• admin

Inilah Perbedaan Kucing Maine Coon Dan Norwegian Forest Yang Hampir Serupa Tapi Tak Sama!


foto oleh Pexels


Seperti yang kita ketahui bahwa saat ini ada banyak sekali ras kucing yang bisa dijadikan sebagai hewan peliharaan. Setiap ras pastinya memiliki keunikan sehingga tak heran mereka memiliki daya tarik tersendiri yang membuatnya bernilai jual sangat mahal ataupun banyak dipilih sebagai peliharaan. Namun tahukah anda? Diantara banyaknya ras kucing yang kini ada, banyak sekali orang yang masih bingung membedakan antara kucing maine coon dan norwegian forest. Lalu, apa sebenarnya perbedaan dari kucing maine coon dan norwegian forest? Simak berikut ulasannya!


Serupa Tapi Tak Sama, Inilah Perbedaan Kucing Maine Coon Dan Norwegian Forest

Walaupun kini sudah banyak sekali ras kucing yang bisa dijadikan sebagai hewan peliharaan, namun tidak sedikit orang yang masih bingung membedakan antara ras kucing satu dengan yang lainnya. Bahkan, ada beberapa ras kucing yang ternyata jika dlihat kasat mata hampir mirip. Misalnya saja seperti kucing maine coon dan norwegian forest.

Banyak sekali orang yang menyebutkan bahwa kucing maine coon mirip dengan norwegian forest, begitupun sebaliknya. Banyaknya orang yang keliru dengan maine coon dan norwegian forest merupakan hal yang cukup wajar, pasalnya kedua kucing ini merupakan ras kucing besar yang memiliki bulu halus dan panjang. Selain itu, kedua kucing ini juga terkenal karena ukurannya yang besar dan ramah terhadap manusia sehingga banyak yang memilihnya untuk dipelihara.

Walaupun terdapat kesamaan dua kucing ini, tentu saja terdapat perbedaan yang cukup menonjol namun tidak disadari karena teralihkan oleh ukurannya yang hampir sama. Lantas, apa saja perbedaan kucing maine coon dan norwegian forest? Berikut yang bisa anda lihat:


Berat Badan

Perbedaan kucing maine coon dan norwegian forest pertama bisa dilihat dari berat badannya. Walaupun sama-sama memiliki bobot badan yang besar, namun jika ditimbang tentu maine coon memiliki berat badan lebih besar dari norwegian forest.

Berat badan maine coon bisa mencapai 25 pound atau 11,3 kg. Sementara norwegian forest betina hanya memiliki berat badan 9 pound – 12 pound (4 hingga 5,4 kg) dan untuk norwegian forest jantan berat badannya bisa mencapai 16 pound atau 7,3 kg.


Kepala Dan Ekor

Selain dari berat badan, perbedaan lain bisa anda lihat dari kepala dan ekornya. Perbedaan ini tentu sangat menonjol diantara keduanya dimana norwegian forest memiliki kepala segitiga dengan dahi yang datar. Sementara kucing maine coon memiliki bentuk kepala seperti baji dengan tulang pipi yang besar. Dengan melihat bentuk kepalanya tentu saja anda bisa membedakan mana kucing norwegian forest dan maine coon.


Tak hanya dilihat dari perbedaan kucing maine coon dan norwegian forest secara fisik yang telah dijelaskan diatas saja. Dari karakter kedua kucing ras ini juga tentu jelas berbeda. Maine coon terkenal dengan kecerdasannya serta kemampuannya untuk mempelajari hal baru dengan cepat.

Kucing maine coon bisa dilatih untuk diajak jalan-jalan serta diikat dengan menggunakan harnes ataupun tali tuntun sehingga banyak yang menyebutnya “anjing dari dunia kucing”. Sementara norwegian forest tidak menyukai hal ini. Walaupun bisa bersahabat dengan manusia, namun kucing ini tidak suka dipangku dan diatur. Mereka akan melakukan aktivitasnya sendiri sesuai dengan keinginannya.


Nah itulah beberapa perbedaan kucing maine coon dan norwegian forest yang tentu saja perlu anda ketahui. Dengan adanya ulasan mengenai perbedaan diatas, maka jangan sampai anda salah lagi membedakan antara kucing maince coon dan norwegian forest, ya!


Semoga bermanfaat!

17 views0 comments