• admin

Inilah Perbedaan Sertifikat Silsilah Kucing Dan Anjing yang Perlu Diketahui


foto oleh unsplash


Sekitar 15 tahun belakangan ini, bisnis kucing dan anjing ras (breeding) di berbagai negara khususnya Indonesia berkembang cukup pesat. Berbagai jenis anjing dan kucing ras semakin banyak diminati oleh para penggemar hewan-hewan berbulu. Walaupun budget yang harus dikeluarkan untuk membeli satu ekor anabul mahal namun hal tersebut tidak menjadi penghalang bagi mereka untuk memilikinya.

Namun untuk memiliki kucing dan anjing ras murni, anda harus sangat jeli dan tentu lebih baik jika anabul yang anda pilih memiliki sertifikat pedigree demi memastikan silsilah dari kucing atau anjing tersebut. Hal ini perlu diperhatikan terutama jika Anda ingin berbisnis di bidang budidaya hewan kesayangan. Untuk memperoleh sertifikat tersebut kini banyak Asosiasi yang membantu para pecinta hewan berbulu untuk menyertifikasi kucing ataupun anjing ras yang dipilih.


Lalu, Apa Sebenarnya Sertifikat Silsilah Kucing Dan Anjing (Pedigree)?

Sebagian orang pastinya masih bingung tentang apa itu sertifikat silsilah kucing dan anjing “pedigree”, terutama istilah pedigree. Nah, pedigree sendiri merupakan sertifikat silsilah atau dikenal juga dengan latar belakang keturunan dari kucing ataupun anjing. Sertifikat tersebut dikeluarkan oleh organisasi yang telah resmi yang berhak untuk mengeluarkanya.

Silsilah ini tentu saja sangatlah penting untuk melestarikan ras anabul dan menghindarkan adanya kawin silang antar keturunan atau inbreeding yang bisa menyebabkan kecatatan. Tak hanya itu saja, dengan adanya sertifikat silsilah kucing dan anjing pedigree ini maka harganya akan lebih mahal bahkan sampai dua kali lipat dibandingkan kucing ataupun anjing ras tanpa sertifikat.


Sertifikat Pedigree Kucing

Sertifikat Pedigree untuk kucing ras dikeluarkan oleh Indonesian Cat Association (ICA). Sertifikat tersebut akan menunjukkan keturunan kucing sampai beberapa generasi sebelumnya. ICA merupakan sebuah organisasi resmi yang telah diakui oleh Federation International Feline (FIFE) pada tahun 2007.

ICA dibentuk pada1 April 2003 oleh kumpulan pecinta kucing. Tujuan dari pembentukkan organisasi ini yaitu untuk memberikan pelayanan serta pembinaan kepada para anggotanya secara transparan dan profesional.

Lalu, bagaimana cara memperoleh sertifikat ICA? Untuk mendapatkan sertifkat ini anda hanya perlu mengunduh formulir secara online lalu setelah itu melanjutkan prosesnya dengan menghubungi cabang ICA yang telah tersebar di seluruh Indonesia.


Sertifikat Pedigree Anjing

Jika seluruh pengurusan sertifikat Pedigree kucing dilakukan oleh ICA, tentu berbeda dengan sertifikat silsilah untuk anjing. Sebenarnya untuk penamaan sertifikat silsilah untuk anjing bukan Pedigree melainkan Stambum. Penamaan stambum sendiri sebenarnya berasal dari bahasa belanda stamboom. Walaupun penamaannya berbeda, namun keduanya memiliki arti yang sama yaitu silsilah.

Sertifikat silsilah untuk anjing ras dikeluarkan oleh Perkumpulan Kinologi Indonesia (Perkin). Dalam sertifikat tersebut akan menunjukkan silsilah anjing sampai empat keturunan sebelumnya. Sertifikat ini menunjukkan bukti tertulis dalam bentuk lembaran yang berisi keterangan lahirnya anjing tersebut.

Proses pembuatan sertifikat ini bisa dikatakan cukup mudah. Pihak Perkin sepenuhnya akan membantu segala proses pembuatannya. Anda bisa menghubungi pihak terkait yang kini sudah hadir di berbagai wilayah di Indonesia.


Apakah Penerbitan Sertifikat Silsilah Kucing dan Anjing Mudah?

Proses penerbitan sertifikat silsilah kucing dan anjing bisa dikatakan gampang-gampang susah. Pasalnya kini proses pendaftaran bisa dilakukan secara online, namun yang menjadi permasalahannya yaitu kemauan adopter apakah bersedia mempelajarinya atau tidak.

Proses penerbitan juga semakin lebih mudah dengan adanya organisasi yang membantu proses pembuatan sertifikat. Organisasi tersebut yaitu ICA untuk sertifikat silsilah kucing dan Perkin untuk sertifikat silsilah anjing. Umumnya, proses pembuatan sertifikat silsilah kucing dan anjing kurang lebih selama satu bulan ketika pengajuan tersebut diajukan. Sebaiknya Anda segera mengurusnya ketika punya puppy atau kitten baru ya.


Itulah sekilas tentang sertifikat silsilah kucing dan anjing yang tentu saja wajib anda ketahui sebagai pecinta anabul ras murni. Sertifikat ini bisa dikatakan sangat penting untuk mengetahui silsilah keturunan dari anabul yang anda adopsi. Semoga bermanfaat!

22 views0 comments