Penyebab Selaput Putih pada Mata Kucing Kesayangan Anda


foto oleh unsplash


Hai sobat Petizen, saat Anda melihat adanya selaput putih pada mata kucing, jangan panik. Sebenarnya, kucing memang memiliki tiga kelopak mata. Kelopak mata yang ketiga ini disebut tertia palpebra. Kelopak mata inilah yang Anda lihat sebagai selaput putih tadi.

Selaput putih pada mata kucing kerap tampak saat mereka baru saja bangun dari tidur. Atau bisa juga saat mereka sadar setelah dibius.

Namun, jika selaput ini terlihat saat keadaan normal, Anda perlu waspada. Pasalnya, ini bisa menjadi gejala sekunder penyakit tertentu. Anda mungkin akan melihat selaput tadi menutupi hingga setengah mata kucing.

Cara menghilangkan selaput putih pada mata kucing sebenarnya bisa dilakukan sendiri. Yaitu membersihkan mata kucing dengan air rebusan daun sirih. Atau juga bisa dibersihkan dengan air hangat dan kapas steril. Pemberian obat tetes mata juga bisa dilakukan. Atau, cara lainnya adalah dengan antibiotik. Namun pemberian antibiotik harus atas sepengetahuan dokter hewan ya.


Penyebab Selaput Putih pada Mata Kucing

Tetapi, Anda juga harus tahu, apa yang menjadi penyebabnya agar penanganannya bisa sesuai. Penanganan yang kurang tepat bisa saja menimbulkan masalah yang serius nantinya.

Berikut penyebab selaput pada mata kucing timbul.

Konjungtivitis

Selaput putih yang terlihat pada mata kucing dapat menandai gejala radang selaput mata atau konjungtivitis. Gejala yang lain meliputi; keluarnya air mata secara berlebih, memerahnya selaput mata, dan lain-lain. Pada kasus yang lebih serius, selaput mata bisa membengkak.

Untuk menangani masalah seperti ini sebaiknya diselesaikan oleh dokter hewan.

Cacingan

Adanya selaput yang tampak pada mata kucing boleh jadi merupakan gejala cacingan. Biasanya, ini akan diikuti oleh gejala yang lain. Contohnya; badan kurus dengan perut buncit, diare, sering muntah, kehilangan nafsu makan, dan lainnya.

Benda Asing

Benda asing seperti kotoran maupun debu yang memasuki mata kucing memicu keluarnya selaput. Tertia palpebrata ini berfungsi untuk melindungi bola mata kucing. Dengan begitu, benda asing tidak mencapai bagian yang lebih dalam.

Trauma pada Wajah

Kucing yang telah terkena pukulan di wajah bisa mengeluarkan selaput pada matanya. Ini bertujuan agar mata kucing tersebut terlindungi.

Sindrom Haw

Pada penyakit ini, bagian yang diserang adalah bagian usus kucing. Adanya parasit merupakan penyebab penyakit Sindrom Haw. Selaput putih yang muncul mungkin menjadi gejala penyakit ini. Bahkan, selaput putih tadi bisa berubah menjadi tonjolan.

Selain timbulnya selaput putih, gejala berikutnya adalah diare. Jadi, jika mata kucing berselaput putih dan mencret, Sindrom Haw mungkin menjadi penyebabnya.

Glaukoma

Glaukoma merupakan salah satu penyakit yang bisa menyerang mata kucing. Ini terjadi ketika tekanan intraokular di dalam mata kucing mengalami peningkatan.

Selaput yang keluar akan diikuti gejala lain. Misalnya; mata sipit, bengkaknya bola mata, dan kornea menjadi kebiruan bahkan keruh.

Nah, setelah Anda mengetahui penyebab mata kucing berselaput, Anda mungkin akan bertanya.


Apakah selaput putih pada mata kucing bisa sembuh?


Jawabannya, bisa apabila penanganan yang dilakukan sudah tepat.


Secara umum, selaput putih ini muncul pada saat imun kucing turun. Jika hal ini terjadi sesekali saja, maka tidak apa apa. Namun Anda perlu ekstra waspada ketika gejala ini tidak kembali normal. Oleh karena itu, Anda akan butuh dokter hewan profesional. Anda bisa menyerahkan perawatan kucing kesayangan kepada mereka.

Kunjungi Kawan Hewan yang ada di Gresik. Atau, Anda bisa mengakses situs kawanhewan.com untuk info lebih lanjut.

Jangan lupa juga untuk follow akun @kawan.hewan di Instagram agar selalu update. Masalah selaput putih pada mata kucing kesayangan Anda akan segera teratasi. Semoga Bermanfaat!


Baca juga : Tak Hanya Baik Untuk Kesehatan Manusia, Ternyata Inilah Berbagai Manfaat Minyak Ikan Untuk Kucing