Wajib Tahu! Ini Sejarah Hingga Keunikan Anjing Dalmatian


foto oleh pixabay


Memelihara anjing dalmatian bisa jadi keinginan banyak pecinta anjing. Hewan dengan banyak keunikan yang menakjubkan ini memang salah satu ras yang banyak peminatnya. Kalau Anda salah satu yang berminat, perlu simak dulu informasi pentingnya berikut ini.


Sejarah Anjing Dalmatian

Mengulik sejarah eksistensi dari ras anjing ini, konon katanya anjing putih bercorak hitam atau coklat ini berasal dari Kroasia. Tepatnya di Provinsi Dalmatian, dimana anjing pertama ditemukan. Tapi, kebenarannya belum terungkap secara sempurna sampai hari ini.

Hanya saja, memang beberapa bukti sejarah seperti artefak di negara tersebut menampilkan sosok anjing bertotol tersebut. Bahkan di beberapa artefak terlihat anjing seperti dalmatian bersama kereta kuda dan kuda yang terlihat memiliki hubungan erat.

Tapi satu yang pasti adalah, saat ini hampir seluruh dunia mengenal ras anjing ini termasuk Indonesia. Karena kepopuleranya, ada juga film drama keluarga yang berkisah tentang anjing dalmatian.


Ciri-Ciri Anjing Dalmatian

Kalau dilihat sepintas, ciri utama anjing ini memang terlihat pada warna bulunya yang memadukan dasar putih dan bercak hitam dan coklat. Tapi, ada beberapa ciri dan karakter anjing dalmatian lain yang juga dimiliki anjing ini.

  1. Tinggi berkisar 47,5 centimeter sampai 57,5 centimeter

  2. Postur kepalanya cenderung lebar dengan telinga tinggi serta cukup dekat dengan bagian kepala utama.

  3. Ketika berdiri, ekspresinya akan terlihat sangat cerdik dan selalu siap siaga

  4. Kaki depan dan belakang sama-sama kokoh, tapi kaki depan terlihat lebih lurus ketimbang kaki belakang yang seperti segitiga siku-siku.

  5. Kuku pada kaki akan mengikuti warna bercak yang ada di tubuhnya. Ada yang berwarna hitam, putih, atau coklat.

  6. Bercak hitam atau coklat biasanya punya diameter antara 2-3 centimeter, dengan letak menyebar di seluruh tubuh. Ada yang sebarannya rata, tapi tak sedikit pula yang menyebar tak beraturan.

  7. Selain punya bercak atau spot, beberapa orang yang beli anjing dalmatian juga menemukan adanya patches diantara bercak di tubuhnya. Biasanya terlihat di area ekor, telinga dan mata. Warnanya nyaris sama dengan bercak, tapi ukurannya cenderung lebih besar.

  8. Maksimal 30 persen anak yang dilahirkan oleh indukan dalmatian mengalami ketulian.

  9. Umur maksimal dari anjing ini berkisar 10 hingga 13 tahun

Keunikan Anjing Dalmatian

Kenapa orang berniat memelihara anjing dari ras Dalmatian? Salah satu alasannya adalah keunikan yang dimilikinya. Sehingga membuat orang bersemangat dan selalu kangen pulang untuk menghabiskan waktu bersama anjing kesayangan mereka ini.

- Perawatan Mudah

Untuk merawat anjing ini cukup mudah karena dia memiliki bulu pendek yang tidak cepat kotor. Cukup memandikannya sekali sebulan atau ketika bulunya terlihat kotor.

Makanannya juga tidak terlalu sulit, cukup diberikan makanan anjing yang sesuai dengan usianya.

- Insting Tajam

Karena instingnya yang tajam, maka anjing ini di beberapa negara dijadikan sahabat petugas pemadam kebakaran dan polisi dana mencari korban bencana dan lainnya.

- Mudah Dilatih

Dengan melatihnya secara intensif, dalmatian akan jadi kucing yang pintar dan bisa diandalkan

- Suka Lari

Kelebihan anjing dalmatian selanjutnya adalah suka lari, jadi buat Anda yang suka lari pagi atau sore jangan lupa ajak anjing kesayangan ini untuk menemani.

- Aktif

Ras Dalmatian adalah salah satu yang sangat aktif, jadi kalau Anda tipe pemalas bergerak atau punya kesibukan tinggi di luar rumah. Sepertinya kurang tepat memiliki dalmatian, karena dipastikan dia akan sangat bosan di rumah tanpa kegiatan.


Itulah sekelumit fakta anjing dalmatian, sebagai referensi Anda yang ingin memeliharanya. Paling tidak, Anda jadi lebih tahu bagaimana cara memperlakukannya setelah dipelihara. Semoga bermanfaat.


Baca juga : Daftar Penyakit Anjing Di Musim Hujan Yang Sering Menyerang
39 views0 comments