Mengenal Anjing Bulldog, Si Cerdas Penjaga Keamanan


foto oleh unsplash


Bagi para pecinta hewan pintar ini pasti tak asing dengan Anjing Bulldog. Hewan peliharaan yang satu ini terkenal dengan kecerdasan dan kepatuhannya pada sang majikan.

Anjing ini juga terkenal galaknya, karena itu ia cukup dapat diandalkan dalam urusan keamanan. Mau kenal lebih jauh dengan anjing pintar yang satu ini? Yuk simak ulasannya di bawah ini!


Sejarah Anjing Bulldog

Anjing Bulldog adalah salah satu anjing ras paling tua. Anjing ini berasal dari inggris dan merupakan keturunan dari Mastiff asia kuno. Awalnya bulldog ini dipelihara sebagai hewan aduan dengan banteng atau sapi liar.

Nama Bull sendiri diberikan karena ia memiliki penampilan mirip banteng. Sehingga ia dijadikan sebagai pancingan untuk memanggil banteng pada arena tempur di abad 19.

Bulldog memiliki keberanian dan kekuatan yang cukup besar hingga mampu melawan banteng-banteng tersebut. Namun Anjing bulldog saat ini cenderung lembut dan tidak seganas dan sekuat Bulldog nenek moyangnya dulu.

Setelah negara Inggris melarang adanya arena tempur antara Anjing Bulldog dan banteng ini, anjing ini dipelihara tuannya sebagai sahabat yang baik dan pintar. Meskipun begitu lambang keberanian dan ketangguhan si Bulldog tetap menempel.

Seiring perubahan perannya tersebut anjing ini pun mengalami perubahan pada anatomi tubuhnya. Yang dahulu bertubuh besar, tinggi dan ganas berubah menjadi anjing Bulldog lucu, pendek, dan pesek.


Ciri-ciri Anjing Bulldog

Ciri-ciri Anjing Bulldog dari segi fisik antara lain :

  • Bertubuh besar dan lebar

  • Tinggi 31-40 cm

  • Berat badan Bulldog jantan 24-25 kg, betina 22-23 kg.

  • Kaki pendek

  • Moncong pesek

  • Kulit berlipat

  • Hidung hitam dengan lubang besar

  • Telinga dengan bentuk seperti mawar, tipis dan kecil

  • Bulunya pendek, halus, lurus serta mengkilap

  • Bulu berwarna merah brindle, putih, fallow, piebald, coklat kekuningan, kuning atau merah pucat atau kombinasi keduanya

Sedangkan dari segi karakter dan sifatnya, anjing bulldog memiliki karakter yang lembut dan penyayang. Anjing ini juga dikenal dekat dengan anak karena perangainya yang baik. Keberanian dalam hal menjaga keamanan menjadikan hewan ini dapat diandalkan pemiliknya.

Anjing ini juga punya sifat yang temperamen, keras kepala, setia, gigih dan tidak mudah menyerah. Ia juga senang sekali mencari perhatian sang majikannya, dan akan girang bila telah mendapatkannya.


Keunikan Anjing Bulldog

Keunikan Anjing Bulldog terletak pada postur tubuhnya yang berbentuk sedang, kekar dan berisi. Dada yang bidang, moncong pesek yang menjadikannya tampak lucu dan menggemaskan.


Perawatan Anjing Bulldog

Untuk perawatan anjing bulldog Anda bisa gunakan cara berikut:


1. Berikan Makanan Dengan Rutin

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan dalam perawatan Anjing Bulldog adalah makanan. berikan Bulldog dewasa makanan 1 kali saja sehari. Bulldog dikatakan dewasa saat usianya menginjak 1 tahun. Hindari memberikan makanan yang mengandung daging, kismis, bawang, alpukat dan xylitol.


2. Bersihkan Dengan Teliti

Perawatan selanjutnya ialah dengan membersihkannya dengan teliti, hati-hati dan perlahan. Sisirlah bulu Bulldog agar terhindar dari kerontokan dan memastikan tidak ada kutu, kista atau kotoran pada kulitnya.

Bersihkan juga telapak kaki dan telinga, mandikan Bulldog secara teratur. Namun bila Anda terlalu sibuk, Anda dapat menggrooming anabul ini ke Pet Shop terdekat.

3. Pastikan Kandang dan Tempat Makannya Selalu Bersih

Bersihkan kandang dan tempat makan Bulldog setiap hari agar kandang selalu dalam kondisi higienis dan bersih. pastikan tidak ada kotoran yang tersisa agar hewan peliharaan Anda merasa nyaman.


4. Periksakan Ke Dokter

Periksakan kesehatan hewan peliharaan Anda ini ke dokter bila memang diperlukan. Anda juga dapat berkonsultasi mengenai perkembangan dan kesehatan hewan peliharaan Anda tersebut. Jangan lupa berikan vaksinasi yang wajib seperti rabies dan distemper.


Itulah informasi mengenai Anjing Bulldog dari sejarah hingga keunikannya lengkap dengan cara perawatannya. Semoga bermanfaat bagi Anda pecinta Bulldog. Terima kasih.


21 views0 comments