top of page

Cara Menghilangkan Oli pada Bulu Kucing dengan Mudah

Mengurus kucing memang menyenangkan. Tapi Anda pasti pernah merasa pusing saat bulu mereka terkena sesuatu yang tidak bisa hilang dengan mudah, misalnya minyak atau oli. Jangan khawatir, Anda cuma perlu tahu cara menghilangkan oli pada bulu kucing dalam artikel ini,

Bulu kucing yang terkena oli umumnya menjadi lepek, kotor, dan berbau tak sedap. Jadi, bagaimana cara menghilangkan oli pada bulu kucing yang efektif dan aman?

Cara Menghilangkan Oli pada Bulu Kucing


foto oleh unsplash


Bulu kucing yang terkena oli akan jadi lepek, kotor, bahkan kadang beraroma tak sedap. Tapi jangan khawatir, ada beberapa cara yang bisa Anda coba untuk menghilangkan oli di bulu kucing dengan bahan-bahan alami yang mudah didapat. Apa saja?

1. Mandikan Menggunakan Sabun Bayi

Sabun bayi memiliki pH yang lebih rendah dibanding sabun mandi biasa, sehingga lebih aman digunakan untuk kulit dan bulu kucing. Cara memakai sabun bayi adalah dengan menuangkan sabun bayi ke dalam air hangat dan aduk hingga tercampur rata. Basuhkan air sabun tersebut ke kucing Anda, lalu bilas hingga bersih agar tidak tersisa residu sabun. Namun untuk pemakaian jangka panjang, pakailah sabun khusus kucing ya!

2. Bersihkan dengan Minyak Esensial

Cara kedua untuk membersihkan bulu kucing adalah dengan menggunakan minyak esensial. Beberapa minyak esensial seperti minyak tea tree dan minyak lavender bisa membantu menghilangkan bau tak sedap pada bulu kucing.

Caranya, campurkan beberapa tetes minyak esensial ke dalam segelas air hangat, lalu basuhkan kucing Anda dengan air tersebut. Minyak esensial juga bisa membantu menghilangkan oli pada bulu kucing secara alami.

Meski terbilang manjur untuk membersihkan buku kucing, jangan terlalu sering menggunakannya karena bisa menimbulkan iritasi pada kulit kucing.

3. Menggunakan Bahan yang Ada

Cara berikutnya adalah dengan menggunakan bahan-bahan yang biasa Anda jumpai di rumah, seperti sabun cuci baju atau masker bulu. Caranya, campurkan bahan tersebut ke dalam air hangat, lalu mandikan kucing Anda dengan air tersebut. Jangan lupa bilas hingga bersih dan lap hingga kering.

Setelah itu, Anda bisa menggunakan kondisioner atau pembersih bulu kucing untuk membantu menghilangkan bekas oli di bulu kucing. Caranya, tuangkan pembersih bulu atau kondisioner ke dalam air hangat, lalu aplikasikan pada bulu kucing Anda dengan air tersebut. Bilas hingga bersih dan lap hingga kering.


Jika ingin tidak repot dan mendapatkan hasil yang bagus, mungkin Anda perlu mempertimbangkan membawa kucing untuk di Grooming di Petshop Terdekat. Selain itu agar bulu kucing tetap sehat, ikuti langkah-langkah berikut ini:


Merawat Bulu Kucing Tetap Sehat


foto oleh unsplash


Untuk merawat bulu kucing agar tetap lembut dan sehat, ada beberapa tips yang bisa Anda coba di rumah.

1. Berikan Asupan Nutrisi yang Cukup

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memastikan hewan peliharaan Anda mendapat asupan nutrisi yang cukup. Makanan yang tepat dan seimbang akan membantu menjaga kesehatan bulu kucing.

2. Gunakan Sampo yang Sesuai

Gunakan sampo atau pembersih bulu kucing yang sesuai dengan jenis bulu kucing Anda. Selalu baca label produk sebelum menggunakannya, dan sebaiknya berkonsultasi dengan dokter hewan untuk mendapatkan saran yang tepat.

3. Bersihkan Bulu Kucing secara Teratur

Tips selanjutnya adalah membersihkan bulu kucing Anda secara teratur. Gunakan sikat atau comb yang sesuai dengan jenis bulu kucing Anda untuk menghilangkan bulu yang mati dan kotoran yang menempel.

4. Menjaga Kelembapan Bulu Kucing

Kucing membutuhkan udara yang lembap untuk merawat bulunya, jadi pastikan untuk menjaga suhu udara agar tidak kering di rumah.

5. Hindari dari Hal-Hal yang Merusak Bulu Kucing

Selanjutnya, hindari mengeluarkan kucing Anda ke luar saat cuaca buruk atau saat Anda menggunakan bahan-bahan oli di rumah. Selalu bersihkan tangan Anda setelah menggunakan oli atau bahan kimia lainnya, agar tidak terkena ke bulu kucing.

Dengan melakukan beberapa tips di atas, bulu kucing Anda akan tetap lembut, sehat, dan indah. Jika ada masalah khusus dengan bulu kucing Anda, sebaiknya berkonsultasilah pada dokter hewan untuk mendapatkan saran yang tepat. Hal ini bisa membantu Anda menjaga kesehatan kucing peliharaan dan keindahan bulunya.

Itu dia beberapa cara menghilangkan oli pada bulu kucing yang mudah dilakukan. Anda tertarik dengan pengetahuan lain tentang kesehatan dan perawatan kucing? Yuk, dapatkan informasi lainnya tentang merawat hewan peliharaan kesayangan Anda dengan mengikuti kami di Tiktok dan Instagram.

Comments


Post: Blog2 Post
bottom of page