• admin

Cat Lovers Wajib Tahu! Inilah Pertolongan Pertama Pada Kucing Sakit Paling Mudah Diterapkan!


foto oleh unsplash


Hallo cat lovers, tentunya anda akan merasa galau ketika hewan bulu anda tidak seaktif (atau ceria) seperti biasanya. Sama halnya seperti manusia, hewan kesayangan juga bisa sakit loh! Salah satunya seperti kucing. Ya, hewan berbulu satu ini ternyata bisa sakit juga. Beberapa jenis penyakit yang kerap menyerang kucing juga umumnya disebabkan oleh virus. Sebagai majikan tentu saja anda wajib tahu bagaimana pertolongan pertama pada kucing sakit.

Ketika melihat hewan peliharaan anda terlihat lesu ataupun kurang aktif terkadang membuat kita merasa sedih. Terdapat beberapa penyebab kucing yang biasanya aktif menjadi terlihat lesu, bisa jadi penyebabnya sendiri yaitu karena kucing anda sedang tidak sehat atau sakit. Saat mengetahui jika kucing sedang sakit, pastinya anda akan langsung membawanya ke dokter hewan. Padahal, terdapat cara yang bisa anda lakukan sebagai pertolongan pertama pada kucing sakit.


Berikut Ini Pertolongan Pertama Pada Kucing Sakit Yang Sebaiknya Cat Lovers Ketahui!

Mengetahui hewan peliharaannya sedang sakit, semua pemilik pastinya akan melakukan berbagai cara agar hewan peliharaannya bisa sehat kembali. Salah satu cara yang paling tepat yaitu dengan membawanya ke dokter hewan terdekat. Namun sebelum anda memutuskan untuk pergi ke dokter hewan, terdapat beberapa cara yang bisa anda lakukan.

Berikut ini pertolongan pertama pada kucing sakit dan hal yang perlu anda ketahui terlebih dahulu:


Kenali Terlebih Dahulu Gejalanya

Sebelum melakukan tindakan, ada baiknya jika anda mengenali terlebih dahulu gejalanya. Jika anda sudah lama memelihara hewan berbulu ini, tentu saja anda sudah tahu betul bagaimana karakter dan keaktifannya.

Namun jika di hari ini kucing anda lebih banyak diam, kehilangan nafsu makan serta terlihat lesu maka dipastikan ada yang tidak beres dengan tubuhnya. Anda juga jangan hanya mengenali dari tingkahnya saja, lihat juga tubuhnya apakah ada yang luka atau tidak. Mengenali terlebih dahulu gejala ini akan memudahkan anda untuk tindakan selanjutnya.

Selain itu, perhatikan juga suhu tubuh si mpus. Demam merupakan salah satu gejala paling dapat diukur dan sering muncul pada saat anabul mengalami gangguan kesehatan. Cara mengukur suhu tubuh kucing pun cukup sederhana.


Baca juga : Mudah Dan Simpel, Inilah Cara Mengukur Suhu Tubuh Kucing Paling Efektif

Jaga Kenyamanan Ketika Beristirahat

Ketika sakit ataupun terluka, umumnya kucing akan tidur lebih lama. Nah waktu tidur yang lebih lama ini yaitu sebagai cara untuk memulihkan kembali kesehatannya. Sebagai pertolongan pertama pada kucing sakit, sebaiknya anda menyiapkan tempat tidur yang nyaman serta tenang. Siapkan juga tempat tidur yang empuk misalnya dengan menyiapkan kandang kecil yang ditambah dengan kain tebal atau bantal khusus kucing.


Jagalah Tubuhnya Agar Tetap Terhidrasi

Seperti yang kita ketahui bahwa kucing merupakan salah satu hewan yang jarang minum karena biasanya asupan cairan untuk tubuhnya dari makanan yang dimakannya. Namun ketika sedang sakit, biasanya kucing anda akan terlihat kesulitan makan padahal agar kondisinya tetap stabil mereka harus terus terhidrasi.

Sebagai pemilik anda disarankan untuk selalu menjaga kucing tetap terhidrasi dengan menyediakan air minum tepat didekatnya. Agar kucing anda tertarik dengan minuman yang disediakan, anda bisa menambahkan rasa pada air tersebut misalnya seperti menambahkan kaldu ayam. Jika si mpus menunjukkan tanda sakit, sebaiknya jangan beri air keran ya. Rebus air terlebih dahulu agar lebih sehat atau beri air minum.


Memberikan Makan

Sama halnya dengan minum, kucing yang sakit juga membutuhkan banyak nutrisi untuk memulihkan kembali kondisinya. Petolongan pertama pada kucing sakit bisa anda lakukan dengan memberikannya makanan yang disukai. Simpanlah mangkuk makanannya di tempat yang mudah dijangkau.

Itulah beberapa pertolongan pertama pada kucing sakit yang wajib anda ketahui. Ulasan diatas merupakan cara-cara paling dasar yang perlu anda ketahui. Namun yang perlu anda ingat lagi bahwa setiap sakit yang dialami, akan beda lagi pertolongannya. Misalnya seperti beberapa gejala berikut:


·Luka Atau Pendarahan, pertolongan pertama yang bisa anda lakukan yaitu:

  1. Membersihkan bulu sekitar luka.

  2. Membalut luka dengan kain bersih atau verban.

  3. Bersihkan luka.


·Patah Tulang, pertolongan pertama yang bisa anda lakukan yaitu:

  1. Batasi ruang gerak kucing anda.

  2. Jika memungkinkan, beri penopang kaki dengan mengikat koran ataupun kerta lainnya pada kaki yang patah.

Untuk diare, keracunan dan muntah muntah, sebaiknya kucing segera dirawat oleh tenaga kesehatan profesional (dokter hewan).


Demikian sekilas tentang pertolongan pertama pada kucing sakit yang wajib cat lovers ketahui. Hal-hal diatas merupakan pengetahuan dasar yang harus diketahui oleh semua pemilik hewan peliharaan khususnya anabul. Jika sakit berlanjut, segera datang ke dokter hewan terdekat. Jangan terlalu lama menunggu ya.

Semoga bermanfaat!

23 views0 comments