• admin

Penyebab Kucing Tidur Terus Dan Tidak Mau Makan & Solusinya


foto oleh unsplash


Memelihara kucing ternyata tidak semudah kelihatannya. Ada saja hal-hal yang membuat khawatir dan sedih, salah satunya kucing tidur terus dan tidak mau makan. Banyak asumsi mengenai penyebab kucing banyak tidur. Mulai dari faktor makanan sampai dengan faktor kesehatan kucing. Yuk kenali lebih dalam penyebabnya.


Penyebab Kucing Banyak Tidur dan Susah Makan

Ada beberapa penyebab kucing menjadi malas makan dan lebih suka tidur. Tapi Anda tidak perlu khawatir, karena setiap masalah pasti ada solusinya. Berikut adalah beberapa penyebab dan cara mengatasi kucing tidur terus:

1. Kucing Merasa Jenuh

Jangan salah, kucing juga bisa merasakan jenuh. Apalagi kalau makanannya itu-itu saja. Bahkan kucing juga akan merasa bosan jika Anda tidak pernah memperhatikannya.

Sebagai pemilik yang bertanggungjawab, sudah sepantasnya untuk mengajak kucing bermain. Sesekali berikan makanan yang bervariasi agar kucing tidak merasa jenuh untuk menyentuh makanannya.

Kadang makanan yang sudah lama dan tidak higienis juga mempengaruhi nafsu makan kucing. Untuk Anda yang memberikan wet food, pastikan makanan kucing tersebut dalam kondisi baik karena wet food lebih mudah rusak/basi. Simak tips menyimpan wet food disini.

2. Kucing Sakit

Faktor penyebab kucing malas makan dan lebih suka tidur berikutnya adalah kucing sedang sakit. Biasanya masalah kesehatan kucing meliputi muntah-muntah, penyakit mulut, bahkan anemia.

Kondisi anemia pada kucing biasanya disebabkan warna gusi yang lebih pucat. Kalau kucing Anda terlihat lemas dan tidak bersemangat, coba periksa kondisi mulutnya. Jika kurang memahami tentang kucing, bawa saja ke dokter hewan terdekat guna pemeriksaan yang lebih tepat.

3. Kucing Hamil

Selain jenuh dan sakit, kucing banyak tidur biasanya disebabkan oleh kehamilan. Kondisi ini bisa dikatakan wajar karena kucing hamil umumnya membutuhkan jam tidur yang lebih banyak daripada kucing yang tidak hamil.

4. Perubahan Suhu Drastis

Ternyata perubahan suhu akan berpengaruh pada nafsu makan si kucing. Biasanya kondisi cuaca yang naik drastis akan membuat kucing susah makan dan lebih banyak minum. Begitu pula jika suhu terlalu dingin, kucing lebih suka bermalas-malasan dan menghabiskan waktu untuk tidur.

5. Mengatasi kucing susah makan

Coba lakukan beberapa percobaan untuk melihat nafsu makan kucing. Misalnya dengan memberikan makanan dengan rasa dan bentuk berbeda. Selain itu, belilah makanan kucing sesuai kebutuhan, jangan sampai terlalu lama hingga kadaluarsa.

Kucing yang tidak mau makan bukan hal yang bisa diabaikan begitu saja ya Pawrent. Anda bisa mengamatinya untuk mengetahui penyebab utama.

Jika ternyata penyebabnya terletak pada makanan, Anda bisa membeli makanan baru khusus kucing yang terdapat di Petshop terdekat. Mau tahu lebih lanjut mengenai penyebab kucing tidur terus dan tidak mau makan atau info-info lain? Langsung saja follow akun Instagram @kawan.hewan.


Demikian, sekilas tentang penyebab kucing tidur terus dan tidak mau makan serta cara mengatasinya. Jangan anggap remeh gejala ini ya karena bisa mengganggu kesehatan si meong. Semoga bermanfaat!

0 views0 comments