Wajib Tahu! Inilah Perbandingan Daging Kelinci Dan Daging Lain Yang Tak Boleh Terlewatkan!


foto oleh unsplash


Jika kini ada beberapa kalangan orang di belahan dunia yang tidak biasa mengkonsumsi daging kelinci, namun lain halnya dengan Indonesia. Ya, Indonesia menjadi salah satu negara dimana daging kelinci merupakan makanan yang sudah lama diperjualbelikan serta dinikmati oleh masyarakat. Daging kelinci memang sudah lama diolah untuk dikonsumsi misalnya dalam bentuk sate.

Tak hanya dijadikan sebagai hewan peliharaan saja, ternyata kelinci juga merupakan hewan yang bisa dikonsumsi. Daging kelinci bisa menjadi alternatif sumber protein yang sangat baik selain daging ayam, daging sapi ataupun hewan ternak lainnya. Namun beberapa fakta menyebutkan jika terdapat perbandingan daging kelinci dan daging lain. Untuk lebih jelas simak ulasannya berikut ini!


Perbandingan Daging Kelinci Dan Daging Lain Serta Manfaatnya!

Tahukah anda? Kelinci termasuk hewan yang memiliki daging putih dengan nutrisi terbaik dibandingkan dengan daging dari hewan lain yang memiliki daging putih. Bukan hanya itu saja, daging kelinci juga mengandung lebih banyak protein yang mudah dicerna oleh tubuh.

Dibandingkan dengan daging hewan lain, daging kelinci juga mengandung lebih sedikit lemak dan kalori sehingga daging kelinci hampir bebas dari kolesterol. Karena itulah daging kelinci sangat direkomendaiskan untuk dikonsumsi karena daging tersebut tidak berbahaya untuk kesehatan jantung. Selain hal tersebut, terdapat beberapa perbandingan daging kelinci dan daging lain. Berikut beberapa perbandingannya:

  • Daging kelinci fresh memiliki rasa yang jauh lebih enak serta tidak begitu kuat dibandingkan dengan daging kambing serta daging sapi.

  • Daging kelinci mengandung kandungan kalsium dan fosfor yang lebih banyak dibandingkan dengan daging lainnya.

  • Kelinci memiliki lebih banyak daging yang bisa dimakan dibandingkan dengan daging lain khususnya jika dibandingkan dengan daging ayam.

  • Daging kelinci mengandung kadar garam (sodium) yang lebih sedikit dibandingkan dengan daging hewan lain.

Lantas, Apa Manfaat Daging Kelinci?

Setelah anda mengetahui perbandingan daging kelinci dan daging lain, pastinya anda juga penasaran bukan apa saja manfaat dari daging kelinci? Nah, dari pada bingung dan penasaran, berikut ini beberapa manfaat daging kelinci yang wajib anda ketahui:


Mencegah Penyakit Jantung

Mengkonsumsi daging dengan kandungan lemak jenuh sangat tinggi seperti daging sapi ataupun daging babi akan membuat seseorang beresiko mengalami penyakit jantung. Daging kelinci merupakan alternatif asupan protein dengan kandungan lemak jenuh sangat kecil sehingga bisa mencegah penyakit jantung.


Menurunkan Tekanan Darah

Daging kelinci mengandung sodium yang rendah sehingga tidak menyebabkan penumpukan cairan sekaligus bisa menjaga tekanan darah agar tetap normal. Untuk anda yang sedang menderita tekanan darah tinggi, daging kelinci tentu saja bisa menjadi pilihan protein yang aman.


Dapat Mengurangi Berat Badan

Untuk anda yang sedang menjalani program diet namun tetap ingin mendapatkan asupan protein, maka daging kelinci bisa menjadi alternatif. Ya, penelitian menyebutkan bahwa daging kelinci mengandung nutrisi sama dengan ikan sehingga bisa menjadi salah satu asupan protein yang baik untuk menjaga berat badan.

Namun tetap konsumsilah daging kelinci dengan tidak berlebihan ya! Karena sesuatu yang berlebihan tetap akan membawa masalah bagi tubuh kita.


Itulah beberapa manfaat dan perbandingan daging kelinci dan daging lain. Namun sebelum anda mengkonsumsinya, pastikan anda juga tahu bagaimana cara aman untuk mengolah daging kelinci. Disarankan konsumsilah daging kelinci yang diolah dengan cara dikukus, ditumis ataupun ditumis. Ketiga cara ini menjadi cara paling aman agar anda bisa mendapatkan manfaat dari daging kelinci tersebut. Semoga bermanfaat!

16 views0 comments