Berapa Ukuran Kandang Kelinci yang Tepat?


foto oleh unsplash


Memilih ukuran kandang kelinci harus dilakukan dengan tepat. Hal ini perlu diperhatikan dengan baik, karena kandang kelinci yang terlalu kecil bisa menyebabkan masalah pada tumbuh kembang hewan itu. Selain itu, ukuran yang salah juga rentan menyebabkan penyakit.

Itulah kenapa sebelum memelihara kelinci ada baiknya Pawrent membuat kandang terlebih dahulu. Kandang yang dibuat harus memperhatikan berbagai hal, seperti memiliki sistem kebersihan yang baik. Simak selengkapnya di bawah ini.

Ukuran Standar Kandang Satu Kelinci

Ukuran kandang kelinci jantan dan betina adalah sekitar 75x50x50 cm. Dengan ukuran ini kelinci dewasa bisa dimasukkan ke sana untuk dibesarkan. Apabila jumlah kelincinya lebih dari 1, ukurannya bisa dilipatkan.

Saat membuat kandang kelinci ada baiknya di bagian kiri, kanan, dan bawahnya terbuat dari jeruji kawat. Sementara itu bagian belakang bisa diberi tripleks. Karena kelinci memiliki aroma kencing dan kotoran yang cukup pekat, kandang jenis ini akan meminimalkan aroma yang kuat.

Kandang Tumpuk

Selanjutnya untuk desain kandang kelinci tumpuk, kurang lebih untuk satu ruangan kelinci memiliki ukuran standar seperti yang sudah dibahas sebelumnya. Hanya saja di bagian bawah dari kandang harus ada tambahan satu ruangan yang diberi penutup.

Fungsi dari penutup ini adalah untuk menghindari kotoran, baik itu kencing atau feses dari kelinci di atasnya jatuh ke kandang yang ada di bawah. Karena hal itu bisa menyebabkan kandang di bagian bawah menjadi kotor dan kelincinya mudah sakit.

Kandang Kawin

Kandang kawin biasanya ukurannya lebih besar. Hal ini dibutuhkan karena pasti akan ada adegan kejar-kejaran hingga bertengkar sehingga butuh tempat yang lebih luas.

Kandang Pembesaran

Selanjutnya untuk kandang hamil hingga pembesaran perlu ukuran yang luas, karena di dalamnya harus ada kotak yang digunakan untuk kelinci bersembunyi. Di tempat itulah nantinya anak kelinci akan dilahirkan lalu dibesarkan.

Pisahkan juga antara wadah makan sehingga tidak tercampur dengan kotoran. Apabila kotoran tercampur dengan makanan bisa saja memicu masalah seperti sakit dan kelinci mudah sekali mati.

Memilih ukuran kandang kelinci harus dilakukan dengan cermat. Pemilihan bisa dilakukan dengan mencari bahan yang sesuai serta memilih ukuran yang tepat. Setelah melakukannya Anda juga harus membersihkannya terlebih dahulu agar aman saat digunakan.

Sebagus dan besar apa pun jenis kandang kelinci akan menjadi percuma jika Anda tidak rutin membersihkannya. Itulah kenapa disarankan untuk melakukan proses pembersihan terlebih dahulu sebelum ditempati dan setelah banyak kelinci dipelihara di dalamnya.

Ingin mengetahui hal-hal berkaitan dengan kandang kelinci termasuk ukuran kandang kelinci? Anda yang berada di Gresik bisa datang ke Kawan Hewan untuk berkonsultasi dengan dokter hewan tentang kesehatan kelinci Anda.