Mengenal Si Punuk Besar Dari India, Sapi Brahman Cross


foto oleh redmeatcattlepartnership.org


Di Indonesia ada begitu banyak jenis sapi yang dibudidayakan oleh para peternak. Dari sekian banyaknya jenis sapi yang saat ini ditemukan, Sapi Brahman Cross memang cukup menarik untuk diperbincangkan. Apakah anda tahu apa itu Sapi Brahman Cross? Jika belum, simak berikut ulasan tentang Sapi Brahman Cross, asal usul, ciri-ciri fisik hingga hal lain tentang hewan ternak satu ini.


Mengenal Asal Usul Sapi Brahman Cross

Sapi Brahman Cross atau dikenal juga dengan sebutan sapi BX, merupakan keturunan sapi Zebu atau boss indiscuss. Sapi ini berasal dari Indonesia lalu masuk ke Amerika pada tahun 1849 yang berkembang pesat di Amerika. Sapi Brahman Cross dikembangkan untuk diseleksi dan ditingkatkan mutu genetiknya. Setelah berhasil, sapi tersebut di ekspor ke berbagai negara.

Dari Amerika Serikat, Sapi Brahman Cross lalu menyebar ke Australia. Baik itu di Australian ataupun di Amerika Serikat terdapat sebuah association. Sementara di Indonesia Sapi Brahman Cross ada sejak zaman penjajahan Belanda. Sapi Brahman Cross merupakan sapi potong terbaik. Keistimewaan dari sapi jenis ini yaitu tidak terlalu selektif dalam pemberian pakan, jenis pakan apapun akan dimakannya termasuk yang jelek sekalipun. Sapi ini juga kebal terhadap gigitan caplak, nyamuk dan tahan panas.

Sapi Brahman Cross mulai dikembangbiakan di Australia. Para peternak di negara tersebut bahkan melakukan persilangan Sapi Brahman dengan sapi jenis lainnya seperti sapi limousin, simmental dan herefod. Dari persilangan tersebut hasilnya dikenal dengan Sapi Brahman Cross dimana pada tahun 1985, sudah masuk ke Indonesia melalui program bantuan asian development bank. Sapi Brahman cross cocok dikembangkan di Indonesia yang beriklim tropis.


Ciri-Ciri Sapi Brahman Cross

Sapi Brahman Cross memiliki punuk yang besar dan kulit yang menjuntai lebar. Sapi ini juga memiliki gelambir di bawah leher hingga perut lebar dengan banyak lipatan-lipatan. Sedangkan ukuran tubuh Sapi Brahman Cross memiliki ukuran yang sangat besar bahkan bisa menandingi ukuran tubuh Sapi Limousin dari berat dan karkasnya.

Jika anda berpikir jika sapi lokal memiliki berat 500 kg anda sudah sangat kagum, maka anda akan dibuat takjub juga dengan ukuran Sapi Brahman Cross. Ya, Sapi Brahman bisa mencapai 1 Ton sehingga karena berat badannya yang sangat besar ini tidak heran jika Sapi Brahman Cross disebut sebagai sapi terbaik dalam bisnis ternak sapi.

Sapi Brahman Cross merupakan salah satu jenis sapi yang memiliki daya tahan tubuh yang sangat baik jika dibandingkan dengan sapi lokalan. Sapi ini juga tidak terlalu selektif dalam pemilihan pakan, jenis pakan apa saja akan dimakannya. Namun jika anda ingin mendapatkan hasil yang terbaik maka tentu pastikan jangan lupa untuk memberikannya pakan yang berkualitas.


Sapi Brahman Cross, Sapi Pedaging Berkualitas

Seperti yang telah disebutkan diatas bahwa Sapi Brahman Cross merupakan salah satu jenis sapi potong pedaging yang berkualitas. Sapi ini sebagian besar di budidayakan oleh Industry perternakan sapi di Indonesia. Pertimbangan utama mengapa banyak yang memilih sapi jenis ini yaitu karena pertambahan bobot sapi harian rata-rata (average daily gain) yang relatif lebih tinggi dibandingkan dengan sapi jenis lainnya.

Selain merupakan sapi potong pedaging dengan pertambahan bobot yang cukup baik, Sapi Brahman Cross juga memiliki banyak sekali keunggulan yaitu adaptasi terhadap perubahan lingkungan cuaca panas dan dingin yang baik. Struktur tulang sapi ini juga tergolong dalam tulang kecil sehingga menghasilkan jumlah daging yang lebih banyak (persentase karkas lebih besar).

Termasuk kedalam sapi pedaging berkualitas, tentu saja anda penasaran bukan berapa sih harga pasaran dari Sapi Brahman Cross? Nah untuk harga dari Sapi Brahman Cross sendiri yaitu dibanderol dengan harga mulai dari Rp. 16 Juta – Rp. 18 Juta untuk Sapi Brahaman yang berbobot 200 kg hingga 400 kg. dan Rp 35 juta – Rp. 40 juta untuk usia Sapi Brahman Cross yang siap potong. Namun harga ini juga naik turun tergantung permintaan pasar.


Nah itulah sekilas tentang Sapi Brahman Cross, asal usul, ciri-ciri hingga keunggulannya. Bagaimana? Tertarik untuk memelihara sapi jenis ini?

3 views0 comments