5 Penyebab Kenapa Kelinci Mencret dan Cara Mengatasinya


foto oleh unsplash


Penyakit pada saluran pencernaan adalah sesuatu gangguan kesehatan yang waja ditemui pada kelinci. Salah satu bentuknya yang rentan dialami kelinci adalah mencret.

Mencret ini jika tidak diobati bisa berakibat kematian. Segera cek penyebab kenapa kelinci mencret dan atasi secepatnya. Hal ini dapat memperpanjang harapan hidup hewan lucu ini.

Mencret atau diare yang dialami kelinci bisa diamati dengan adanya beberapa gejala, seperti bentuk kotoran yang lebih cair dari biasa. Kemudian suhu dingin di perut dan telinga kelinci, juga nafsu makan berkurang, dan kelinci berubah jadi pendiam. Jangan abaikan kondisi tersebut ya.


5 Penyebab Kenapa Kelinci Mencret

Lima penyebab berikut ini sering jadi penyebab kenapa kelinci diare, coba Anda kenali satu persatu. Jika memang kelinci yang Anda pelihara mengalami salah satu penyebab berikut, kunjungi dokter hewan terdekat untuk mendapat pengobatan yang sesuai.


Stres

Penyebab paling umum kenapa kelinci mencret adalah stres yang dialami kelinci dengan lingkungan di sekitarnya. Biasanya terjadi ketika kelinci baru dipindahkan ke lokasi baru. Pada proses adaptasi ada yang mengalami diare namun masih dalam tahap ringan jika langsung diatasi.

Alasannya, diare ini hanya disebabkan metabolisme yang terganggu untuk sementara waktu.


Pola Makan

Kesalahan pola makan dan jenis makanan yang diberikan juga bisa menjadi sebab kelinci diare, mulai dari kategori ringan hingga parah. Contohnya ketika Petizen memberikan makanan yang berbahaya untuk kelinci, seperti alpukat, makanan manis, atau sayur yang teksturnya kasar.

Ingat, pakan kelinci di habitat alaminya adalah rerumputan kering (hay). Untuk kelinci mini atau kelinci hias peliharaan, jenis makanan ini sebagian besar digantikan oleh pellet yang bisa didapat di petshop terdekat.


Diet

Ada pemilik kelinci yang melakukan diet makanan untuk peliharaan mereka, dengan alasan kesehatan. Tapi, ketika dilakukan tanpa prosedur dan anjuran dokter tentu dampaknya bisa membahayakan kesehatan. Hal itulah yang menyebabkan kenapa kelinci mencret berkepanjangan.

Pada sejumlah kasus, diet pada kelinci bisa berakibat kandungan karbohidrat berlebih pada tubuh kelinci begitu juga dengan serat. Sehingga tubuhnya sulit untuk mencerna secara maksimal.


Racun

Membiarkan kelinci berkeliaran di sekitar rumah tanpa pengawasan, sangat rentan menyebabkannya terkena racun. Bisa dari makanan yang ditemukannya dan dimakan atau bahan lain yang secara tak sengaja dijilat dan dikonsumsinya.

Kondisi tersebut bisa jadi sebab kelinci mencret, jika tidak dilakukan upaya penanganan cepat tentu dampaknya bisa membahayakan nyawa kelinci.

Anda juga sebaiknya lebih berhati hati lagi jika berkaitan dengan bahan beracun atau yang berbahaya bagi kelinci. Kelinci memiliki keunikan yaitu tidak memiliki otot yang dapat digunakan untuk muntah. Berbeda dengan anabul lain yang bisa memuntahkan bahan beracun jika tidak sengaja menelannya.


Infeksi dan Sakit

Sejumlah penyakit yang teridentifikasi pernah dialami kelinci memiliki salah satu ciri, yaitu diare. Bisa jadi akibat infeksi bakteri atau virus yang menyerang saluran pencernaan contohnya rotavirus atau coccidia.

Bisa juga akibat kanker jenis GI Neoplasma yang menyerang bagian lambung, akibat makanan atau zat tertentu yang memicu munculnya sel kanker. Oleh karena itu, perlu pemahaman yang jelas tentang penyebab kenapa kelinci bisa mencret supaya Petizen bisa mengambil tindakan dengan lebih tepat.


Bagaimana Cara Mengobati Mencret Pada Kelinci?

Untuk mengatasi masalah mencret atau diare tidak bisa sembarangan. Anda perlu melakukan konsultasi dengan dokter hewan, karena beda penyebab akan beda pula cara untuk menanganinya.

Buat Anda yang ada di Gresik, bisa langsung datang ke Kawan Hewan, di mana Anda bisa berkonsultasi tentang kondisi kelinci. Buat yang di luar daerah Gresik tentu jangan abaikan untuk konsultasi ke dokter hewan terdekat.

Mulai sekarang jangan abaikan ketika kelinci peliharaan Anda mengalami diare. Kenali kenapa kelinci mencret, hubungi dokter hewan, dan lakukan pengobatan yang dianjurkan hingga kondisi kelinci kembali pulih.


Semoga bermanfaat!


Baca juga : Kumpulan Fakta Unik Tentang Kelinci Yang Mungkin Belum Anda Ketahui
5 views0 comments