top of page
  • admin

Apakah Kucing Birahi Boleh Dimandikan?

Ada dua pendapat terkait apakah kucing birahi boleh dimandikan atau tidak. Beberapa pakar mengatakan boleh dan ada pula yang melarangnya. Hal ini tentu sering kali membuat bingung Anda atau para cat lovers lainnya.

Sebelum menentukan boleh atau tidaknya, Anda perlu mengetahui alasan kedua pendapat tersebut dan tujuannya. Sebab, boleh atau tidaknya tergantung dari tujuan Anda memandikan kucing.

Nah, oleh pada artikel kali ini kami akan mengupas tuntas apa mengenai hal tersebut termasuk berbagai alasannya. Untuk mengetahui informasi selengkapnya, simak penjelasan berikut ini.


Apa Itu Birahi pada Kucing?

Birahi adalah suatu kondisi kesiapan fisik dan mental untuk melakukan hubungan seksual. Kondisi ini terjadi pada manusia dan hewan, termasuk kucing.

Saat kucing mengalami birahi, mereka akan menunjukkan beberapa ciri khusus yang perlu Anda ketahui. Di antaranya adalah:

  • Kucing sering mencari perhatian pemiliknya. Biasanya mereka akan mengusapkan bagian tubuhnya ke sekitar kaki pemilik. Selain itu mereka juga akan menunjukan gestur yang minta dielus pada area punggung hingga ekornya.

  • Sering berguling-guling di lantai dan mengerang seperti sedang kesakitan atau marah. Tapi, bukan berarti kucing tersebut merasa sakit dan mengalami gangguan kesehatan.

  • Mencoba kabur atau sering bermain di luar untuk mencari pasangan. Jika kucing indoor, maka mereka akan sering menggaruk-garuk pintu atau jendela dan menunjukan gestur ingin ke luar rumah.

  • Kucing juga akan sering spraying atau pipis sembarangan saat birahi. Pada kucing betina, mereka akan sering menaikkan tubuh bagian belakang.

  • Bagian ekor kucing melengkung juga bisa menjadi ciri-ciri sedang birahi.

Berapa Lama Masa Birahi Kucing?

Perlu Anda ketahui bahwa kucing sudah mulai mengalami birahi (estrus) sejak menginjak usia 6 hingga 10 bulan. Kucing umumnya akan melewati siklus birahi pada fase kawin yang berlangsung sekitar 3 hingga 13 hari.

Bahkan, biasanya fase tersebut tidak akan berhenti hingga Anda mengawinkan kucing. Meski begitu, Anda bisa meredam birahi kucing dengan beberapa cara. Misalnya saja dengan mensterilkan.


Apakah Kucing yang Sedang Birahi Boleh Dimandikan?



Seperti yang sudah kami singgung sebelumnya, bahwa ada dua pendapat terkait memandikan kucing birahi. Ada yang pro dan ada pula yang kontra.

Kelompok yang pro, memiliki alasan kucing boleh dimandikan untuk menjaga kebersihan. Bahkan, beberapa diantaranya beranggapan bahwa memandikan kucing yang sedang birahi dapat membuat lebih rileks.

Tapi, alasan kucing birahi tidak boleh dimandikan jauh lebih kuat. Hal ini juga didukung oleh banyaknya pendapat dokter hewan yang kontra dengan memandikan kucing yang sedang mengalami birahi.

Sebab, hal tersebut dapat menyebabkan tingkat stress pada kucing meningkat. Jadi, alasan kucing yang sedang birahi menjadi rileks saat dimandikan tidak benar adanya.

Bahkan, kucing akan lebih agresif dan cenderung menyerang ownernya saat dimandikan. Jadi, cukup berbahaya untuk memandikan kucing ketika mereka dalam fase birahi.

Bagi Anda yang masih bingung atau takut memandikan kucing birahi, follow TikTok Kawan Hewan untuk mengetahui jawaban langsung dari ahlinya. Selain itu, kami juga akan membagikan berbagai informasi menarik lainnya.

Dengan begitu, Anda tidak perlu bingung lagi mengenai apakah kucing birahi boleh dimandikan atau tidak. Konsultasikan saja dengan tenaga medis yang bisa memberikan saran terbaik terkait kondisi kucing kesayangan Anda. Semoga bermanfaat!


Editor : drh Dara Recardsari Casarus


Post: Blog2 Post
bottom of page