Tips Mudah Memelihara Sugar Glider yang Unik

Updated: Jan 24


foto oleh nationalgeographic


Para pecinta hewan yang imut dan lucu, bisa jadi tertarik untuk mengetahui bagaimana tips memelihara sugar glider supaya selalu sehat dan aktif. Bagi kebanyakan orang, memang hewan yang satu ini bisa saja termasuk jarang didengar. Namun, sebagian lagi rupanya cukup tertarik untuk memelihara sugar glider karena beberapa alasan. Salah satunya adalah hewan ini unik dan belum banyak yang memeliharanya.

Sugar glider di kalangan hobiis kadang disebut juga dengan sebutan SG, sugie atau joey. Jika ingin tahu lebih lengkap tentang tips memelihara sugar glider, berikut ini beberapa informasi menarik berkaitan dengan hal tersebut.


5 Fakta Unik Sugar Glider

Pertama-tama tentu penasaran dengan apa sih yang dimaksud dengan sugar glider? Jika belum pernah melihatnya, sebenarnya sugar glider ini adalah hewan mamalia berkantung (marsupialia) seperti layaknya kangguru dan koala. Karena itu tidak heran jika hewan yang satu ini hanya ada di Australia dan Indonesia bagian timur. Bukan hanya terlihat lucu saja, tetapi ada beberapa fakta unik menarik tentang hewan yang satu tersebut. Yuk, simak berikut informasinya.

· Lompatannya cukup panjang

Hal pertama yang bisa dibilang cukup menarik yaitu lompatan sugar glider yang cukup panjang. Seekor sugar glider kabarnya bisa melompat hingga mencapai 50 meter lebih. Tak heran jika banyak yang menyangka bahwa hewan ini bisa terbang seperti layaknya tupai terbang. Padahal hal tersebut terjadi akibat kemampuannya melompat cukup panjang.

· Berumur panjang

Siapa juga yang bisa menyangka bahwa sugar glider dapat bertahan hidup hingga usia sembilan atau sepuluh tahun. Kebanyakan orang mengira hewan yang imut ini hanya bertahan hidup dalam waktu singkat. Namun ternyata seekor sugar glider yang sehat dan aktif bisa hidup cukup lama. Yang penting jangan lupa untuk selalu memeriksakan ke dokter hewan terdekat supaya tetap sehat dan aktif.

· Hewan berkantung

Sama halnya dengan hewan mamalia sebangsa kangguru dan koala, ternyata sugar glider juga memiliki kantung di perutnya. Kantung ini terutama berfungsi saat melindungi serta membesarkan anak-anaknya yang baru lahir. Sehingga membantu lebih mudah untuk membawa anaknya kemanapun. Bahkan kantung yang ada di perut sugar glider ini juga fleksibel, bisa membesar dan mengecil sesuai kebutuhan.

· Hewan Arboreal

Hal menarik lainnya dari sugar glider yaitu bahwa hewan ini sebenarnya termasuk hewan arboreal. Habitat asli SG adalah di pepohonan. Jadi, jika Anda tertarik memeriharanya Anda perlu menyiapkan kandang khusus untuk ini.

· Masa kehamilan singkat

Jika sebagian besar hewan mamalia lain hamil dalam rentang waktu beberapa bulan lamanya, tidak demikian dengan sugar glider. Hewan yang satu ini ternyata memiliki masa kehamilan hanya sekitar 15-17 hari saja. Wah, cukup cepat ya jika dibandingkan dengan hewan sejenis lainya.


7 Tips Memelihara Sugar Glider

Tentu saja supaya sugar glider peliharaan tetap aktif dan sehat sepanjang waktu, perlu untuk memahami langkah serta tips memelihara sugar glider. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan, terutama bagi para pemula. Maklum saja, biasanya yang baru saja memulai untuk memelihara hewan tersebut bisa saja merasa bingung bagaimana memulainya. Nah, untuk lebih jelasnya, simak beberapa tips memelihara sugar glider berikut ini.

· Perhatikan jadwal makan

Tentu saja memiliki hewan peliharaan maka yang paling penting yaitu memastikan jadwal makan yang tepat. Sebaiknya berikan makanan sebanyak tiga kali dalam satu hari. Sehingga sugar glider bisa menerima asupan makanan yang cukup. Jika tidak tentu hewan kesayangan yang satu ini bisa mudah sakit atau tidak dapat bertumbuh besar.

Bukan hanya jadwal makan saja, tetapi juga perhatikan komposisi makanan yang diberikan untuk sugar glider kesayangan. Jangan sampai diberikan banyak makanan tetapi memiliki gizi yang rendah. Sehingga memperhatikan kualitas makanan juga tidak kalah penting dari pada sekedar kuantitasnya saja.

· Jaga kebersihan kandang

Ada satu hal penting yang harus diingat, yaitu sugar glider mudah buang kotoran kapan saja dan dimana saja. Oleh sebab itu memperhatikan kondisi kebersihan kandang cukup penting. Sebaiknya sediakan tempat untuk buang kotoran sehingga dapat dengan mudah membersihkan kandangnya setiap hari. Jika tidak, maka kandang bisa cepat kotor dan berbau kurang sedap.

Menjaga kebersihan kandang ini tidak hanya membantu mencegah bau. Tetapi di sisi lain otomatis juga membantu menjaga kesehatan sugar glider. Ingat ya, jika sugar glider terlihat kurang bersemangat dan kurang sehat, segera bawa saja ke dokter hewan terdekat untuk diperiksa lebih lanjut.

· Temani bermain

Tips memelihara sugar glider berikutnya yaitu menyediakan waktu untuk mengajaknya bermain. Maklum saja, sugar glider bisa dibilang sebagai hewan yang cukup manja. Jadi jika ingin hewan yang satu ini merasa nyaman dan bahagia, maka harus meluangkan waktu untuk bermain bersamanya.

Jika sugar glider tidak dipedulikan, bisa jadi hewan ini merasa tidak nyaman dan bahkan stress. Tentunya jika hal tersebut berpotensi dialami oleh sugar glider maka sebaiknya tanyakan pada dokter hewan terdekat, terutama apa yang harus dilakukan selanjutnya supaya kondisi sugar glider kembali normal.

· Merawat kuku berkala

Ternyata kuku milik hewan yang satu ini juga bisa dikatakan cepat panjang. Oleh sebab itu jangan sungkan untuk memotongnya dengan rajin secara berkala. Yang paling tepat memotong kuku sugar glider setiap akhir pekan. Sehingga pertumbuhannya masih teratur dan terkontrol. Selain itu juga membantu menghindari cakaran sugar glider akibat kuku yang cukup panjang.

· Memandikan sugar glider

Selanjutnya perhatikan tips memelihara sugar glider berikut ini. Ada baiknya mandikan sugar glider setiap beberapa saat. Hal ini bermanfaat untuk mengurangi bau yang terjadi pada tubuh sugar glider. Umumnya bau tersebut kurang sedap terutama pada sugar glider yang berjenis kelamin jantan.

Sebagai informasi tambahan, bau tubuh ini sebenarnya berfungsi sebagai sinyal untuk menarik perhatikan betina. Atau dengan kata lain sebagai penanda waktu kawin. Karena itu secara alami siklus yang satu ini memang tetap mau tidak mau akan terjadi.

· Jaga kesehatan

Terakhir tentu saja sangat penting menjaga kesehatan sugar glider setiap harinya. Salah satunya melalui memperhatikan pemberian nutrisi yang tepat sesuai kebutuhan hewan tersebut. Bila perlu berikan vitamin tambahan sesuai dengan informasi dari dokter hewan terdekat. Dengan tips memelihara sugar glider yang satu ini, dijamin sugar glider yang dipelihara tetap sehat dan tidak mudah sakit.

Ternyata tips memelihara sugar glider tidak sesulit yang dibayangkan. Pastinya yang paling penting memastikan untuk selalu menyediakan kebutuhan makanan dan minum yang cukup untuk hewan tersebut. Selain itu, jangan lupa membawanya ke dokter hewan terdekat jika dirasa ada sesuatu yang tidak biasanya. Sehingga sugar glider yang dipelihara selalu sehat dan tidak mudah sakit. Anda juga bisa ikut komunitas sugie baik yang di dunia maya maupun yang di sekitar Anda untuk menambah ilmu tentang hewan ini.


Ingin tahu fakta lain tentang sugie dan asal usul namanya cek artikel dibawah ini ya!

Mengenal Sugar Glider Hewan Peliharaan yang lucu, imut dan out-of-the-box