top of page
  • admin

Sejarah Hari Kucing Sedunia Tujuan & Cara Merayakannya

World Cat Day atau Hari Kucing Sedunia saat ini sudah menjadi agenda tahunan yang dirayakan oleh para cat lover di seluruh dunia. Ingin tahu di balik sejarah Hari Kucing Sedunia? Bagi yang belum tahu, yuk, cari tahu detailnya di sini!


Kapan Perayaan Hari Kucing Sedunia?


kucing rumahan merupakan salah satu peliharaan paling populer

foto oleh unsplash


Perayaan World Cat Day berlangsung pada setiap tanggal 8 Agustus. Perayaan tersebut pertama kali dirayakan sejak tahun 2002 lalu.

Sampai saat ini, perayaan tahunan tersebut terus berlangsung di seluruh dunia termasuk di Indonesia. Bahkan, tidak akan lama lagi kita akan memasuki Hari Kucing Sedunia 2023.

Pencetus pertama kali sejarah Hari Kucing Sedunia perayaan World Cat Day yaitu International Fund for Animal (IFAW) dan beberapa kelompok hak asasi Hewan.


Tujuan Perayaan Tahunan Hari Kucing Sedunia

Tujuan utama dari perayaan Hari Kucing Nasional Indonesia maupun internasional adalah untuk menghargai dan menghormati kucing. Pasalnya, kucing merupakan salah satu peliharaan yang paling populer di seluruh dunia.

Tujuan dari perayaan ini tentu juga punya beberapa latar belakang lain. Tujuan lain dari Hari Kucing Sedunia yaitu untuk memperbaiki kesejahteraan kucing yang ada di seluruh dunia.

Di sisi lain, sejarah Hari Kucing Sedunia juga bertujuan sebagai seruan untuk melindungi kucing dari kekerasan. Berlandaskan dari hal-hal tersebut, IFAW kemudian berinisiatif untuk mencetuskan perayaan World Cat Day.


Cara Berkontribusi di World Cat Day

IFAW selaku pencetus perayaan Hari Kucing Sedunia mengajak para cat lovers untuk memerhatikan hewan lucu yang satu ini. Bahkan termasuk untuk stray cat yang tidak atau belum memiliki kehidupan sejahtera.

Untuk turut berkontribusi di hari kucing nasional Indonesia 2023, maupun setiap tahunnya, Anda bisa berkontribusi sebagai berikut:

1. Mengadopsi Kucing Telantar

Adopsi kucing bisa menjadi salah satu kontribusi yang bisa Anda lakukan. Namun, alangkah baiknya mengadopsi stray cat alias kucing yang telantar, atau dari shelter yang terdekat. Pasalnya, kucing yang terlantar di jalanan maupun yang di shelter lebih membutuhkan perhatian.

Artinya, mengadopsi kucing di shelter dan terlantar di jalanan lebih jauh lebih utama jika Anda bandingkan dengan membelinya.

2. Menjadi Sukarelawan

Jika Anda tidak bisa mengadopsi kucing, Anda tetap bisa memberikan perhatian dan kasih sayang pada kucing yang terlantar. Salah satu caranya yaitu menjadi seorang sukarelawan di shelter hewan.

Menjadi seorang sukarelawan akan memberikan kesempatan bagi Anda untuk merawat mereka dan juga memberikan perhatian.

3. Memberikan Makanan Kesukaan Kucing

Jika Anda hanya bisa memberikan perhatian dan kasih sayang yang sederhana saja, Anda bisa memberi kucing kesayangan Anda makanan favoritnya. Memberikan makanan spesial di hari spesial pada kucing adalah salah satu kontribusi di perayaan World Cat Day.

Cari pet shop terdekat, lalu cari makanan terbaik yang mungkin selama ini belum pernah Anda berikan kepada hewan kesayangan Anda tersebut.

4. Memberi Makan Kucing Jalanan

Selain memberi makanan spesial untuk kucing kesayangan, jika Anda punya rezeki lebih, bisa juga memberi makan kucing jalanan. Tidak perlu yang jauh-jauh, carilah kucing jalanan yang ada di sekitar rumah untuk Anda kasih makan.

Makanan kucing berukuran 1 kg saja sudah cukup untuk memberi beberapa kucing jalanan. Namun, bisa juga lebih dari 1 kg tergantung dari kemampuan Anda.

5. Menjaga Kesehatan Kucing

Selain lewat makanan, Anda juga bisa merayakannya dengan sebuah komitmen. Salah satunya yaitu berkomitmen untuk menjaga kesehatan kucing peliharaan Anda. Cara sederhana yang bisa Anda lakukan yaitu memberi kucing vitamin tambahan.

Selain itu, juga bisa dengan mengajaknya ke dokter hewan jika sedang sakit maupun untuk mendapatkan vaksin rutinan.

6. Mengunggah Kegiatan Perayaan (Sejarah Hari Kucing Sedunia) di Media Sosial

Informasi sejarah Hari Kucing Sedunia dan berkontribusi saat perayaannya juga bisa Anda bagikan dengan cara mengunggah perayaan tersebut di media sosial. Tujuan dari hal ini tidak hanya sebatas menunjukkan rasa sayang kepada peliharaan Anda saja.

Dengan posting informasi sejarah Hari Kucing Sedunia dan kegiatan perayaannya, Anda bisa membantu menyebarluaskan informasi World Cat Day. Dengan begitu, masyarakat, khususnya para cat lover yang belum mengetahuinya bisa menjadi tahu.

Itulah sejarah Hari Kucing Sedunia, tujuan, dan kontribusi apa saja yang bisa Anda lakukan untuk merayakannya. Jangan lupa share informasi dari Kawan Hewan ini agar cat lover di seluruh Indonesia tahu dan mencatat tanggalnya. Anda pun bisa follow Instagram dan TikTok kami untuk mendapat informasi terbaru seputar kucing, anjing, dan beragam hewan yang lain.



Referensi:

Post: Blog2 Post
bottom of page