Inilah Tips WFH Bersama Hewan Peliharaan Kesayangan Anda Agar Tidak Terdistraksi Dan Jenuh!


foto oleh unsplash


Tahukah anda? Tenyata, kehadiran hewan peliharaan seperti anjing, kucing, hamster, kelinci atau anabul lain yang sangat menggemaskan bisa memberikan pengaruh positif ketika anda bekerja dirumah di masa pandemi COVID-19. Seperti yang kita ketahui jika hingga saat ini virus corona masih menjadi permasalahan di setiap negara seperti Indonesia. Kasus positif terus saja meningkat hingga akhirnya pemerintah menerapkan kembali PPKM (atau memperpanjang PPKM).

Adanya aturan PPKM ini tentu membuat beberapa orang terpaksa harus bekerja di rumah kembali atau yang kita kenal dengan Work From Home (WFH). Bekerja di rumah tentu terdapat untung ruginya apalagi jika dirumah anda ada anak kecil atau hewan peliharaan. Beberapa orang memang sudah bisa menyesuaikan diri dengan situasinya. Namun bagaimana dengan anda yang saat ini sedang WFH di sekeliling hewan kesayangan? Apakah anda masih merasa kesulitan? Jika Ya, maka simak berikut ini Tips WFH bersama hewan peliharaan yang sebaiknya diketahui!


Berikut Ini Tips WFH Bersama Hewan Peliharaan Kesayangan Agar Tidak Terdistraksi Dan Jenuh!

WFH bersama hewan peliharaan kesayangan memanglah sangat menyenangkan apalagi jika anda pecinta hewan. Namun beberapa orang memang mengalami kesulitan ketika bekerja dengan disekitar terdapat hewan peliharaan. Nah, bagi anda yang memiliki hewan kesayangan, simak berikut ini tips WFH bersama hewan peliharaan kesayangan agar tidak terdistraksi dan jenuh:

1. Jagalah Ekspektasi

Saat mengharuskan kerja di rumah, tentu saja anda perlu tahu bahwa tidak ada ruang kerja yang sempurna apalagi jika anda WFH dengan hewan peliharaan. Nah untuk itu maka sebaiknya tata terlebih dahulu ekspektasi anda! Jangan sampai anda stres ketika hewan kesayangan menganggu proses kerja.

Semua hewan apalagi kucing memiliki rasa penasaran tinggi apalagi ketika anda melakukan hal baru di rumah. Namun lama kelamaan juga tentu kucing anda akan bosan. Jadi pastikan anda selalu bersabar! Dalam hal ini lakukan kompromi serta jadilah seorang majikan yang pengertian. Tetap sayangi dan berikan perhatian untuk hewan kesayangan anda selama kerjaan anda tidak begitu sibuk.

2. Selalu Fokus

Sadar ataupun tidak, hewan peliharaan anda bisa menjadi distraksi kerja. Walaupun begitu tentu saja anda harus tetap fokus dan bersikap profesional ketika WFH. Agar tidak menganggu, sibukkanlah diri anda dengan pekerjaan. Anda juga bisa memberikan mainan kepada hewan kesayangan anda agar tidak menganggu.

3. Uruslah Hewan Kesayangan Anda Terlebih Dahulu

Ketika anda bekerja di kantor, tentu saja anda akan mengurus hewan peliharaan sebelum berangkat. Nah, hal ini juga tentu perlu anda lakukan ketika anda sedang bekerja di rumah. Pastikan uruslah hewan kesayangan anda terlebih dahulu seperti memberikannya makan hingga memandikannya. Lakukan hal ini sebelum bekerja agar anda bisa lebih santai dan tenang.

4. Buatlah Hewan Anda Nyaman Di Tempat Tertentu

Tips WFH bersama hewan peliharaan selanjutnya yaitu buatlah hewan anda nyaman di tempat tertentu. Hal ini tentu saja bertujuan agar anda tidak terganggu ketika sedang bekerja di rumah. Dalam hal ini disarankan anda membuat tempat khusus untuk hewan kesayangan anda seperti kasur ataupun lainnya.

5. Sediakan Makanan Serta Minuman

Setelah hewan kesayangan anda telah mempunyai tempat sendiri, selanjutnya yang perlu anda lakukan yaitu menyediakan makanan dan minuman. Siapkanlah makanan kering kesukaannya agar hewan kesayangan anda tidak menganggu ketika anda sedang bekerja karena meminta makan.

Jika anda tidak memiliki waktu untuk keluar rumah karena kesibukan WFH atau memang mengurangi kegiatan keluar rumah, Anda bisa mendapatkan kebutuhan anabul anda melalui Petshop yang telah tersedia di Grab Mart. Contohnya, untuk Anda petlovers di daerah Gresik, Anda dapat memperoleh kebutuhan pakan melalui Kawan Hewan Petshop yang telah tersedia di Grab Mart. Cara ini cukup praktis karena driver grab akan berperan sebagai jasa titip bagi Anda dan membelanjakan kebutuhan anabul tersebut.

6. Lakukan Teknik Pomodoro

Selanjutnya, tips satu ini sebenarnya bersifat lebih umum, namun perlu diperhatikan juga. Kadang pada saat WFH, anda bisa saja merasa jenuh atau burn out karena pekerjaan. Untuk itulah anda perlu melakukan manajemen waktu. Salah satu teknik manajemen waktu yang terbukti efektif adalah teknik Pomodoro.

Teknik ini membagi pekerjaan menjadi beberapa interval dan setiap interval diberikan jeda waktu untuk istirahat. Interval ini tergantung dari kenyamanan anda sendiri. Biasanya ada yang mengambil waktu interval sebesar 30 menit, dimana 25 menit digunakan untuk bekerja dan 5 menit digunakan untuk beristirahat.

Di saat beristirahat ini, anda dapat "bermain" dengan anabul untuk menyegarkan pikiran dan tubuh Anda. Jangan lupa bergerak juga supaya lebih sehat. Ada juga yang mengambil jeda interval 45 menit bekerja dan 15 menit beristirahat.

Teknik ini bisa diibaratkan seperti kewajiban beristirahat setiap 4 jam saat menyetir jarak jauh. Ada baiknya anda mempersiapkan mainan untuk anabul seperti kucing atau anjing agar bisa lebih mudah bermain bersama mereka.

7. Meminta Bantuan Keluarga

Jika tips diatas masih saja tidak menjadi solusi, maka anda bisa meminta bantuan anggota keluarga untuk mengajak anda bermain dan merawat hewan peliharaan anda untuk sementara. Dengan begitu maka pastinya anda bisa bermain fokus dan tenang.


Nah itulah tips WFH bersama hewan peliharaan kesayangan anda agar tidak terdistraksi dan membuat anda jenuh. Dengan tips diatas anda tetap bisa fokus bekerja dan sambil menjaga hewan kesayangan anda. Semoga bermanfaat!