Inilah Manfaat Molase Untuk Pakan Sapi


foto oleh unsplash


Molase atau tetes merupakan bahan pakan yang terbuat dari hasil limbah pengolahan gula yang dikristalisasi berkali-kali. Molase untuk pakan sapi ini memiliki banyak manfaat apabila digunakan dalam jumlah yang tepat. Namun, bisa membahayakan jika terlalu banyak digunakan.

Sebelum mengetahui apa saja manfaat molase untuk pakan sapi, ketahui terlebih dahulu apa itu molase. Berikut ini penjelasan lengkapnya.

Apa Itu Molase?

Molase sudah dikenal sejak abad 19 sebagai campuran pakan sapi. Molase ini bisa berasal dari gula tebu maupun gula bit. Namun, yang paling sering digunakan adalah yang berasal dari gula tebu karena memang rata-rata pabrik gula di Indonesia berbahan baku tebu.

Setelah diolah, gula tebu akan menghasilkan tiga jenis molase diantaranya adalah tetes tebu bening, hitam, serta warna coklat tua atau pekat.

Tetes tebu untuk minum sapi ini lebih banyak diminati. Pasalnya, harganya lebih murah karena merupakan hasil limbah industri gula. Tetes tebu ini memang mengandung sukrosa sebesar 45%. Namun, di dalam molase juga terkandung banyak nutrisi lainnya.

Nutrisi ini misalnya kalsium, potasium, iodida, boron, dan lainnya serta masih banyak kandungan nutrisi lainnya yang sangat bermanfaat untuk perkembangan sapi. Molase juga dipergunakan pembudidaya ikan dan udang untuk campuran pakannya.


Manfaat molase pada Pakan Sapi

Meski harga tetes tebu untuk sapi sangat murah dibandingkan pakan lainnya, manfaat yang terkandung di dalamnya sangatlah banyak.

Hal ini karena terdapat banyak nutrisi penting yang sangat dibutuhkan sapi untuk pertumbuhannya. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari molase untuk sapi.

1. Selama masa pertumbuhan, sapi membutuhkan asupan gula yang cukup. Tentu saja tetes tebu sangat baik untuk memenuhi kebutuhan gula pada sapi selama masa pertumbuhan.

2. Kandungan nutrisi serta mineral esensial lainnya pada tetes tebu ini pun sangat bermanfaat untuk kesehatan sapi. Hewan ternak yang rutin diberi pakan dengan campuran molase dapat tumbuh dengan baik dan sehat.

3. Tidak hanya itu, kandungan kalsium pada molase ini pun dapat meningkatkan produksi susu. Sehingga, sangat cocok digunakan sebagai pakan sapi perah.

4. Manfaat tetes tebu untuk sapi hamil adalah memberikan asupan nutrisi yang baik selama masa kehamilan. Hal ini akan membantu sapi yang kekurangan nutrisi ketika menjelang melahirkan. Sehingga setelah melahirkan, asupan nutrisi hewan ternak ini tetap terpenuhi.

5. Untuk memperlancar pencernaan, terutama mencerna serat, molase adalah pilihan yang tepat. Dengan mencampurkan tetes tebu pada pakan sapi dapat membuat sapi dapat mencerna serat dengan lebih baik.

6. Ketika suhu di sekitar lingkungan kandang sapi meningkat, hewan ternak ini biasanya akan mengalami stres. Hal tersebut akan sangat berpengaruh pada produktivitas sapi. Dengan pemberian molase ini dapat mengurangi tingkat stres sapi disaat suhu sedang tinggi.

7. Tidak hanya meningkatkan produksi susu, molase juga dapat meningkatkan reproduksi.

8. Molase dapat meningkatkan palatabilitas pakan (derajat kesukaan ternak terhadap pakan). Hal ini terjadi karena bau harum molase membuat sapi lebih lahap mengkonsumsi pakan.

Itulah beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari tetes tebu saat dicampurkan untuk pakan sapi. Molase biasanya dicampurkan dengan hijauan, konsentrat dan beberapa campuran lain seperti garam untuk membentuk pakan komplit (complete feed) dengan porsi tertentu

Baca juga : Inilah Yang Perlu Anda Tahu Tentang Manfaat Garam Untuk Pakan Ternak Ruminansia

Manfaat molase bisa didapatkan apabila hewan ternak diberi asupan yang cukup sesuai porsinya. Apabila terlalu berlebihan maka akan sangat berbahaya. Bahaya molase yang terlalu banyak dikonsumsi sapi adalah diare. Hal ini disebabkan oleh kandungan kaliumnya yang sangat tinggi. Sehingga, sebaiknya memberikan molase sebanyak 15% dari total konsentrat pakan agar lebih aman.

Dengan memberikan takaran molase untuk pakan sapi yang tepat, maka dapat memberikan dampak yang baik. Produksi susu dan reproduksinya menjadi lebih meningkat. Selain untuk sapi perah, sapi potong juga dapat tumbuh dengan lebih baik karena semua nutrisinya sudah terpenuhi.

 

Address

Indonesia

Follow

  • Twitter
  • Instagram

Blog Dokter Hewan untuk berbagi cara merawat hewan dan tips memelihara hewan
©2020 by kawanhewan.