top of page

6 Metode Perawatan Kucing Bulu Pendek yang Tepat


foto oleh flickr


Perawatan kucing bulu pendek tentunya berbeda dengan kucing bulu panjang. Sebab, ada beberapa perawatan khusus yang harus Anda berikan kepada kucing berbulu pendek.

Seperti yang sudah Anda tahu, berdasarkan panjang bulunya, kucing terbagi menjadi kucing bulu panjang, bulu sedang, bulu pendek, hingga tanpa bulu. Jenis kucing bulu pendek terbagi lagi menjadi beberapa ras.

Misalnya saja yang paling populer di dunia adalah kucing Siam, American Shorthair, Scottish Fold, dan kucing Bombay. Bagi Anda yang tertarik ingin memelihara jenis kucing tersebut, maka pastikan paham bagaimana merawatnya.

Oleh sebab itu, kali ini kami akan menjelaskan bagaimana cara perawatannya untuk Anda. Simak selengkapnya berikut ini.


Cara Tepat Merawat Kucing Bulu Pendek

foto oleh pexels


Bagi Anda yang memiliki atau berniat memelihara kucing berbulu pendek, setidaknya harus mengetahui cara-cara dasar perawatannya. Dengan begitu, kucing akan tetap sehat dan cantik.

Sebab, banyak owner kucing bulu pendek yang mengabaikan hal tersebut. Akibatnya kucing mereka tidak tumbuh dengan baik, bahkan terkena penyakit berbahaya.

Berikut ini adalah cara tepat untuk merawat jenis kucing bulu pendek yang harus Anda terapkan:

1. Pilih Makanan Kucing Khusus Shorthair

Agar kesehatan tubuh dan bulu kucing tetap terjaga, maka Anda harus memberikannya makanan kucing bulu pendek yang memang khusus. Sebab saat ini, makanan kucing sudah sangat beragam.

Anda bisa menggunakan dari brand apa saja, tapi pastikan yang berkualitas tinggi. Utuk bentuk makanan kucing yang dianjurkan untuk konsumsi harian adalah jenis dry food. Selain memiliki nutrisi yang lengkap, dry food juga sangat baik untuk kebersihan mulut kucing.

Meski begitu, Anda juga harus memberikan wet food sebagai selingan. Pemberian wet food ini bertujuan agar kucing merasakan tekstur yang lebih beragam. Selain itu, wet food juga sangat bagus untuk kucing yang mengalami gangguan pencernaan.

2. Bersihkan Kandang Kucing Secara Teratur

Kebersihan kandang juga menjadi salah satu faktor penting yang menunjang kesehatan kucing. Kandang yang kotor dapat meningkatkan risiko kucing bulu pendek terinfeksi jamur, virus, dan bakteri patogen.

Oleh sebab itu, Anda harus membersihkan kandang kucing secara teratur. Jika perlu, Anda harus mencucinya dengan bersih.

3. Sisir Bulu Kucing Setiap Hari

Cara merawat kucing bulu pendek berikutnya adalah dengan menyisir bulunya setiap hari. Tujuannya adalah bulu tetap bersih dan menghindari kucing menjadi gimbal.

Menyisir setiap hari juga dapat mengambil bulu rontok pada tubuh kucing. Hal ini bermanfata untuk mencegah terjadinya hairball, yaitu potongan rambut yang masuk ke saluran pencernaan kucing saat ia menjilati tubuhnya.

4. Berikan Vaksin

Pemberian vaksin pada kucing bulu pendek sangat penting dan bahkan wajib jika Anda ingin hewan lucu satu ini tetap sehat. Vaksinasi bermanfaat untuk melindungi kucing dari serangan virus mematikan.

Seperti Panleu, rabies, dan berbagai virus mematikan bagi kucing lainnya. Selain itu, pemberian vaksin juga dapat menghindarkan penularan penyakit dari kucing ke manusia. Tujuannya adalah agar kucing bulu penndek Anda tetap sehat.

5. Mandikan Kucing secara Teratur

Memandikan kucing secara teratur menjadi hal wajib yang perlu Anda lakukan. Setidaknya, Anda harus memandikan kucing 2 minggu sekali. Anda bisa memandikannya sendiri di rumah atau membawanya ke salon hewan.

Salah satu kelebihan memelihara kucing bulu pendek adalah Anda lebih mudah dalam memandikannya. Ini berbeda dengan kucing bulu panjang yang harus lebih telaten dan membutuhkan banyak shampo.

6. Berikan Treat

Treat adalah makanan khusus untuk kucing yang memberikan sensasi lebih nikmat dari makanan biasanya. Terdapat berbagai macam treat yang bisa Anda berikan, seperti creamy treat atau memberikan catnip.

Pemberian treat ini berguna sebagai hiburan bagi kucing agar tidak merasa bosan dan stres. Anda bisa memberikan treat setiap minggu atau beberapa hari sekali.

Nah, jangan lupa follow TikTok Kawan Hewan untuk mendapatkan berbagai informasi menarik lainnya, ya. Anda juga bisa checkout berbagai keperluan anabul untuk memaksimalkan cara perawatan kucing bulu pendek Anda. Semoga bermanfaat!


Oh ya untuk Petlovers Gresik, dapatkan aneka kebutuhan hewan kesayangan di Kawan Hewan Petshop.


8 views0 comments
Post: Blog2 Post
bottom of page