Kenali Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Kelinci




Buat Anda pecinta kelinci, wajib tahu apa makanan yang tidak boleh dimakan kelinci. Walau suka makan sayuran, ternyata tak semua sayuran boleh dikonsumsinya.

Kelinci memang menjadi salah satu hewan peliharaan yang populer, karena bentuknya yang lucu dan perawatannya yang tergolong tidak mahal. Sebab, untuk makanannya kebanyakan hanya rumput kering (hay), sayuran dan buah. Tapi, kalau salah memberi makanan tentu akan berdampak pada kesehatannya.


8 Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Kelinci

Setidaknya ada delapan jenis makanan yang tidak boleh diberikan pada kelinci. Bukan saja merusak pencernaan, tapi bisa jadi penyebab kelinci mati. Lantas apa saja makanan yang berbahaya untuk hewan yang suka melompat itu?

Alpukat

Kalau untuk manusia, alpukat sangat dianjurkan karena memiliki lemak yang cukup untuk tubuh. Tapi, berbeda dengan kelinci yang sangat rentan mengalami masalah kesehatan jika diberi alpukat. Jika diberikan berlebihan, buah ini bisa menyebabkan masalah pernafasan pada kelinci.

Kue Kering dan Sereal

Kelinci tidak dapat mengonsumsi gula secara berlebihan, jika petizen memberikannya kue kering hanya akan membuat kelinci bisa terserang Enterotoksemia, yang menyebabkan infeksi alami pada kelinci akibat bakteri dan berujung pada mencret parah.

Selada Bokor dan Kembang Kol

Bagi kelinci, selada tidak punya nilai gizi karena rendah serat dan mengandung bahan Lactucarium yang akan membuat kesehatan kelinci terganggu.

Selain itu, pemberian makanan pantangan kelinci ini juga bisa menyebabkan diare dan bisa berujung kematian.

Coklat

Dua zat di dalam coklat sangat berbahaya bagi kelinci yaitu Kafein dan Theobromine. Jika masuk ke dalam tubuh kelinci akan menyebabkannya mengalami muntah, diare, gemetar, hingga suhu yang menjadi lebih tinggi dari kondisi normal.

Rhubarb

Sejenis dedaunan ini akan membuat kelinci mengalami gejala keracunan, karena akan mengganggu proses terserapnya zat Kalsium dalam tubuhnya, sebab Rhubarb memiliki kandungan oksalat yang tinggi.

Biasanya beberapa gejala yang akan dialami oleh kelinci adalah, lesu, mulut menjadi bengkak, hingga diare. Jadi lebih baik Anda memberikan merk makanan kelinci yang sudah terjamin komposisi dan dampak baiknya bagi kesehatan.


foto oleh pixabay


Kentang

Kelinci tidak membutuhkan makanan dengan karbohidrat yang tinggi, sehingga ketika diberikan kentang akan mengganggu pencernaannya. Apalagi gigi kelinci hanya cocok untuk makanan dalam kondisi halus dan lembut, supaya mudah dicerna dan zatnya terserap maksimal.

Daun Jagung

Jangan pernah memberikan kelinci daun jagung, karena tekstur makanan yang tidak boleh dimakan kelinci ini sangat kasar akan sulit untuk dikunyah. Selain itu, juga bisa menyebabkan bagian mulut kelinci menjadi luka. Ujung-ujungnya lidahnya akan rusak dan juga berakibat diare.

Rumput Gajah

Tidak sedikit orang yang menganggap rumput gajah cocok sebagai makanan kelinci agar cepat besar tapi ternyata jika diberikan dalam kondisi segar justru akan membuat tenggorokan luka akibat tekstur kasar dari daun tersebut

Sedangkan jika diberikan dalam bentuk kering dan dihaluskan, membuat kelinci tidak suka walaupun kandungannya sangat bagus terutama seratnya yang cukup banyak.

Demikianlah deretan makanan yang tidak boleh dimakan kelinci dan perlu Anda jauhi jika sedang memelihara kelinci. Bagi Anda yang ingin tahu tentang rekomendasi pakan yang baik untuk kelinci, bisa disimak di artikel berikut. Share ya agar lebih banyak yang lebih tahu informasi ini.

20 views0 comments