top of page

Mengenal Primordial Pouch Pada Kucing Yang Jarang Diketahui!


foto oleh flickr


Mempunyai kucing yang gemuk dengan perut terlihat besar memang sangat menggemaskan. Namun tahukah Anda? Ternyata perut kucing yang terlihat buncit seperti manusia bukan berarti kucing tersebut memiliki berat badan berlebih saja, melainkan ada faktor lain yang menjadi pemicunya. Perut kucing yang terlihat buncit bisa jadi karena organ primordial pouch atau yang disebut juga dengan kantung primordial. Oh ya video primordial pouch juga ada di akun media sosial kawan hewan berikut ini.

Apa Itu Primordial Pouch Pada Kucing?

Primordial pouch merupakan lapisan kulit yang terdiri dari lemak berlebih pada bagian bawah tubuh atau perut. Kantung primordial ini terletak di sepanjang perut kucing. Setiap kucing memiliki primordial pouch namun ukurannya berbeda-beda dan mungkin beberapa hampir tidak bisa terdeteksi.

Sebagai pemilik, Anda pastinya harus mengetahui apakah kucing peliharaan Anda memiliki kantung primordial besar atau memang kelebihan berat badan. Sama halnya seperti manusia, kelebihan berat badan pada kucing juga bisa menyebabkan masalah kesehatan seperti jantung, diabetes hingga radang sendi.

Hal yang cukup mudah untuk melihat primordial pouch pada kucing yaitu bisa dilihat ketika kucing sedang berlari. Kantung ini memiliki tekstur yang lembek menggelambir serta terasa seperti plastik berisi air. Jadi, ketika kucing sedang berlari, maka kemungkinan kantung tersebut akan mudah bergoyang/bergerak. Sementara kucing yang gemuk, umumnya memiliki tubuh yang bulat dan terlihat lambat ketika berlari.


Fungsi Primordial Pouch Pada Kucing

Menurut beberapa ahli, terdapat tiga fungsi dari primordial pouch pada kucing, walaupun memang hal ini belum diketahui secara pasti. Berikut ketiga fungsi dari primordial pouch pada kucing:


Melindungi Organ Tubuh Kucing Saat Berkelahi

Saat berkelahi dengan hewan lain, umumnya kucing akan saling menendang perut dengan kaki belakangnya seperti halnya kelinci. Nah, kantung primordial ini bisa menjadi bantalan dan perlindungan organ tubuh kucing ketika terjadi perkelahian. Jadi, kantung primordial ini bisa menjadi pelindung tubuh kucing bagian dalam agar tidak terjadi cedera.


Membantu Kucing Untuk Memanjangkan Tubuhnya Ketika Belari

Primordial pouch juga bisa membantu kucing bergerak lebih mudah ketika berlari karena sifatnya yang fleksibel. Hal ini tentu saja akan memudahkan kucing juga ketika memburu mangsa ataupun kabur dari kejaran lawan. Berkat adanya kantung ini, kucing bisa dengan mudah berlari kencang. Luar biasa bukan?


Untuk Menyimpan Cadangan Makanan

Sedangkan fungsi lain dari primordial pouch pada kucing selanjutnya yaitu untuk membantu menyimpan cadangan makanan di perutnya. Di alam liar, kucing umumnya bisa makan dua kali sehari namun ketersediaan jumlah mangsa juga mempengaruhi jumlah makanan yang dikonsumsi kucing. Kantung primordial ini menjadi tempat menyimpan makanan.

Berkat kantung primordial ini kucing bisa bertahan hidup tanpa makan selama berhari-hari. Dengan kata lain, ketika kucing tidak menemukan makanan mereka akan menggunakan cadangan makanan yang ada di kantung primordial untuk menambah energi.


Itulah sekilas tentang primodial pouch pada kucing beserta dengan fungsinya. Kantung ini juga ternyata tidak hanya dimiliki oleh kucing saja, bahkan kucing besar seperti harimau pun memiliki kantung primordial.

Kantung primordial ini belum banyak diketahui, pasalnya banyak yang mengira jika gelambir yang ada diperut kucing tersebut karena faktor kegemukan ataupun berat badan berlebih. Sama seperti bagian tubuh lainnya, primodial pouch pada kucing juga memiliki fungsi-fungsi yang sebenarnya bermanfaat untuk hewan berbulu ini. Jadi, tidak selamanya perut buncit pada kucing disebabkan karena gemuk, bisa jadi perut buncit tersebut karena kantung primordial kucing yang besar. Semoga bermanfaat!


Baca juga : Mengenal Fakta Kneading Pada Kucing: Inilah Alasan Mengapa Kucing Senang Melakukan Gerakan Memijat
21 views0 comments
Post: Blog2 Post
bottom of page