Amankah Pemberian Probiotik Untuk Kucing Kesayangan? Simak Berikut Penjelasannya!


foto oleh unsplash


Saat ini pastinya anda sering memperhatikan semakin banyak iklan yoghurt ataupun suplemen probiotik. Ya, produk-produk tersebut memang telah diklaim bisa meningkatkan kesehatan serta kekebalan pencernaan manusia. Namun bagaimana dengan hewan? Apakah perlu hewan seperti kucing diberikan probiotik? Untuk menjawab semuanya, simak berikut ulasannya!


Sekilas Tentang Probiotik Dan Cara Kerjanya

Sebelum mengetahui penting tidaknya probiotik untuk kucing pastinya anda terlebih dahulu perlu tahu apa sebenarnya probiotik itu. Berbicara tentang probiotik, probiotik dikenal sebagai bakteri baik yang memberikan banyak manfaat di dalam saluran pencernaan.

Seperti yang kita ketahui jika manusia dan hewan seperti kucing memiliki jutaan bakteri hidup dalam usus. Walaupun terdengar aneh namun beberapa mikroorganisme tersebut bermanfaat. Probiotik sendiri juga sebenarnya saat ini banyak dipakai di budidaya hewan ternak dan perikanan. Di dunia peternakan sapi, merk EM4 merupakan salah satu brand probiotik yang saat ini paling dikenal. Produk produk lain secara komersial juga telah ada baik untuk budidaya perikanan atau budidaya unggas.

Lalu bagaimana cara kerja probiotik? Secara teori, probiotik bekerja untuk menyeimbangkan jumlah bakteri baik dan bakteri jahat pada saluran pencernaan. Probiotik akan menjajah usus dan menawarkan manfaat kesehatan untuk inangnya. Jika saluran pencernaan dihuni oleh bakteri jahat maka akan ada beberapa masalah kesehatan seperti sakit perut hingga diare.

Selain bermanfaat untuk kesehatan pencernaan manusia, probiotik juga dipercaya membantu masalah pencernaan kucing dan membantu kucing yang mengalami hairball. Namun, apakah probiotik aman? Lalu, apakah probiotik bekerja untuk kucing? Simak berikut penjelasannya!


Amankah Probiotik Untuk Kucing?

Perlu anda ketahui jika pemberian probiotik untuk kucing merupakan mode kesehatan terbaru. Namun jika berbicara tentang aman atau tidak untuk kucing maka jawabannya yaitu “aman”. Di dunia peternakan dan perikanan, performa probiotik diukur dari kemampuannya dalam meningkatkan hasil ternak. Hal ini tentu berbeda untuk hewan peliharaan.

Beberapa data menyebutkan bahwa pemberian probiotik dapat membantu kekebalan tubuh, mengatasi masalah pencernaan hingga mengatasi alergi makanan. Tak hanya itu saja, di beberapa kucing yang diberikan suplemen probiotik juga efeknya terlihat seperti:

  • Diare dan sakit perut berkurang.

  • Nafsu makan meningkat.

  • Efektif sebagai pengobatan IBD atau penyakit radang usus pada kucing tua.

Pemberian probiotik juga tidak menyebabkan efek samping yang berarti. Jadi, walaupun tidak banyak data yang mendukung tentang manfaat probiotik untuk kucing, namun probiotik merupakan suplemen yang aman.

Pemberian probiotik untuk kucing pastinya tidak boleh sembarangan. Pastikan anda memilih probiotik yang tepat, pilihlah formula probiotik yang dibuat khusus untuk kucing. Anda juga perlu menyimpan probiotik dengan benar dan pastikan jika kucing anda mengkonsumsi suplemen tersebut. Nah dengan cara ini anda bisa tahu apa manfaat yang akan didapat ketika kucing anda diberikan suplemen probiotik.

Jika anda memang masih ragu untuk memberikan probiotik untuk kucing, sebaiknya anda bisa konsultasikan terlebih dahulu ke dokter hewan. Biasanya dokter hewan akan merekomendasikan pilihan probiotik terbaik untuk kucing kesayangan anda. Beberapa dokter hewan juga akan merekomendasikan pemberian probiotik sebagai suplemen harian. Hal ini bertujuan untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan serta sistem kekebalan tubuh kucing anda.

Namun tak sedikit juga dokter yang merekomendasikan pemberian probiotik setelah kucing anda menggunakan antibiotik. Seperti yang kita tahu jika antibiotik berfungsi untuk membasmi bakteri namun antibiotik tidak bisa membedakan antara bakteri baik dan jahat. Nah untuk itu maka probiotik dibutuhkan untuk mengisi kembali bakteri baik pada usus kucing anda.

Itulah sekilas tentang aman tidaknya probiotik untuk kucing yang sebaiknya dipahami oleh semua orang khususnya para pecinta kucing. cobalah untuk bicara dengan dokter hewan pilihan anda untuk menentukan mana probiotik yang tepat agar mendapatkan hasil efektif. Semoga bermanfaat.

10 views0 comments