Berikan Perawatan dan Makanan yang "Pas" untuk Kucing Menyusui

Updated: Sep 15


foto oleh unsplash


Pencinta kucing pastinya harus mempersiapkan perawatan beberapa fase yang dialami oleh kucing. Terutama setelah kucing mengalami fase melahirkan. Induk perlu asupan nutrisi makanan untuk kucing menyusui.

Anak kucing membutuhkan asi dari seorang induknya karena belum bisa memakan makanan sendiri. Agar menghasilkan asi yang lancar dan berlimpah, maka induk perlu nutrisi yang cukup. Bukan hanya nutrisi, tetapi vitamin juga dibutuhkan oleh induk yang sedang menyusui.

Susu pada induk kucing mengandung antibodi yang baik untuk kesehatan anak kucing. Inilah beberapa jenis makanan untuk kucing menyusui.

Makanan untuk Kucing Menyusui

Berikan beberapa jenis makanan ini yang baik untuk induk kucing yang sedang menyusui. Sama halnya dengan manusia, anak kucing juga perlu asi sebagai sumber makanannya.

1. Daging

Sebagai hewan karnivora, kucing akan lebih suka dengan makanan yang berasal dari daging. Sebaiknya, jika ingin memberikan asupan dengan daging lebih baik daging yang sudah direbus atau digoreng.

2. Ikan

Seperti yang diketahui, ikan memiliki kandungan protein dan asam amino yang baik bagi tubuh. Ternyata manfaat ini juga baik untuk kucing yang menyusui. Namun, ada baiknya jika memberikan kebutuhan ikan tidak terlalu berlebihan.

3. Madu

Bukan hanya sebagai daya tahan tubuh saja, madu juga dapat menambah nafsu makan. Hal ini membantu induk kucing untuk tidak lemas setelah melahirkan. Namun, sebaiknya berikan madu yang asli jangan madu yang bercampur dengan bahan kimia. Pemberian madu ini sebagai suplemen saja, jadi tidak perlu terlalu banyak.

4. Makanan kucing

Berikan makanan kucing yang bagus untuk induk yang sedang menyusui. Makanan khusus kucing, apalagi untuk kucing yang menyusui sudah terjual bebas di toko khusus kebutuhan hewan peliharaan. Jika Anda tidak punya waktu untuk mengolah, makanan kucing ini solusinya.

5. Susu

Susu ini menjadi kandungan protein dan kalsium yang cukup tinggi sehingga baik untuk induk yang menyusui. Bagi sebagian pencinta kucing pasti sudah mengetahui, bahwa kucing tidak dapat mengonsumsi susu sapi.

Masih banyak makanan untuk kucing menyusui yang baik dan dapat menambah nutrisi. Selain konsumsi yang baik untuk induk kucing, dibutuhkan juga tempat yang nyaman untuk induk yang menyusui.

Masih banyak makanan untuk kucing menyusui yang baik dan dapat menambah nutrisi. Selain konsumsi yang baik untuk induk kucing, dibutuhkan juga tempat yang nyaman untuk induk yang menyusui.

Perawatan untuk Kucing Menyusui

Induk kucing juga perlu lingkungan yang nyaman setelah melahirkan dan dalam proses menyusui. Maka, inilah beberapa cara perawatan untuk induk kucing.

1. Tempat hangat dan kering

Berikan tempat yang hangat dan kering untuk induk yang baru melahirkan. Hal ini bukan hanya berguna untuk induknya saja, melainkan juga untuk anak kucing. Anak kucing masih belum dapat mengatur suhu tubuhnya hingga tiga minggu.

Gunakan bantal atau handuk dalam kandang untuk memberikan kehangatan pada kucing. Usahakan handuk yang digunakan tidak sobek, agar anak kucing tidak terlilit. Pastikan juga handuk dalam keadaan kering, tidak basah dan kedinginan.

2. Pemeriksaan terhadap kucing setelah melahirkan

Induk kucing yang baru melahirkan tidak jauh-jauh dari beberapa penyakit. Seperti halnya penyakit yang terjadi pada kelenjar susu yang menyebabkan tersumbat. Atau infeksi-infeksi lainnya. Pemeriksaan dilakukan agar anak kucing juga tetap dalam kondisi sehat.

3. Memberikan makanan tinggi protein dan mineral

Berikan makanan yang tinggi protein serta mineral untuk induk yang menyusui. Lagi-lagi akan berkaitan dengan asi yang diberikan kepada anak kucing. Selain itu, juga agar anak kucing tumbuh dengan sehat.

Pastikan tempat serta makanan untuk kucing menyusui dapat membuat induk menjadi nyaman dan bernutrisi. Lakukan pengecekan rutin pada kucing yang baru melahirkan, agar terhindar dari penyakit-penyakit.


Baca juga : Apa Makanan Kucing yang Bagus? Ini Dia Jawabannya

8 views0 comments