Cara Merawat Bulu Kucing dengan Penuh Kasih Sayang


foto oleh unsplash


Semahal apapun dan sebagus apapun kucing peliharaan anda kalau tidak di rawat lama kelamaan akan jelek dan bau. Maka dari itu perawatan kucing adalah bagian penting dari kewajiban yang harus cats lovers lakukan ya demi memberikan rasa kasih sayang utuh pada si empus.

Salah satu bagian yang sangat populer yang membuat kucing terlihat semakin cantik dan menggemaskan adalah bagian bulu. Ya, bulu kucing yang lebat, bagus, kemudian tidak kutuan dan rontok ini adalah indikator sederhana dalam menilai kucing sehat atau terawat dan sebaliknya.

Merawat bulu kucing sendiri memang susah susah gampang, susahnya biasanya kalau kucing baru membutuhkan adaptasi. Jika anda sudah memeliharanya dalam waktu lama maka akan sangat mudah sekali merawatnya, kucing tidak akan berontak apalagi rewel.

Masalah umum yang biasa menyerang bagian bulu adalah masalah kerontokan, kemudian bulu kucing tidak rapi, sampai dengan kusam. Kalau kusam kami sarankan anda lebih aware, karena bisa jadi kucing anda cacingan.

Sebelum mulai perawatan anda disarankan melakukan treatment sederhana ini kepada si kucing sehingga lebih bersahabat dan membuat dia nyaman apa saja itu. Coba perhatikan poin dibawah ini:

1. Siapkan alat perawatan dulu, seperti sisir misalkan, kemudian lotion rambut dan lain sebagainya yang anda butuhkan

2. Kemudian elus elus dulu si kucing dengan tangan anda supaya dia merasa lebih tenang dan nyaman. Usahakan cari waktu yang pas, tunggu mood si empus sedang baik dan santai.

3. Anda bisa mungkin memberikanya makan dulu, kemudian kalau sudah kenyang dan tenang maka mulai deh cari bagian rambut yang menggumpal mungkin kemudian sisir dan bersihkan rambutnya secara perlahan dengan penuh kasih sayang.

4. Ambil kondisioner atau shampo pembersih rambut kemudian gosokan secara perlahan dengan timing yang tepat.

5. Setelah anda rasa cukup, maka jangan lupa bersihkan kembali bulu kucing anda yang sudah tidak bagus dan yang jatuh serta bilas sampai bersih kucing anda. Kemudian masukan kedalam kandangnya sebelumnya anda juga bisa kecup mesra si empus sebagai rasa terimakasih jika ia dengan rela dan ikhlas anda bersihkan rambutnya tanpa pemberontakan.


Hal yang perlu diperhatikan dalam merawat bulu kucing

Untuk proses perawatan sendiri memang sudah dijabarkan diatas. Namun, ada beberapa tambahan hal penting lain yang juga harus diperhatikan dalam sesi perawatan bulu kucing ini antara lain:


1. Memperhatikan waktu pembersihan dan jenis kucing

Jenis kucing yang berbeda memiliki cara perawatanya juga tidak sama. Misalkan pada beberapa jenis kucing dengan kondisi bulu yang sangat tebal dan lebat maka bisa jadi anda membutuhkan waktu perawatan lebih intens. Sebaliknya kucing sphynx yang hampir tidak memiliki bulu membutuhkan perawatan yang berbeda.


2. Bahan perawatan bulu kucing

Ada banyak jenis bahan yang biasa digunakan dalam merawat bulu kucing. Kucing memiliki kebutuhan yang berbeda jika dibandingkan manusia. Sebagai contoh kulit kucing memiliki kelembapan yang berbeda daripada manusia. Untuk itu pakailah shampoo yang diperuntukkan khusus untuk kucing.


3. Melatih kucing dan mencari momen yang tepat

Ada kalanya anda harus membiasakan perawatan bulu ini pada si kucing. Berikan pengertian dan cari waktu yang tepat. Karena banyak juga kucing meskipun lama di pelihara jika dia tidak dalam kondisi mood yang bagus bisa memberontak, mencakar majikanya jika menyisir bulunya, jadi anda harus bisa membaca mood kucing anda dengan baik. Jika anda merasa belum dapat meng-handle anabul anda, tidak ada salahnya untuk membawanya ke groomer profesional.


Nah, itulah sedikit tips sederhana cara merawat bulu kucing dan langkah langkah persiapan sebelum membersihkan bulu kucing dengan baik dan benar. Share artikel ini ya supaya banyak yang paham tentang perawatan bulu ini.


Baca juga : Penyebab dan Cara Mengatasi Bulu Kucing Rontok
20 views0 comments