Tips Memilih Tempat Penitipan Kucing Selama Mudik Lebaran


foto oleh unsplash


Seperti yang kita tahu bahwa beberapa saat lagi bulan Ramadhan akan berakhir dan banyak sekali tentunya diantara kita yang mempersiapkan segala sesuatu untuk mudik. Ya, mudik memang menjadi moment yang paling ditunggu-tunggu oleh sebagian orang. Apalagi pada tahun tahun sebelumnya, aktivitas mudik terkendala dengan adanya pandemic COVID-19 sehingga mereka akan menyambutnya dengan antusias tahun ini.

Namun, bagaimana dengan Anda yang memiliki hewan peliharaan seperti kucing? Memang terdapat pilihan untuk membawa anabul tercinta ke kampung halaman. Namun tidak semuanya dapat melakukan ini karena berbagai kendala. Hal yang perlu dipertimbangkan dalam membawa anabul mudik antara lain adalah kenyamanan anabul di perjalanan, peraturan dalam membawa hewan peliharaan, anggaran untuk mempersiapkan mudik hewan kesayangan, risiko kesehatan pada anabul selama perjalanan dan lain lain.

Namun, pastinya tidak akan tega bukan meninggalkan anabulnya sendirian? Nah bagi anda yang memang berencana untuk mudik tapi masih bingung bagaimana dengan kucing anda tentu kini tak usah khawatir. Kini sudah banyak sekali tempat penitipan kucing yang bisa anda pilih untuk menitipkan hewan kesayangan anda selama mudik.

Lalu, Bagaimana Tips Memilih Tempat Penitipan Kucing?

Seiring dengan semakin banyaknya orang yang memelihara hewan peliharaan seperti kucing maka tak heran jika kini semakin banyak juga petshop hingga tempat penitipan kucing yang bisa dipilih. Hadirnya tempat penitipan kucing ini pastinya bisa menjadi solusi untuk anda yang akan meninggalkan kucing dalam waktu lama.

Namun sebelum memutuskan untuk menitipkan hewan peliharaan, pastinya anda perlu memastikan terlebih dahulu jika tempat penitipan tersebut bisa dipercaya. Nah, agar anda tidak bingung memilih tempat penitipan kucing yang tepat, simak berikut ini tips memilih tempat penitipan kucing:


1. Perhatikan Kebersihan Tempat Penitipan

Kebersihan menjadi hal yang harus dipenuhi semua jasa penitipan hewan. Kebersihan kandang ataupun ruangan akan berpengaruh langsung terhadap kesehatan hewan yang menempatinya. Dalam hal ini pastikan jika anda memilih tempat penitipan yang selalu memprioritaskan kebersihan.

Tak hanya itu saja, anda juga disarankan untuk memilih tempat penitipan hewan yang memiliki jumlah karyawan cukup. Hal ini bertujuan agar mereka bisa lebih maksimal dalam merawat hewan apalagi jika banyak hewan lain yang berada di tempat penitipan tersebut.


2. Jangan Tergiur Dengan Harga Murah

Selain memperhatikan kebersihan tempat penitipan, pastikan juga anda mempertimbangkan harga yang ditawarkan. Ingat, jangan sampai anda tergiur dengan harga yang terlalu murah karena bisa saja pelayanan yang diberikannya juga “seadanya”. Tentu saja anda tidak ingin bukan jika hewan kesayangan anda diperlakukan biasa saja?

Nah dalam hal ini maka sebaiknya pilihlah tempat penitipan hewan yang menawarkan pelayanan terbaik dengan harga jasa yang sesuai. Anda bisa bertanya terlebih dahulu seputar layanan yang diberikan hingga biaya per layanan.


3. Pilihlah Tempat Penitipan Yang Menyediakan Fasilitas Dokter Hewan

Tips memilih tempat penitipan kucing berikutnya yaitu pastikan pilihlah tempat penitipan hewan yang menyediakan fasilitas dokter hewan. Dengan adanya dokter hewan maka status kesehatan kucing anda akan selalu dimonitor serta akan langsung ditangani jika terlihat kurang sehat. Selain itu, dengan adanya dokter hewan biasanya lebih memperhatikan aspek kesehatan dalam penitipan hewan kesayangan.


4. Pilih Tempat Penitipan Hewan Berdasarkan Referensi Atau Tertimoni

Terakhir, anda juga tak ada salahnya jika memilih tempat penitipan kucing berdasarkan referensi atau rekomendasi dari sesama pemilik hewan. Jika hal ini belum cukup, tak ada salahnya jika anda juga melihat referensi dari internet dengan melihat testimoni orang-orang yang sudah menggunakan jasa dari tempat penitipan kucing yang anda temukan.

Biasanya baiknya jasa tempat penitipan kucing tersebut akan dilihat berdasarkan rating atau bintang di google maps. Bintang ini menunjukkan kepuasan pelanggan atas jasa yang diberikan oleh sebuah perusahaan atau usaha. Anda juga bisa memilih yang lokasi dekat dengan rumah dengan memakai fitur pencarian di aplikasi pencarian umum seperti google atau google maps. Jadi, anda tidak akan kesulitan menemukannya.


Nah itulah beberapa tips memilih tempat penitipan kucing yang sebaiknya anda ketahui. Setelah anda menemukan tempat penitipan kucing yang tepat, sebaiknya bawalah perlengkapan sendiri. Misalnya seperti alas tidur, peralatan makan, pakan snack hingga pet carrier. Tujuannya yaitu agar kucing anda tidak mengalami stress karena perbedaan tempat tinggal dan makanan.

Faktor Makanan ini perlu diperhatikan untuk mengurangi risiko anabul terkena gangguan pencernaan jika makanan yang diberikan beda dengan yang biasa dikonsumsi. Oh ya bagi Anda yang bertempat tinggal di Gresik Jawa Timur, Anda dapat menitipkan kucing kesayangan ke Kawan Hewan Petshop. Semoga bermanfaat.


Baca juga : Hewan Dan COVID-19: Inilah Upaya Menjaga Hewan Peliharaan Dari Serangan Virus COVID-19
10 views0 comments