Hobi Memelihara Hewan Saat Pandemi Telah Menjadi Trend Berbagai Kalangan, Beginilah Alasannya!


foto oleh unsplash



Seperti yang kita ketahui jika saat pandemi COVID-19 terjadi, semua aktivitas sehari-hari menjadi berubah. Hampir rata-rata masyarakat Indonesia diharuskan untuk beraktivitas hanya dirumah saja dan daring. Trend ini disebut sebagai lonely economy. Lonely economy ditandai oleh berkurangnya jumlah orang dalam satu keluarga, meningkatnya jumlah orang yang enggan menikah dan pasangan yang sudah menikah namun menunda memiliki anak.

Tren menurut penelitian dari konsultan manajemen terkemuka Mckinsey terjadi hampir diseluruh dunia. Kondisi ini tentu saja bisa membuat orang merasa jenuh dan bosan sehingga salah satu cara untuk mengatasinya banyak kalangan yang kini memiliki hobi memelihara hewan saat pandemi.

Di masa pandemi COVID-19 banyak sekali orang yang menemukan hobi baru salah satunya seperti bersepeda, berkebun, masak bahkan memelihara hewan peliharaan seperti anjing dan kucing. Walaupun hobi memelihara hewan ini bukan hal yang asing lagi, namun ternyata terdapat alasan mengapa hobi memelihara hewan saat pandemi. Lantas apa sebenarnya alasannya? Simak berikut jawabanya!


Inilah Alasan Mengapa Hobi Memelihara Hewan Saat Pandemi Menjadi Trend

Salah satu alasan mengapa hobi memelihara hewan saat pandemi menjadi trend yaitu karena hewan bisa membuat mereka tidak terlalu kesepian. Seperti yang kita tahu jika tingkah hewan seperti kucing dan anjing sangatlah menggemaskan. Bahkan mereka juga memiliki kedekatan dengan manusia sehingga hal ini bisa memicu kesenangan bagi pemilik hewan itu sendiri.

Dalam sebuah laporan dari World Economic Forum, jumlah orang yang telah mengadopsi hewan peliharaan meroket selama masa pandemi. Selain bisisa membuat pemilik tidak kesepian, hewan peliharaan juga bisa membantu mengalihkan pemikiran negatif terkait pandemi dan menjadi salah satu hal yang bisa memulihkan kesehatan mental.

Meningkatnya minat serta hobi memelihara hewan saat pandemi juga telah diakui oleh sejumlah petshop serta perawatan hewan peliharaan yang kian berkembang saat masa pandemi. Berbagai produk dan jasapun semakin diminati misalnya seperti pet clinic, pet grooming dan pet hotel.

Namun terlepas dari trend memelihara hewan yang kini banyak dipilih oleh berbagai kalangan, tetap saja sebagai pemilik anda perlu bertanggungjawab atas kehidupan hewan yang anda pilih. Jangan hanya ikut-ikutan trend sehingga anda mengabaikan kesehatan hewan peliharaan anda. Terdapat beberapa tips merawat hewan peliharaan di masa pandemi, berikut tips-tipsnya:

1. Penuhi Kebutuhan Hewan Peliharaan

Saat anda memutuskan untuk memelihara hewan maka anda sudah siap memenuhi kebutuhannya. Hal ini termasuk memberikan makanan sehat, minuman bersih hingga memberikan vitamin yang dianjurkan oleh dokter hewan. Pastikan hewan kesayangan anda mendapatkan kebutuhan nutrisi yang cukup agar kesehatannya terjamin.

2. Menjaga Kebersihan

Selain memenuhi setiap kebutuhan nutrisnya, menjaga kebersihan setiap hal yang berkaitan dengan hewan peliharaan juga tentu perlu diperhatikan. Beberapa hal yang harus anda perhatikan seperti kebersihan kandang, tempat makan dan minum, tempat tidur hingga tempat kotoran. Bersihkan secara rutin agar hewan peliharaan anda tetap nyaman dan sehat. Jangan lupa juga untuk selalu rutin memandikan hewan kesayangan anda secara rutin minimal satu minggu 2 kali.

3. Tidak Mengajak Hewan Keluar Rumah

Di masa pandemi sebaiknya jangan ajak hewan peliharaan anda keluar rumah. Anda bisa mengajaknya bermain di rumah saja atau di pekarangan rumah anda. Menjauhkan hewan peliharaan dari hewan liar selama pandemi belum selesai juga menjadi hal yang harus anda perhatikan.

4. Hindari Kontak Ketika Anda Isoman

Ketika anda melakukan isolasi mandiri karena terkonfirmasi positif virus corona, sebaiknya anda tidak melakukan kontak langsung dengan hewan peliharaan. Hal ini anda lakukan seperti halnya kepada anggota keluarga yang ada dalam rumah. Walaupun belum ada bukti yang menunjukan jika manusia bisa menularkan virus ke hewan namun tidak ada salahnya jika anda menghindari kontak.


Nah itulah sekilas tentang tips merawat hewan peliharaan di masa pandemi. Walaupun hobi memelihara hewan saat pandemi telah menjadi trend saat ini namun anda pastinya jangan hanya ikutan trend saja. Pastikan anda memiliki komitmen dan tanggungjawab untuk memastikan jika hewan yang anda adopsi tetap sehat dan panjang umur. Jika Anda berniat memelihara hewan, tidak ada salahnya berkonsultasi dengan dokter hewan untuk mendapatkan saran dan masukan yang terbaik.

Semoga bermanfaat.


Baca juga: 7 Cara Merawat Kucing Baru Adopsi Supaya Tidak Stress dan Cepat Akrab
2 views0 comments