Beginilah Cara Menghilangkan Tear Stain Anjing Yang Wajib Diketahui!


foto oleh unsplash


Walaupun kerap menjadi perhatian, namun tear stain merupakan salah satu masalah umum yang sering dimiliki oleh kebanyakan anjing yang berwarna cerah. Beberapa jenis anjing yang umumnya sering terkena tear stain yaitu seperti sharpei, maltese, poodle, shih tzu, cocker spaniel dan bulldog. Lalu, apa sebenarnya tear sain anjing? Dan bagaimana cara menghilangkannya? Simak ulasannya berikut ini!


Sekilas Tentang Tear Stain Anjing

Tear stain merupakan suatu kondisi dimana anjing mengeluarkan air mata yang cukup berlebihan. Kelembaban menjadi salah satu penyebab utama tear stain anjing. Kelembaban ini disebabkan karena air mata berlebihan yang berkumpul pada sekitar mata sehingga bisa mengakibatkan pertumbuhan jamur serta bakteri.

Umumnya noda mata ini berwarna cokelat kemerahan di wajah. Selain itu, terdapat penyebab lain yang menyebabkan tear stain pada anjing. Berikut ini beberapa tear stain anjing:

Masalah genetik

Bentuk kepala serta mata juga bisa berkontribusi untuk menyumbat saluran air mata serta membanjiri air mata ke daerah bulu di area mata. Masalah yang satu ini umumnya diturunkan dari indukannya.

Kutu

Selain disebabkan karena masalah genetik, penyebab lainnya yaitu karena kutu. Ya, kutu juga sangat berkontribusi menyebabkan tear stain anjing. Kutu membutuhkan kelembabapan untuk bertahan hidup. Ketika air mata keluar berlebihan maka hal ini akan menarik kutu-kutu untuk terus berkembangbiak dan bertahan hidup lebih lama.

Adanya Infeksi Pada Mata Dan Telinga

Penyebab terakhir yaitu karena adanya infeksi pada mata dan telinga. Infeksi ini bisa mengakibatkan air mata keluar secara berlebihan seingga bisa menyebabkan tear stain anjing.


Lalu, Bagaimana Cara Menghilangkan Tear Stain Anjing?

Walaupun merupakan masalah yang umum, namun kondisi ini cukup menganggu sehingga sebagai pemilik anda perlu mewaspadainya. Nah, ketika anjing anda mengalami tear stain, berikut langkah yang bisa anda lakukan untuk menghilangkannya:

1. Rutin Menggunting Bulu Di Sekitar Mata

Cara menghilangkan tear stain anjing yaitu rutin menggunting bulu di sekitar mata. Bulu yang berada di sekitar mata yang lembab karena air mata keluar berlebihan akan sangat menganggu dan menyebabkan iritasi. Agar tidak memperburuk kondisi, maka pastikan anda rutin menggunting bulu di sekitar mata. Jadi, anda perlu melakukan grooming rutin untuk memenuhi langkah ini.

2. Rutin Mengganti Air Minum

Selain rutin menggunting bulu di sekitar mata, selanjutnya anda juga disarankan untuk rutin menganti air minumnya. Gantilah secara rutin air minumnya dengan air bersih dan matang. Hal ini tentu saja bertujuan untuk mengurangi noda yang disebabkan oleh tingginya kadar mineral dalam air.

3. Gunakan Shampoo Anjing Organik

Anda juga perlu waspada dalam memilih shampoo untuk anjing anda. Pastikan pilihlah shampoo organik tanpa kandungan bahan kimia. Sebelum itu, pastikan juga memilih shampoo khusus untuk anjing. Jangan memakai shampoo manusia karena kebutuhan kulit yang berbeda.

4. Gunakan Antibiotik

Cara menghilangka tear stain anjing berikutnya yaitu gunakan antibiotik. Nah antibiotik ini bisa diberikan untuk anjing dewasa selama 10 hari berturut-turut untuk menghilangkan tear stain. Namun untuk pemberian antibiotik harus disesuaikan dengan anjuran dokter. Agar lebih aman, sebaiknya lakukan konsultasi terlebih dahulu.

5. Tambahkan 1 Sendok Cuka Putih Pada Air Minum

Terakhir, anda juga bisa mencampurkan 1 sendok cuka putih pada air minum anjing. Namun dalam hal ini pastikan anda menambahkannya secara bertahap dari takaran terkecil terlebh dahulu. Cuka putih bisa berfungsi untuk mengubah pH air serta membantu menghilangkan jamur serta bakteri. Tindakan satu ini dilakukan untuk pencegahan setelah noda air mata telah benar-benar dihilangkan.


Nah itulah cara menghilangkan tear stain anjing yang sebaiknya anda ketahui. Namun sebelum anda mencoba langkah-langkah diatas, disarankan untuk anda membawa terlebih dahulu anjing kesayangan ke dokter terdekat. Hal tersebut dikarenakan keluarnya air mata berlebihan bisa menjadi pemicu kesehatan yang serius sehingga dibutuhkan observasi terlebih dahulu. Semoga bermanfaat!


Baca juga : Ketika Bertemu Anjing Galak
121 views0 comments