Inilah Fungsi Serta Manfaat Probiotik Untuk Budidaya Ikan Yang Sebaiknya Diketahui!


foto oleh unsplash


Hasil panen yang sangat berlimpah merupakan impian besar yang diharapkan oleh semua pembudidaya ikan. Hanya saja, untuk mendapatkan hasil tersebut tentu tidak semudah yang dibayangkan. Terdapat beberapa kendala yang kerap dihadapi oleh para pembudidaya misalnya seperti ikan terserang penyakit yang bisa menurunkan tingkat produktivitas bahkan kematian.

Namun segala kondisi yang dihadapi tersebut tentu saja bisa diatasi. Salah satu cara untuk mencegah terjadinya hal buruk yang tidak diharapkan, sebagai pembudidaya anda bisa menggunakan manfaat probiotik.


Sekilas Tentang Probiotik Untuk Budidaya Ikan

Perlu anda ketahui jika probiotik sudah ada sejak lama di dunia perikanan di Indonesia. Terlebih lagi ketika banyak sekali negara yang melarang penggunaan antibiotik untuk perikanan. Agar bisa bersaing di pasar ekspor, para pembudidaya ikan Indonesia mulai mengganti antibiotik dengan probiotik yang tentu lebih ramah lingkungan.

Probiotik sendiri merupakan mikroba yang sangat menguntungkan untuk ikan yang dibudidaya. Beberapa mikroba yang bisa digunakan yaitu seperti bakteri asam laktat mulai dari carnobacterium, lactobacillus dan kelompok bacillus serta pseudomonas. Bakteri lain juga dapat digunakan karena setiap produk biasanya memiliki bakteri spesifik sendiri.


Fungsi Dan Peran Probiotik Untuk Budidaya Ikan

Probiotik memiliki fungsi untuk mencegah penyakit dan membuat produktivitas ikan menjadi lebih meningkat. Dikarenakan begitu pentingnya probiotik maka tentu tak heran jika banyak sekali peneliti yang melakukan penelitian untuk menciptakan produk baru yang bagus untuk digunakan dalam indutri perikanan.

Walaupun sudah lama digunakan oleh para pembudidaya di Indonesia, namun sayang ternyata tidak sedikit pembudidaya yang belum mengetahui fungsi, peran dan memahami cara kerjanya sehingga penggunaannya belum efektif. Untuk itu berikut beberapa fungsi atau peran probiotik untuk budidaya ikan yang sebaiknya diketahui:

  • Untuk menekan populasi mikroba jahat yang umumnya berada di saluran pencernaan dengan berkompetisi untuk menempati ruang serta kesempatan mendapatkan nutrisi.

  • Bisa menghasilkan senyawa anti mikroba yang secara lansung bisa menekan pertumbuhan mikroba jahat serta mencegah terbentuknya kolonisasi mikroba.

  • Dapat menghasilkan senyawa yang bersifat immunostimulan yang bisa meningkatkan sistem imun dalam menghadapi serangan penyakit dengan cara meningkatkan kadar antibody serta aktivitas mikrofag.

Manfaat Probiotik Untuk Budidaya Ikan

Setelah anda mengetahui apa saja fungsi dan peran probiotik untuk budidaya ikan, tentu tak lengkap jika anda belum tahu apa saja manfaat probiotik ini. Probiotik merupakan mikro-ogranisme hidup yang umumnya bisa memberikan keuntungan bagi inangnya.

Ikan yang diberikan probiotik akan hidup lebih baik terutama dalam fungsi fisiologisnya karena ada bakteri baik yang sengaja dihinggapkan pada ikan. Dan berikut ini beberapa manfaat probiotik untik budidaya ikan:

1. Pencegahan Serta Pengobatan Berbagai Penyakit

Manfaat probiotik untuk budidaya ikan pertama yaitu sebagai pencegahan dan pengobatan berbagai penyakit. Probiotik bisa digunakan dalam pakan serta campuran pada media air. Penggunaan probiotik ini tentu sangatlah penting untuk pencegahan serta pengobatan berbagai penyakit pada ikan.

2. Sebagai Ketersediaan Pakan

Penggunaan probiotik merupakan alternatif dalam meningkatkan serta mempertahankan produktivitas ikan dengan biaya yang cukup murah. Dengan adanya probiotik ini maka bisa dipastikan proses degradasi bahan organik pada dasar kolam akan lancar sehingga menghasilkan zat untuk pertumbuhan plankton.

Bahan organik tersebut bisa digunakan langsung oleh fitoplankton dalam air untuk kelangsungan hidupnya. Nah, fitoplankton sendiri bisa digunakan untuk makanan bagi zooplankton sehingga jumlahnya akan sangat melimpah. Dengan begitu perairan di kolam akan menjadi subur. Zooplankton merupakan pakan alami untuk sebagian larva ikan sehingga ketersediaan pakan alami untuk ikan akan tetap terjaga.

3. Dapat Meningkatkan Produktivitas Budidaya

Manfaat probiotik untuk budidaya ikan berikutnya yaitu untuk meningkatkan produktivitas budidaya. Penggunaan probiotik dengan tepat bisa membuat panen lebih cepat serta tingkat kelulusan hidup akan sangat tinggi.

Probiotik bisa dicampurkan dengan pakan. Nah campuran probiotik dan pakan ini bisa membuat metabolisme serta sistem pencernaan ikan menjadi sempurna dimana 90% pakan yang dimakan akan dikonversi menjadi daging. Hal ini akan menurunkan Feed conversion ratio yang berujung pada efisiensi biaya.

4. Memperbaiki Lingkungan

Manfaat probiotik untuk budidaya ikan terakhir yaitu untuk memperbaiki lingkungan terutama kolam tempat budidaya. Probiotik merupakan produk yang sangat ramah lingkungan. Probiotik bisa memperbaiki kondisi lingkungan melalui proses bioremediasi sehingga akan menguntungkan ikan budidaya.

Salah satu contoh proses perbaikan ini adalah biasanya probiotik mengandung bakteri yang dapat memicu fermentasi feses ikan sehingga menurunkan kandungan amoniak yang berlebih dalam air. Hal ini akan dapat meningkatkan kadar oksigen terlarut (dissolve oxygen) sehingga ternak ikan akan lebih sehat.


Nah itulah sekilas tentang probiotik, peran, fungsi dan manfaat probiotik unk budidaya ikan. Pemberian probiotik memang tidak hanya untuk meningkatkan produktivitas ikan saja, melainkan juga untuk memelihara larva ikan sehingga tingkat keberlangsungan hidup menjadi lebih tinggi.

3 views0 comments