top of page

Jangan Gegabah! Inilah Syarat Hewan Peliharaan Bisa Divaksin Yang Harus Diketahui!


foto dokumen kawan hewan


Ketika memutuskan untuk memelihara hewan, kita tak hanya bertanggungjawab untuk memberikannya makan, minum dan tempat yang nyaman saja melainkan juga kesehatannya. Kesehatan menjadi hal penting yang bisa membuat hewan peliharaan anda tetap hidup.

Gangguan kesehatan yang bisa menjangkiti hewan kesayangan dan patut lebih diwaspadai adalah penyakit menular atau penyakit infeksius. Bentuknya antara lain distemper/panleukopenia, calici, rabies dan penyakit lainnya. Beruntung, ilmu kesehatan saat ini telah menyenal vaksinasi. Salah satu cara agar hewan peliharaan anda tetap sehat dan mengurangi risiko terjangkit penyakit infeksius yaitu dengan melakukan vaksinasi.

Apakah anda memiliki hewan peliharaan seperti kucing atau anjing namun belum di vaksin? Jika ya, maka sebaiknya segeralah lakukan vaksin. Lalu, apa sebenarnya vaksinasi? Dan bagaimana syarat hewan peliharaan bisa divaksin? Simak berikut ulasannya!


Sekilas Tentang Vaksinasi

Vaksinasi merupakan tindakan pencegahan agar hewan peliharaan anda tetap sehat/tidak sakit. Tujuan dari vaksinasi sendiri yaitu untuk memberikan kekebalan tubuh serta melindungi hewan agar tidak mudah terserang penyakit.

Hewan peliharaan seperti kucing dan anjing yang baru lahir sebenarnya sudah mendapatkan kekebalan tubuh pasif dari air susu induknya. Namun hal ini tidak berlangsung seumur hidup melainkan hanya sementara sehingga perlu dilakukan vaksinasi agar sistem kekebalan tubuhnya tetap terjaga.


Lalu, Apa Syarat Hewan Peliharaan Bisa Divaksin?

Walaupun sebenarnya vaksinasi terhadap hewan peliharaan disarankan, namun tentu saja anda harus tahu terlebih dahulu apa sebenarnya syarat hewan bisa divaksin. Dan berikut ini beberapa syarat hewan peliharaan bisa divaksin yang sebaiknya diketahui:


Sudah Cukup Umur

Syarat hewan peliharaan bisa divaksin pertama tentu saja harus sudah cukup umur. Umumnya waktu yang tepat untuk vaksinasi hewan yaitu pada usia 3 bulan sementara untuk anjing dimulai dari usia 2 bulan. Jika belum memasuki usia tersebut, maka ada baiknya jika anda menunda terlebih dahulu waktu vaksin.


Dalam Keadaan Sehat

Sebelum memutuskan untuk melakukan vaksinasi, maka sebaiknya pastikan terlebih dahulu jika hewan anda dalam keadaan sehat. Anda bisa mengetahui kesehatannya dengan melakukan pemeriksaan terlebih dahulu ke dokter hewan terdekat. Beberapa hal yang harus anda pastikan sebelum melakukan vaksin, yaitu:

  • Pastikan hewan anda tidak mengalami penurunan nafsu makan.

  • Tidak dalam keadaan demam.

  • Tidak batuk.

  • Tidak diare.

  • Tidak muntah-muntah.

  • Tidak mengalami masalah kulit.


Tidak Stress

Jika anda ingin melakukan vaksinasi terhadap hewan peliharaan, maka sebaiknya pastikan jika hewan anda tidak dalam keadaan stress. Kondisi stress akan mempengaruhi sistem kekebalan tubuh. Salah satu jenis stress yang timbul adalah pada saat anabul pertama kali diadopsi, berikanlah waktu 2 minggu hingga 1 bulan agar anabul bisa beradaptasi dengan lingkungan baru sebelum dilakukan vaksinasi.


Jangan Lakukan Grooming Sebelum Divaksin

Sedangkan syarat hewan peliharaan bisa divaksin terakhir yaitu jangan lakukan grooming sebelum divaksin. Grooming yang tidak boleh dilakukan seperti memandikan kucing, menggunting kuku dan lainnya.

Diatas merupakan syarat hewan peliharaan bisa divaksin. Untuk informasi lebih lengkap dan detail, anda bisa langsung berkonsultasi kepada dokter hewan terdekat tentang vaksinasi.


Setelah Vaksinasi, Apa Yang Harus Dilakukan?

Setelah dilakukan vaksinasi, ada beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan oleh semua pemilik hewan. Hal yang harus diperhatikan yaitu tidak boleh memandikan hewan selama satu minggu. Mandi bisa menjadi salah satu kegiatan yang bisa memicu stress. Stress bisa menurunkan daya tahan tubuh serta menghambat pembentukkan antibodi.

Selain tidak boleh memandikan hewan, pastikan anda memberikan vitamin 10 hari setelah vaksin. Pemberian vitamin ini bisa membantu pembentukkan kekebalan tubuh secara optimal. Anda juga harus memenuhi kebutuhan nutrisinya dengan memberikan makanan dengan gizi seimbang.

Nah Itulah sekilas tentang vaksinasi dan syarat hewan peliharaan bisa divaksin. Vaksinasi memiliki manfaat yang sangat penting untuk kesehatan hewan peliharaan anda. Jadi, jangan sampai melewatkan vaksinasi agar hewan peliharaan anda tetap sehat dan panjang umur. Namun ada baiknya Anda berkonsultasi ke dokter hewan terdekat sebelum melakukan vaksinasi pada hewan kesayangan. Ikuti terus website dan akun media sosial kawan hewan untuk memperoleh berbagai info tentang hewan kesayangan. Semoga bermanfaat!


Baca juga : Penting! Inilah Cara Tepat Perawatan Kucing Pasca Sterilisasi Yang Sebaiknya Diketahui
31 views0 comments
Post: Blog2 Post
bottom of page