Ketahuilah Gejala Hewan Sakit dan Segera Pergi ke Dokter Hewan Terdekat dan Murah


foto oleh unsplash


Hewan peliharaan, baik kucing atau anjing jarang menunjukkan jika mereka dalam kondisi tidak sehat. Jika Anda bingung menghadapi hewan peliharaan yang sakit, segeralah untuk pergi ke dokter hewan terdekat dan murah.

Jangan salah, saat ini sudah banyak dokter hewan dengan harga terjangkau dan baik. Banyak dokter hewan yang sudah memberikan fasilitas untuk hewan yang seharusnya dirawat.

Terkadang banyak tingkah hewan peliharaan yang tidak seperti biasanya. Jangan panik, ketahuilah beberapa tanda-tanda jika memang hewan peliharaan sakit.


Tanda Hewan Peliharaan Sakit

Ada beberapa gejala yang perlu Anda ketahui ketika hewan peliharaan sudah mulai sakit. Sebagai pemilik, jangan sampai lengah dengan perilaku hewan yang tidak seperti biasa.

1. Muntah

Mungkin bagi manusia, muntah merupakan bentuk penolakan dari benda yang masuk ke tubuh. Sebagai manusia mungkin dapat mengetahui cara menanganinya. Namun, berbeda dengan hewan peliharaan terutama kucing atau anjing.

Jika kucing atau anjing sudah mulai menunjukkan bahwa sering muntah-muntah. Jangan abaikan, ini bisa terjadi karena adanya infeksi virus, kerusakan ginjal, atau keracunan. Apalagi jika hewan peliharaan sudah muntah dengan darah.

2. Nafsu makan berkurang

Kurangnya nafsu makan pada hewan peliharaan merupakan salah satu gejala yang perlu diperhatikan. Berbagai alasan terjadi saat hewan peliharaan tidak nafsu makan. Bisa jadi hewan tersebut mengalami demam, nyeri, atau stres.

Selain itu, bisa jadi kurangnya nafsu makan dikarenakan kondisi penyakit pada mulut atau lambung. Bahkan hingga terjadi infeksi seperti jamur dan bakteri.

3. Diare

Gejala diare ini juga dapat dialami oleh hewan peliharaan yang sedang dalam kondisi yang kurang baik. Diare juga dapat disebabkan karena pola makan yang kurang baik. Hal ini juga menyebabkan munculnya parasit pada usus atau masalah lainnya.

4. Mata berair

Jika mata merah atau kelopak mata menurun pada hewan, sebaiknya segera lakukan penanganan. Biasanya gejala ini muncul karena virus dan infeksi dari bakteri. Beberapa gejala penyakit yang menyebabkan mata pada hewan peliharaan Anda berubah.

Misalnya, mata merah bisa terjadi karena adanya alergi, penyakit kornea, atau penyakit serius lainnya. Mata terlihat kuning atau hijau disebabkan adanya infeksi.

Jika sudah menemukan tanda-tanda tersebut, tetapi dokter hewan terdekat dan murah sedang dalam antrean. Ada beberapa cara untuk melakukan pertolongan terhadap hewan peliharaan.


Pertolongan Pertama Pada Hewan Sakit

Sebelum ke dokter hewan, mungkin ada berbagai cara agar hewan peliharaan merasa lebih nyaman.

1. Berikan kenyamanan

Hewan peliharaan juga membutuhkan tempat dan situasi yang nyaman ketika beristirahat. Berikan isi kandang dengan tempat yang empuk dan hangat. Serta, letakkan kandang pada tempat yang mudah dijangkau.

2. Terhidrasi dan terjaga kondisi tubuh

Jika memang kucing atau anjing sulit minum dan makan. Pemilik dapat memberikan suapan kepada hewan peliharaan tersebut. Atau Anda dapat memberikan makanan kucing yang bagus. Selain itu, dapat memberi minum yang mudah dijangkau hewan peliharaan tersebut.

3. Memberikan belaian hangat

Ketika hewan sedang merasa sakit, sebaiknya berikan belaian pada hewan tersebut. Ketika Anda membelainya, hewan peliharaan akan merasa aman, tenang, dan nyaman.

Saat terlihat hewan peliharaan mulai mengalami gejala yang parah dan tidak sembuh, segera pergi ke dokter hewan terdekat dan murah. Selagi melakukan pemeriksaan ke dokter, pemilik juga harus menjaga kandang tetap bersih.


Nah itulah sekilas tentang gejala hewan sakit yang membutuhkan perhatian dan tindak lanjut hingga perlu dibawa ke dokter hewan terdekat. Semoga bermanfaat.

6 views0 comments