Kenali Tahapan Pertumbuhan Anabul agar Sehat, Imut dan Menggemaskan


foto oleh unsplash


Halo, pawrent. Mungkin memiliki anabul merupakan salah satu hobi yang menghasilkan kesenangan sendiri ya. Nah, ketika pawrent memutuskan untuk memelihara anabul perlu memperhatikan beberapa hal meliputi makanan kucing yang bagus serta hal - hal dasar dalam perawatan sebuah anabul.


Pahami Tahapan Pertumbuhan Anabul

Nah, agar anda menjadi pawrent yang sukses. Sebelum memberikan apapun untuk anabul sebaiknya sesuaikan dengan tahapan pertumbuhannya. Ketika anabul baru saja lahir di minggu pertama hingga minggu ketiga umumnya lubang telinga dan mata kucing masih akan tertutup dan mereka hanya akan mengandalkan indra penciuman serta meraba untuk mencari puting susu induknya. Oleh sebab itu sebagai pawrent, anda harus memastikan bahwa induk selalu berdekatan dengan anabul.

Ketika anabul sudah memasuki minggu kedua umumnya bagian kelopak mata sudah mulai terbuka dan indra penglihatan sudah mulai bekerja akan tetapi belum sempurna. Nah, nantinya ketika masuk di minggu ketiga umumnya lubang telinga sudah mulai terbuka dan pada beberapa anabul juga sudah mulai tumbuh gigi.

Mulai minggu keempat anabul akan mulai menjelajah lingkungan sekitar dengan jarak yang masih aman dengan induknya. Pada usia ini lebih disarankan untuk memberikan makanan kering atau dry food. Namun sebagai pawrent pastikan memberikan makanan yang tepat agar anabul tumbuh menjadi kucing imut dan menggemaskan.

Ketika anabul sudah masuk usia lima dan enam minggu biasanya mulai aktif bermain, nah sebagai pawrent harus memastikan bahwa terjalin ikatan emosional dengan kucing tersebut. Setelah anabul memasuki minggu ketujuh hingga minggu kesepuluh biasanya sudah bisa dibersihkan rambut dan tubuhnya. Namun tetap lakukan dengan hari – hati.


Siapkan Kandang serta Pastikan Kebersihannya

Nah, selanjutnya anda bisa menyiapkan kandang yang lebih besar bagi anabul. Kucing imut dan menggemaskan pastinya membutuhkan kandang dengan keadaan ventilasi yang cukup baik. Untuk mendapatkan ventilasi yang cukup baik, anda bisa menempatkan kandang di ruangan yang sedikit terbuka dengan tujuan untuk melancarkan sirkulasi udara. Mandikan sebulan sekali, jangan terlalu sering maupun terlalu lama ya.


Pilih Makanan dengan Kandungan Nutrisi Tepat

Nah, terakhir anda sebagai pawrent harus memastikan bahwa anabul mendapatkan nutrisi yang tepat sesuai usianya. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan dengan memberikan nutrisi yang sesuai. Umumnya pakan yang baik dapat mencegah plak serta penumpukan karang di gigi anabul. Ingat, anabul juga seperti manusia yang bisa mengalami gangguan di gigi.

Pakan yang tepat juga berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, hal ini karena pada beberapa pakan sudah memiliki kandungan kolostrum yang banyak memiliki antibodi. Pakan yang tepat juga bisa menjaga kesehatan mata dan dapat mendukung perkembangan otak. Beri pakan terbaik agar anabul tumbuh menjadi kucing imut dan menggemaskan. Jangan lupa bawa ke dokter hewan terdekat jika ada gejala penyakit.


Semoga bermanfaat.