• admin

Tak Banyak Diketahui, Inilah 5 Hewan Berpuasa Bahkan Bisa Bertahan Hidup Hingga 10 Tahun Lamanya!


foto oleh unsplash


Bulan Ramadhan merupakan bulan suci yang penuh pengampunan. Di bulan Ramadhan ini seluruh umat beragama Islam diwajibkan untuk berpuasa selama 1 bulan penuh. Berbicara tentang puasa, tahukah anda? Ternyata manusia bukan satu-satunya mahluk hidup yang berpuasa, lho! Tidak banyak yang mengetahui ternyata ada beberapa hewan diluar sana yang mampu melakukannya. Tentu saja tidak seperti puasa yang kita lakukan saat ini melainkan mereka mampu menahan lapar dalam kurun waktu tertentu bahkan ada yang sampai 10 tahun. Apa saja hewan berpuasa tersebut? Berikut Ulasannya!


Inlah 5 Hewan Berpuasa Yang Tidak Banyak Diketahui!

Seperti telah disebutkan pada ulasan diatas bahwa berpuasa ternyata tidak hanya dilakukan oleh manusia saja. Terdapat beberapa hewan yang berpuasa untuk tujuan tertentu. Nah berikut ini 6 hewan berpuasa yang sebaiknya anda ketahui:


1. Unta

Hewan berpuasa yang pertama yaitu unta. Berbicara tentang unta, pastinya sebagian dari anda pasti sudah mengetahui hewan yang satu ini. Unta merupakan salah satu hewan yang hidup di padang pasir. Hewan yang sau ini bisa menahan makan serta minum hingga berhari-hari. Tak hanya itu saja, unta juga bahkan bisa berjalan hingga ratusan kilometer di padang pasir tanpa makan serta minum.

Mengapa unta bisa sekuat itu? Hal ini karena ketika unta menemukan makanan atau air, hewan ini akan melahap sebanyak-banyaknya. Nah, kemudian makanan serta minuman tersebut akan disimpan dalam bentuk lemak pada punuknya. Lemak tersebut disimpan yang nantinya berfungsi sebagai cadangan energi sehingga mereka mampu bertahan hidup walaupun tanpa makan dan minum.


2. Hiu

Selain unta, hewan berpuasa berikutnya yaitu hiu. Predator paling ditakuti di seantero lautan ini juga termasuk kedalam hewan yang bisa berpuasa. Menurut beberapa sumber terpercaya, hiu melakukan puasa selama 90 hari lamanya. Mereka bisa berpuasa dalam kurun waktu paling lama selama 2 bulan setelah mendapatkan mangsa dengan bobot yang besar misalnya seperti singa laut.

Namun dalam prosesnya, dampak berpuasa yang dilakukan oleh predator laut ini cukup menarik sekaligus mengerikan. Hal ini tentu karena semakin lama hiu berpuasa maka akan semakin ganas hiu tersebut ketika mencari mangsa.


3. Penguin

Hewan berpuasa berikutnya yaitu penguin. Namun tentu saja tidak semua jenis penguin melakukan hal tersebut. Penguin emperor merupakan salah satu jenis penguin yang berpuasa. Hewan yang memiliki ciri fisik yang khas ini tidak hanya tangguh dalam menghadapi cuaca kutub yang sangat ekstrem saja melainkan juga mereka mampu menahan lapar dalam waktu yang cukup lama sekitar 120 hari. Kemampuan unik ini dimiliki karena penguin mampu menyimpan cadangan lemak pada tubuhnya dalam kurun waktu lama terutama untuk penguin jantan. Nah, itulah sebabnya mengapa penguin jantan selalu bertugas untuk menjaga telur tanpa makanan ketika para penguin betina sedang mencari makanan.


4. Ular

Bayangkan jika anda diperintah untuk berpuasa selama 1 tahun penuh, apakah anda akan sanggup? Anda pasti tidak akan sanggup bukan? Hal ini berbeda dengan ular dimana mereka mampu bertahan hidup tanpa makan selama 1 tahun penuh. Reptil yang cukup populer di Indonesia ini mampu menurunkan sistem metabolisme tubuhnya sampai 70%.

Tak hanya itu saja, hewan ini juga tidak membutuhkan banyak energi saat beraktivitas. Sehingga itulah yang menyebabkan ular bisa bertahan tanpa makan bahkan sampai 1 tahun apalagi jika mereka sudah mendapatkan mangsa yang besar.


5. Olm

Mendengar hewan yang satu ini sudah pasti cukup asing bukan? Olm memang bukanlah hewan peliharaan seperti pada umumnya atau hewan yang bisa kita temui dengan mudah. Olm merupakan salamander air yang biasanya mendiami gua. Dikarenakan tidak banyak cahaya di habitat aslinya, olm terlihat tidak memiliki mata serta memiliki kulit yang pucat.

Menurut beberapa penelitian, olm merupakan hewan berpuasa karena bisa hidup tanpa makan selama kurang lebih 10 tahun. Dalam kurun waktu yang sangat lama tersebut, olm hanya menggunakan cadangan lemak serta gilkogen sebagai sumber energinya. Terlebih lagi, lingkungannya juga tidak banyak di huni hewan serta tumbuhan sehingga mereka harus beradaptasi.

Nah itulah 5 jenis hewan berpuasa yang tidak banyak diketahui. Melihat ulasan diatas tentu bisa disimpulkan bahwa ternyata selain manusia, terdapat mahluk hidup lainnya yang berpuasa bahkan puasa yang dilakukannya hingga bertahun-tahun. Hal ini tidak sebanding dengan manusia yang berpuasa dimana hanya menahan lapar dan minum hanya 13 jam lamanya,

2 views0 comments