top of page
  • admin

Vaksinasi Wajib Bagi Anjing: Inilah Jenis Vaksin Anjing Yang Wajib Diberikan, Jangan Sampai Lupa!


Foto oleh unsplash


Sama halnya seperti manusia, anjing juga membutuhkan vaksinasi. Melengkapi vaksinasi sesuai dengan jadwalnya menjadi salah satu bagian penting dari langkah perawatan kesehatan untuk anjing kesayangan. Secara umum terdapat 2 jenis vaksinasi bagi anjing yang sebaiknya diketahui yaitu vaksinasi wajib dan vaksinasi tambahan. Namun pada ulasan kali ini kita akan membahas vaksinasi wajib bagi anjing yang tidak boleh dilewatkan. Berikut ulasannya!


Vaksinasi Wajib Bagi Anjing Yang Sebaiknya Diperhatikan

Sesuai dengan namanya, vaksinasi wajib bagi anjing merupakan vaksin yang harus diberikan sesuai dengan jadwal dan semestinya jangan dilewatkan. Dan berikut ini 5 jenis vaksin wajib bagi anjing yang sebaiknya diperhatikan:


Vaksin Distemper

Distemper merupakan penyakit menular serta berbahaya pada anjing yang disebabkan oleg virus. Infeksi virus ini bisa ditularkan pada anjing melalui udara serta peralatan makanan yang digunakan bersamaan dengan hewan lain yang terinfeksi.

Apabila tidak dicegah dengan vaksin, penyakit ini bisa menyebabkan kerusakan otak permanen dan gangguan pernapasan. Selain itu, distemper juga bisa menyebabkan diare, kejang, dehidrasi dan kesulitan menelan.

Jadwal pemberian vaksin distemper pada anjing dimulai ketika usia 6-16 minggu, vaksin kedua ketika usia diatas 16 minggu dengan jarak 3-4 minggu. Setelah vaksin 1&2 dilanjutkan vaksin booster pertama diberikan setelah 1 tahun vaksinasi penuh dan vaksin booster kedua setiap 3 tahun.


Vaksin Hepatitis

Hepatitis pada anjing merupakan infeksi virus menular yang umumnya menyerang hari, paru-paru, ginjal, mata dan limpa. Penyakit ini disebabkan oleh virus adenovirus type-1 yang berbeda dengan virus hepatitis pada manusia.

Hepatitis pada anjing umumnya bisa ditularkan melalui urine, air liur serta tinja anjing yang telah terinfeksi virus. Jika tidak terlindungi oleh vaksin maka anjing yang terkena penyakit ini akan mengalami kerusakan hati yang sangat parah bahkan hingga kematian.

Vaksin hepatitis bisa diberikan pada usia anjing menginjak 6-16 minggu dengan jarak 3-4 minggu. Sedangkan vaksin booster bisa diberikan pada anjing setiap 3 tahun sekali.


Vaksin Parvovirus

Parvovirus menjadi salah satu penyakit pada anjing yang sangat menakutkan. Pasalnya penyakit ini akan menyerang saluran pencernaan sehingga anjing akan mengalami gejala tidak nafsu makan, diare, muntah, demam, dehidrasi dan buang air besar berdarah.

Parvovirus umumnya menyerang anjing berusia 4 bulan yang belum divaksinasi. Hingga saat ini infeksi parvovirus belum bisa diobati namun bisa dicegah melalui vaksinasi. Pemberian vaksin parvovirus ini bisa diberikan saat berusia 6-16 minggu. Vaksin kedua bisa diberikan saat anjing berusia diatas 16 minggu dengan jarak waktu maksimal 1 bulan.


Vaksin Rabies

Seperti yang diketahui bahwa rabies merupakan salah satu penyakit yang menyerang sistem saraf, otak dan sumsum tulang belakang, Hampir semua mamalia, termasuk manusia dan anjing bisa tertular rabies. Biasanya rabies pada anjing sering ditularkan melalui gigitan.

Penyakit ini bisa menyebabkan gangguan pada sistem saraf serta berakibat fatal. Walaupun merupakan penyakit berbahaya, namun rabies bisa dicegah dengan cara vaksinasi rabies. Vaksinasi bisa dilakukan pada anak anjing usia 16 minggu atau dibawahnya.

Vaksin rabies merupakan salah satu jenis vaksin yang perlu diperhatikan secara khusus. Berdasarkan data WHO, penyebaran penyakit rabies ke manusia adalah sebagian besar berasal dari anjing yang menderita rabies. Penyakit ini selain bisa berakibat fatal bagi hewan, bisa juga berakibat fatal bagi manusia.


Vaksin PiBr

Vaksinasi wajib bagi anjing terakhir yaitu vaksin PiBr yang merupakan salah satu vaksin untuk mencegah anjing terserang penyakit parainfluenza serta bordatella. Kedua penyakit ini umumnya akan menyerang saluran pernapasan sehingga akan membuat anjing merasa tidak nyaman. Walaupun tidak mematikan anjing peliharaan yang terserang penyakit ini tanpa di vaksinasi dan tidak ditangani akan memiliki umur pendek.


Nah itulah vaksinasi wajib bagi anjing yang sebaiknya anda ketahui dan jangan sampai dilewatkan. Vaksinasi menjadi langkah yang paling tepat untuk menjaga kesehatan anjing kesayangan anda. Pada hakekatnya, saat memutuskan untuk memelihara hewan peliharaan anda tak hanya dituntut untuk memberikannya kasih sayang, tempat tinggal yang layak dan makanannya saja melainkan menjamin kesehatan dan umurnya lebih panjang. Semoga bermanfaat!

Comments


Post: Blog2 Post
bottom of page