Mengenal Towser, Kucing Pemburu Tikus Terhebat Yang Tercatat Dalam Guinness Book Of Records


foto oleh flickr


Seperti yang kita tahu bahwa di banyak negara termasuk Indonesia ada banyak sekali patung maupun monumen yang dibuat untuk mengenang jasa/prestasi seseorang terhadap negara maupun kotanya. Jika umumnya patung atau monumen yang dibuat tersebut berupa tokoh-tokoh ataupun ikon sebuah kota, ternyata di Skotlandia terdapat patung seekor kucing yang sengaja dibuat karena prestasinya. Lalu, prestasi apa sebenarnya yang kucing tersebut raih? Simak berikut ulasannya!


Bunuh Tikus Sampai Puluhan Ribus, Kucing Ini Dibuat Patung

Kucing membunuh tikus merupakan hal yang biasa dan tak heran banyak diantaranya yang memutuskan memelihara hewan bulu ini demi menyelamatkan rumahnya dari hewan pengerat seperti tikus. Namun tahukah anda? Kucing bernama Towser ini sangatlah luar biasa lho! Karena kehebatannya ini dia sampai masuk ke Guinness Book of Records dan dibuatkan patung. Lalu, apa sebenarnya prestasi yang dia raih?

Towser merupakan seekor kucing tangguh yang lahir pada 21 April 1963 yang hidup selama 24 tahun di sebuah Pabrik Penyulingan Wiski Glenturret, Skotlandia. Ya, kawasan tempat tinggal Towser ini memang sangat terkenal dengan produksi wiskinya yang sangat berkualitas.

Sebagai salah satu tempat penyulingan terbesar, bau yang dihasilkan dari penyulingan ini seringkali menarik perhatian hewan pengerat seperti tikus. Hal ini tentu akan sangat mengganggu dan dikhawatirkan akan mengurangi kualitas dari bahan yang diproduksi. Atas kondisi tersebut, akhirnya pabrik Wiski Glenturret memutuskan untuk mengadopsi seekor kucing yang kemudia dilatih untuk menjadi sangat ahli dalam memburu serta membunuh tikus.

Usaha mereka untuk melatih kucing adopsi yang diketahui bernama Towser ini tidak sia-sia. Towser akhirnya menjadi seekor kucing yang handal memburu dan membunuh kucing. Bahkan dalam satu harinya Towser mampu membunuh kucing lebih banyak dibandingkan dengan kucing pada umumnya.


Lalu, Berapa Banyak Tikus Yang Dibunuh Towser?

Sebenarnya tidak ada yang mengetahui secara pasti berapa banyak tikus yang berhasil ditangkap oleh Towser sesama hidupnya. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Guinness Book Of Records menentukan jumlah berdasarkan kecakapan kucing ini yang diamati selama beberapa hari.

Pada penelitian tersebut, hitungan akhir yang didapat yaitu 28.899 ekor tikus. Perhitungan ini diukur berdasarkan statistik yang dikumpulkan. Hanya saja, jumlah tersebut tidak sepenuhnya akurat namun jika dilihat dari ketangkasannya, Towser memiliki kemampuan untuk menangkap tikus rata-rata 3 tikus ataupun lebih per hari.

Kepopuleran Towser sebagai salah satu kucing gahar pun akhirnya diabadikan orang-orang sekitar dengan mendirikan patung berbahan perunggu setelah Towser mati. Patung ini dibuat untuk mengenang prestasi yang telah dicapai Towser dalam mengawal pabrik ini.

Tak hanya itu saja, untuk mengenang prestasinya, orang-orang yang bekerja di pabrik penyulingan juga memutuskan untuk menggunakan sidik kakinya pada label di setiap botoh Fairlie Light Highland Liqueur Glenturret Scotch Whisky. Setelah Towser mati, pihak pabrik pun langsung mencari penggantinya. Namun tidak ada yang bisa mengalahkan kepiawaiannya dalam menangkap tikus.

Nah itulah sekilas tentang Towser, kucing pemburu tikus terhebat dimana berkat kepiawaian dan prestasinya kucing ini sampai dibuatkan patung. Luar biasa bukan?


8 views0 comments