• admin

Tips Merawat Burung Kenari yang Tepat agar Sering Berkicau


foto oleh unsplash


Mengetahui tips merawat burung kenari bagi orang awam merupakan hal yang sangat penting. Burung memang sering dijadikan pilihan sebagai hewan peliharaan, bukan hanya kucing atau anjing saja. Terutama kenari yang penggemarnya selalu saja bertambah setiap tahun.

Sebenarnya banyak sekali jenis burung yang dapat dipelihara, namun hewan ini menjadi salah satu favorit karena memiliki warna dan kicauan cantik. Karena kecantikannya, bahkan sering kali diselenggarakan perlombaan atau kontes berkicau. Hal ini tentu membuat peminat Serinus Canaria ini semakin banyak.

Untuk merawat hewan ini memang terbilang mudah, namun tidak dapat disepelekan. Anda harus mengetahui bagaimana tips merawat burung kenari yang tepat agar kesehatannya terjaga sehingga dapat berkicau dengan cantik. Bila perawatannya salah, maka dapat berbahaya bagi kesehatan burung tersebut.


Mengenal Burung Kenari dengan Lebih Dekat

Burung yang memiliki bahasa latin Serinus Canaria ini pertama kali ditemukan oleh pelaut Perancis bernama Jean de Berthan Cout. Lokasi pertama kali ditemukannya adalah Kepulauan Canary pada abad ke-15. Burung ini sudah terkenal menjadi peliharaan di berbagai wilayah sejak waktu yang lama.

Hewan asal Prancis ini secara umum dapat dibagi menjadi tiga tipe, yaitu postur, warna, serta suara. Jenis kenari postur biasanya memiliki postur lebih besar dibandingkan jenis lain. Contohnya adalah Yorkshire, Lancashire, Lizard dan sebagainya.

Pada kenari warna memiliki corak cantik, baik alami maupun genetik. Contohnya adalah Red Intensive, Red Mozaic, Yellow Intensive dan sebagainya. Jenis ini sangat cocok bila Anda sedang mencari burung berdasarkan penampilan warna unik. Walau memang jarang dimiliki, namun terkadang sulit dicari karena langka.

Berbeda lagi bila Anda mencari berdasarkan suaranya yang Indah, maka pilih tipe penyanyi karena memiliki suara sangat merdu. Tingkat suaranya sangat tinggi sehingga paling sering menang dalam perlombaan kicau. Contohnya adalah Waterslager, Spanish timbrado, American singer, dan roller.


Berilah Pakan yang Baik Untuknya

Tips merawat burung kenari yang pertama adalah dengan memberikan pakan atau makanan terbaik untuknya. Makanan yang diberikan kepada hewan ini tidak bisa asal, berilah makanan bergizi sehingga kebutuhan makanannya terpenuhi dengan baik dan tidak menyebabkan penyakit.

Makanan yang tepat adalah campuran biji-bijian, telur puyuh rebus, sayuran segar, kroto, dan asinan telur sotong. Porsinya juga harus diperhatikan, jangan terlalu banyak atau terlalu sedikit. Memberi makan berlebihan pada burung dapat membuat kesehatannya kurang baik serta menjadi malas berbunyi karena terlalu memperhatikan makanan.

Berilah makanan dalam jumlah yang cukup, misalnya biji-bijian sebanyak sepertiga cepuk pakan. Jangan lupa memberikan pangan tambahan yaitu buah serta sayur. Selain itu, memberikan racikan egg food sebagai pengganti pakan utama sesekali dapat membuat kenari lebih rajin bernyanyi.


Jagalah Kebersihan dan Juga Kenyamanan

Tips merawat burung kenari selanjutnya adalah menjaga kebersihan serta kenyamanannya. Anda harus membersihkan sangkar secara berkala agar hewan terhindar dari gangguan tungai atau parasit. Anda bisa membersihkan sangkar bersamaan ketika memandikan burung. Setelah mandi, jemurlah kenari di bawah sinar matahari idealnya sebelum pukul 10.30.

Lokasi penyimpanan sangkar juga lebih baik diperhatikan. Jangan meletakannya di tempat yang dekat dengan sumber polusi, terlalu banyak angin seperti dekat kipas, dan dekat hewan predator. Pastikan kenyamanan kenari dapat diperhatikan dengan baik sehingga ia tidak merasa stress ketika berada di kandang.


Anda juga dapat memelihara lebih dari satu burung atau bahkan membeli jenis yang sudah bisa bernyanyi agar menarik kenari lainnya untuk bernyanyi. Cara tersebut termasuk ampuh untuk menarik kicauan lain. Pastikan tips merawat burung kenari sudah dipahami agar bisa memperoleh kualitas terbaik.

6 views0 comments