlu mempertimbangkan kembali untuk membawanya!


Siapkan Tali Pengikat Tambahan Sebagai Keamanan

Anda juga perlu menyiapkan tali pengikat tambahan sebagai keamanan. Dalam hal ini, anda bisa meletakkan hewan peliharaan di bagian belakang mobil ataupun di kursi belakang lalu ikat lehernya. Tali pengikat ini sangat penting untuk menghindari jika hewan tersebut bergerak aktif dalam mobil. Selain itu, dengan mengikat hewan juga bisa memnbantu menjaga hewan peliharaan agar tetap aman jika mengerem secara tiba-tiba.


Bawalah Mainan Dan Kebutuhan Lainnya

Mainan merupakan cara terbaik untuk mengalihkan perhatian hewan peliharaan agar tetap tenang saat dalam perjalanan. Selain membawa mainan, anda juga perlu membawa kebutuhan lainnya seperti camilan favoritnya. Jadi, ketika hewan lapar, anda bisa memberikan camilannya agar mereka tetap tenang.


Survey petshop atau dokter hewan di tempat tujuan mudik

Selanjutnya, untuk memastikan kesehatan dan kebutuhan anabul, ada baiknya Anda melakukan survey kecil (dengan bantuan anggota keluarga) tentang lokasi petshop atau klinik dokter hewan di tempat tujuan. Jadi sewaktu waktu jika pakan atau kebutuhan hewan kesayangan kurang, Anda tidak perlu khawatir tentang kesehatannya. Misal jika Anda mudik ke gresik, jawa timur, Anda dapat berkunjung ke Kawan Hewan Petshop untuk memenuhi kebutuhan hewan peliharaan Anda.


Nah Itulah beberapa tips aman mudik bersama hewan peliharaan. Terlepas dari tips diatas pastinya anda perlu benar-benar mempertimbangkan dengan matang keputusan yang akan anda ambil. Selain memperhatikan kondisi kesehatan hewan peliharaan, anda juga perlu mengetahui resiko yang bisa saja terjadi seperti hewan muntah, buang air besar dan kecil ataupun sering melakukan hal yang diluar perkiraan karena stress atau merasa kurang nyaman.

Setelah sampaipun terdapat risiko hewan stress setelah perjalanan. Sebagai contoh, hamster sangat rawan akan perubahan suhu sehingga rentan jika dibawa mudik. Perhatikan juga apakah anggota keluarga di tempat tujuan mudik cukup nyaman dengan hewan peliharaan kita. Terakhir, Jika anda tidak merasa cukup yakin, Anda dapat menitipkan hewan peliharaan ke tempat penitipan hewan di kota asal anda. Semoga bermanfaat.


Baca juga : Tips Memilih Tempat Penitipan Kucing Selama Mudik Lebaran
10 views0 comments