Fakta Sejarah, Ciri, dan Keunikan Anjing Boston Terrier


foto oleh pixabay


Tahukah Anda kalau banyak trah anjing rumahan yang membuat orang jatuh cinta pada pandangan pertama? Salah satunya adalah anjing Boston Terrier, yang punya karakter sangat menyenangkan. Tapi, apakah Anda tahu darimana sebenarnya asal dari hewan berkaki empat ini lengkap dengan ciri dan keunikannya? Yuk simak!


Sejarah Anjing Boston Terrier

Dari namanya saja bisa diketahui bahwa anjing ini berasal dari Boston, tepatnya di Beacon Hill. Ras ini pertama kali diidentifikasi pada tahun 1865. Ada yang bilang kalau trah ini merupakan persilangan dari dua anjing asal negeri Paman Sam tersebut, yaitu English Terrier dan Bulldog.

Awalnya persilangan tersebut dilakukan untuk menghasilkan ras unggul untuk dijadikan pengontrol hama jenis hewan pengerat dan anjing untuk menjaga rumah dan tempat lainnya. Tapi ternyata dalam perkembangannya, Popularitas anjing ini mulai meningkat setelah rasnya diakui oleh dunia, melalui American Kennel Club tahun 1893.

Bahkan saat ini sudah menempati urutan ke 20 ras anjing populer. Makanya tak salah kalau di dunia dia menjadi salah satu yang banyak dipelihara di rumah.


Ciri Anjing Boston Terrier

Bagaimana dengan ciri-ciri dari anjing dari Boston ini? Berikut ini beberapa ciri yang perlu diketahui, jika Anda ingin adopsi Boston Terrier dari toko hewan peliharaan atau teman Anda.

- Kepala berbentuk bulat yang cukup proporsional

- Mulut hingga hidung berbentuk persegi, karena postur rahang yang tidak simetris. Rahang atas lebih kecil dari rahang bawah, sehingga terlihat bahwa rahang bawah menampung bagian atasnya.

- Telinga cenderung terkulai dan tidak terlalu runcing

- Tinggi dari anjing ini berkisar 38,1 centimeter sampai 43,2 centimeter.

- Berat idealnya minimal 7,7 kilogram dn maksimal 11,3 kilogram

- Kalau Anda beli anjing Boston Terrier akan terlihat bulunya yang cukup pendek, sehingga terkesan rapi dan tidak mudah kotor. Meskipun begitu Anda harus tetap rajin men-groming nya ya.

- Warna bulunya biasanya didominasi dengan warna gelap seperti hitam atau coklat, dengan belang warna putih dan warna terang lainnya.

- Anjing ini memiliki anatomi yang kurang baik, diantaranya saluran pernafasan yang kurang bagus, sehingga jika cuaca buruk maka dia akan rentan mengalami sesak nafas.

- Rentan juga mengalami masalah jantung, jadi tidak tepat jika dilatih terlalu keras setiap hari.

- Tidak suka marah, tapi kalau sedang bosan maka dia akan melakukan hal-hal tak terduga supaya Anda tertarik untuk bermain dengannya.


Keunikan Anjing Boston Terrier

Beberapa keunikan juga dimiliki oleh anjing jenis Boston Terrier ini, alhasil makin banyak orang yang berniat untuk memeliharanya. Walaupun harus ekstra sabar dan hati-hati dalam merawatnya.

- Suka mendengkur akibat kondisi hidung yang pendek, selain itu juga suka mendengus dan mengeluarkan air liur.

- Panggul yang kecil pada jenis betina, membuatnya sulit ketika akan melahirkan dan butuh operasi cesar agar proses persalinan berjalan lancar.

- Ketika mendapatkan kasih sayang yang dibutuhkannya, anjing ini akan membalas dengan kasih sayang yang luar biasa. Bahkan dia siap menghalau orang atau hewan lain yang mencoba mengganggu pemiliknya.

- Jangan kaget, jika tiba-tiba anjing yang Anda beli dari penjual Anjing Boston Terrier ini langsung duduk manis di pangkuan Anda. Hal itu terjadi ketika dia merasakan kenyamanan dari pemilik, sehingga naluri manjanya langsung keluar.

- Bulunya yang pendek membuat anjing ini tidak akan mudah bau, apalagi kalau hanya dipelihara di dalam rumah dan jarang berbaur dengan anjing lain di lingkungan sekitar.


Nah itulah beberapa informasi seputar anjing Boston Terrier. Semoga dapat memberikan banyak manfaat bagi Anda. Terutama yang ingin memeliharanya sebagai hewan rumahan dan mengajarkannya banyak hal.


Baca juga : Teknik Grooming Anjing yang Simpel dan Direkomendasikan