Penyebab Kucing Muntah Busa Putih Dan Cara Mengobatinya


foto oleh unsplash


Kucing muntah busa warna putih pastinya mengkhawatirkan bagi kita yang memeliharanya.

Terkadang rasa takut tersebut sering membuat Pawrent justru merasa panik hingga tidak dapat berpikir bagaimana mengatasinya. Lantas, apa penyebab dan bagaimana mengobatinya? Mari simak penjelasannya di bawah ini.


Telat Makan

Jika kucing sering muntah busa putih kemungkinan ada masalah dengan pencernaannya. Biasanya ini terjadi karena seringnya kucing telat mendapatkan makanan. Hal ini sebaiknya menjadi perhatian betul untuk Anda sebagai Pawrent, karena jika sering terjadi hal yang demikian tersebut justru bisa membahayakan nyawanya sendiri.

Penyebab kucing muntah busa karena tak diberi makan, sehingga perut mereka kosong dan iritasi. Jangan buru-buru memberinya makan, karena justru bisa membawa masalah besar dan menambah iritasi yang cukup parah. Sebaiknya Anda memberinya minum supaya tidak mengalami dehidrasi yang membahayakan.


Menelan Sesuatu

Ada penyebab lainnya yang bisa membuat kucing mengalami muntah busa putih, yaitu karena menelan sesuatu benda. Hal tersebut mengakibatkan perut kucing mengalami luka atau iritasi sehingga membuatnya tidak nafsu makan. Pada akhirnya kucing akan mengalami mual dan kemudian muntah busa berwarna putih.

Obat alami kucing muntah busa putih salah satunya adalah memberinya daging dengan kadar lemak yang rendah, tapi cara ini perlu waktu agar dapat berefek.

Namun jika keadaan sudah semakin parah, alangkah baiknya untuk membawanya ke dokter hewan. Untuk yang berada di Gresik, Pawrent bisa mencoba datang ke Kawan Hewan Pet Care Expert. Alamatnya ada disini ya.


Infeksi Cacing

Pada kasus kucing muntah busa berwarna putih karena infeksi cacing memang biasanya disertai dengan diare. Ada tanda lain di mana bau kotoran kucing tersebut menyengat, berarti kemungkinan adanya infeksi cacing. Pada beberapa kasus, kucing dapat mengalami lemas karena kehabisan tenaga karena muntah. Hal ini kalau terus berlangsung tentu dapat mengancam nyawa si meong.

Cara mengobati kucing muntah busa putih pada kasus ini, sebaiknya jangan langsung panik atau memberinya makanan. Cobalah untuk membiarkannya puasa namun tetap memberinya banyak minum. Usahakan untuk membawanya ke dokter hewan terdekat untuk mendapatkan penanganan yang tepat dan terbaik di sana.


Keracunan

Alasan lain yang menjadi penyebab jika Kucing mengalami muntah busa berwarna putih ialah karena keracunan. Cara mengobati kucing muntah busa seperti ini memang sebaiknya perlu penanganan dari dokter. Biasanya untuk kasus ini seperti keracunan racun tikus (oleh sebab itu sebaiknya pawrent tidak menggunakan racun tikus untuk mengatasi hewan pengerat ini, namun menggunakan jebakan tikus) atau zat lainnya yang berbahaya bagi perut kucing itu.

Setelah melihat beberapa penyebab dan cara mengatasi kucing muntah busa warna putih di atas, apakah Pawrent sudah punya sedikit gambaran? Bagaimanapun, penanganan yang tepat dan terbaik ialah dibawa kepada ahlinya. Klinik Kawan Hewan dengan akun IG @kawan.hewan bisa jadi solusi yang tepat.


Nah itulah sekilas tentang penyebab kucing muntah busa putih dan cara penangananya. Semoga bermanfaat.


Baca juga : Cat Lovers Perlu Tahu! Inilah Tanda-Tanda Kucing Dehidrasi Dan Cara Mengatasinya!
11 views0 comments