top of page
  • admin

Inilah Beberapa Jenis Mainan Kucing Dan Manfaatnya!


foto oleh pexels.com (DavidYu)


Di habitat aslinya, kucing pada dasarnya merupakan hewan yang sangat gemar berpetualang dan sangat aktif dengan rasa ingin tahu yang sangat tinggi. Mengingat hal ini, maka tak heran jika terkadang kucing rumahan yang dipelihara dalam kandang mudah stres karena mereka merasa jenuh dan tidak bebas. Sebagai pemilik, tentu saja Anda tidak boleh egois dan membiarkan kucing Anda terkurung.

Kucing membutuhkan waktu bermain untuk melatih kesehatan fisik, emosional dan mental Anda. Jadi, agar kucing tetap aktif, tidak mudah stres dan sehat maka Anda harus meluangkan waktu untuk bermain. Tak hanya meluangkan waktu saja, Anda juga bisa memberikannya mainan sebagai media bermainnya. Mainan ini juga mudah didapatkan dari petshop terdekat.


Lalu, Apa Saja Jenis Mainan Kucing Yang Bisa Dipilih?

Mengingat kini semakin banyak sekali orang yang tahu betapa pentingnya mengajak main kucing kesayangan, tak heran jika kini ada banyak jenis mainan kucing yang bisa dipilih. Karena saking banyaknya, terkadang membuat bingung sebagian orang. Dan berikut ini beberapa jenis mainan kucing yang bisa Anda pilih:


1. Laser

Jenis mainan kucing yang bisa menjadi pilihan Anda yaitu laser. Permainan ini sangat disukai kucing hampir di seluruh dunia karena mereka bisa menyalurkan rasa ingin tahu dan berlari kesana kemari. Dengan permainan laser juga, Anda tidak ikut berlari ataupun bergerak kesana kemari (bisa sambal rebahan!). Cukup dengan duduk kemudian arahkan laser ke dinding, kucing akan langsung menuju ke arah laser tersebut.


2. Tiang Garukan/Scratching post

Jenis mainan kucing yang satu ini tidak hanya akan membuat bahagia kucing saja melainkan juga sebagai penyelamat furnitur di rumah anda. Seperti yang kita tahu jika kucing sangat suka menggaruk dimana hal ini dilakukan untuk menandai wilayahnya ataupun menajamkan cakar. Jika di rumah Anda tidak ada tiang garukan, maka mereka akan memilih apa saja yang ditemukan misalnya seperti kursi.

Tiang garukan menjadi solusi terbaik agar kucing Anda bisa menggaruk ataupun mencakar sepuasnya. Dengan tiang garukan ini, furniture anda akan aman dari serangan anabul kesayangan. Jadi tiang garukan ini tak hanya bisa menjadi mainan saja melainkan juga penyelamat barang-barang Anda.


3. Mainan Lunak Yang Diisi Catnip

Seperti yang diketahui jika kucing sangat menyukai catnip. Apakah kucing anda demikian? Jika Ya, maka mainan lunak yang diisi catnip bisa menjadi mainan pilihan terbaik anda. Tak perlu khawatir, catnip tidak akan membuat kucing ketagihan karena beberapa peneliti telah menyebutkan jika catnip sangat aman untuk kucing.

Anda bisa membeli mainan lunak yang diisi oleh catnip atau bisa membuatnya sendiri di rumah. Anda hanya cukup memasukkan catnip dalam kaus kaki ataupun sarung tangan bekas. Ikat bagian yang terbuka kemudian berikan ke kucing Anda.


4. Pancingan Bulu

Mainan kucing yang bisa menjadi pilihan anda selanjutnya yaitu pancingan bulu. Mainan ini juga pastinya disukai oleh anabul kesayangan Anda. Selain bisa melatih fisiknya, pancingan bulu juga bisa membuat Anda bahagia. Pancingan bulu ini juga biasanya dilengkapi dengan lonceng yang akan membuat kucing Anda semakin tertarik untuk menangkapnya.


Itulah beberapa referensi mainan kucing yang bisa menjadi pilihan Anda. Selain memiliki manfaat untuk kesehatan fisik dan emosialnya, bermain dengan kucing juga bisa membangun rasa percaya diri dan bisa membuat Anda lebih dekat dengan anabul. Menariknya lagi, mengajak main kucing juga bisa memperbaiki perilaku yang menyimpang seperti mengurangi kebiasannya berkelahi dan juga zoomies karena energinya tersalurkan. Semoga bermanfaat!


Baca juga : Inilah Tips Mengatasi Zoomies Atau FRAP Pada Kucing Yang Sebaiknya Diketahui!
24 views0 comments
Post: Blog2 Post
bottom of page